Materi & additionals

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Materi & additionals

Post  Admin on Fri Sep 21, 2012 6:14 pm

AWW

Seperti telah saya umumkan di kelas, beberapa diantara materi yang dapat saya share via onlain akan saya lewatkan dari sini. Resource-nya akan saya letakkan di dropbox, dan link-nya saya taruh diantara postings nanti. Just keep check on it.

BTW, saya juga sudah sampaikan di kelas bahwa SAP yang nempel di presensi tidak akan saya pakai lagi. Itu SAP buatan tahun 2006, sudah saatnya ganti, apalagi prodi TI sepertinya telah melakukan perubahan kurikulum tahun ini (mulai semester ini), maka ini saatnya yang tepat untuk ikut berubah. Apalagi yang di SAP itu beberapa hal bukan lagi tulisan asli dari saya (beneran, bukan asli dari saya lagi, bahkan tandatangan disitu bukan tandatangan saya Shocked ). Jadi mulai perkuliahan ini, kita sudah ganti konten.

Meskipun masih bersifat meluas, agar hasilnya lebih nyata, kita coba akan lebih fokus. Seperti telah saya sampaikan di pertemuan #1, kita akan mengarahkan anda ke desain level, dalam hal ini kecenderungannya adalah ke level untuk game kategori FPS. Lebih lengkapnya tunggu dalam pertemuan kita selanjutnya.

OK Trims atas perhatian rekans sekalians
WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Tentang FPSCreator

Post  Admin on Fri Sep 28, 2012 11:53 pm

AWW

Rekans sekalians telah mencoba FPSCreator dalam praktikum sesi pertama. Itu adalah FPSCreator versi pertama, belum ditambahi apapun, belum diapgred, dll. Dan itupun bukan FPSCreator X10 yang memang lebih baik (hanya untuk OS dengan DirectX 10, misal Win Vista atau lebih baru). Tapi setidaknya rekans sudah mendapat gambaran tentang bagaimana FPSCreator. Menjadi terasa menyenangkan untuk membangun sebuah game FPS karena tinggal click, drag, atau modif properti, dan bila perlu modif AI serta skrip game (advanced level). Dari sini rekans sekalians seharusnya mendapat gambaran yang makin jelas mengapa saya memfokuskan perkuliahan pada desain, karena praktikumnya juga sudah berisikan materi desain. Perhatikan bahwa desain dan implementasinya pada engine ini sudah masuk kategori pemrograman (kalau ada yang masih ragu2).

Menggunakan FPSCreator sebenarnya adalah masalah desain level, dengan engine siap pakai dan mudah pula dipakai (tentu beda dengan engine Quake, Half-Life, Source, atau yang lain). Jadi untuk mendukung praktek perlu adanya konsep desain level di belakangnya. Keterbatasan engine juga menjadi hal yang perlu dipikirkan saat mendesain level. Disinilah peran teamwork untuk memaksimalkan hasil desain yang akan dibuat dalam game yang nantinya menjadi the ultimate masterpiece tugas utama rekans sekalians dalam kuliah ini. Dengan hasil yang maksimal, rekans bisa dengan bangga menunjukkan game yang dibuat kepada orang lain, bila perlu dipamerkan di [You must be registered and logged in to see this link.]. Di forum ini berkumpul para developer sedunia yang menggunakan FPSCreator untuk menuangkan desain mereka menjadi level game yang tidak hanya fungsional tapi menarik. Cek forum tersebut bila ingin tahu lebih jauh tentang penggunaan FPSCreator. Cek juga [You must be registered and logged in to see this link.] untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut dari tool ini.

Demikianlah kira2 gambaran dari fokus perkuliahan & prakteknya. Selamat bekerja

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Material, sebagian

Post  Admin on Thu Oct 04, 2012 12:35 pm

AWW

Seperti telah saya sampaikan, perkuliahan ini sekarang bergeser ke suatu fokus (dari sebelumnya sangat lebar) yaitu desain. Akan tetapi ada baiknya bila materi yang lebi umum tetap anda ketahui, sekalipun hanya sebagian yang saya sampaikan di kelas (untuk mendukung materi desain). Lebih spesifik lagi, selain desain yang umum, adalah desain game yang bergenre FPS. Ingat bahwa level bukanlah satu2-nya yang perlu didesain dalam game FPS, ada banyak elemen yang perlu desain agar produk hasil bisa lebih baik dalam banyak hal.

Disini saya beri link ke folder dropbox saya, yang sebenarnya adalah PPT pertemuan pertama s/d 14 dari kuliah ini berdasarkan kurikula lama (yang bersifat umum pada pengembangan/industri game). Campuran, ada yang saya ambil dari perkuliahan game development di sebuah kampus di US. Beberapa bisa dipakai sebagai wacana perkuliahan yang sekarang, terutama yang berhubungan dengan desain. [You must be registered and logged in to see this link.]. Silakan di-klik.

Trims
WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Materi & additionals

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik