Thread untuk aktivitas 21/11

Go down

Thread untuk aktivitas 21/11

Post  Admin on Thu Nov 21, 2013 2:12 pm

AWW

Ini adalah thread untuk anda menuliskan pilihan topik, baik itu IPTV ataupun InternetTV. Silakan tulis sebaik-baiknya dan jangan terlihat hanya sekedar copy-paste atau translate dari tulisan lain.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

IPTV

Post  Atma Turida on Thu Nov 21, 2013 2:42 pm

Nama : Atma Turida
Nim : 11016017

Karakteristik IPTV :

IPTV itu ialah layanan televisi dengan jaringan Internet yang menggunakan arsitektur jaringan dan metode suite protokol Internet melalui paket-switched Jaringan Infrastruktur, misalnya, Internet dan jaringan Internet akses broadband, bukan menggunakan frekuensi radio, sinyal satelit, dan televisi kabel.

Kelebihan IPTV :

Kelebihan IPTV ialah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran).
Pada system transmisi televisi / jaringan satelit biasa, yang menggunakan technology video brodacast (dvb), semua content siaran) secara terus menerus dipancarkan kepada pemirsa, namun hanya satu content (siaran/channel) yang pada umumnya dilihat satu pemirsa dan mengganti channel bila menginginkan content yang lain.

avatar
Atma Turida

Jumlah posting : 21
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://atma.byethost17.com/

Kembali Ke Atas Go down

Tugas IPTV/InternetTv

Post  Edi.S on Thu Nov 21, 2013 2:51 pm

Edi Suhari
09016006

IP TV dapat melayani siaran televisi dua arah, melalui jaringan internet kecepatan tinggi, tanpa menggunakan frekuwesi siaran. TV Internet sebelumnya, dapat dikatakan sebagai suatu proses integrasi antara internet dengan komputer, untuk menangkap siaran televisi melalui layar komputer. Sedangkan, IP TV adalah suatu tipe konvergensi transmissi digital yaitu perpaduan antara telekomunikasi dengan televisi.
IP TV dapat mengontrol saluran televisi lewat pesawat televisi, bukan layar komputer, seperti halnya zaman televisi analog, atas bantuan set-top-box. Pemirsa IP TV dapat memilih sejumlah besar siaran, baik siaran langsung maupun siaran ulang dengan konten yang beranekaragam, dan dua arah, tanpa gangguan apapun. Sebagai contoh, seseorang dapat mengakses IP TV untuk mengetahui identitas pemain sepak bola tertentu, ketika dia menonton pertandingan sepak bola atau dalam waktu bersamaan, dia dapat berbelanja lewat IP TV. Ditambah lagi, pemirsa IP TV dapat menikmati imaji definisi tinggi dan suara bermutu baik, atas bantuan sistem digitalisasi.
Pertama IPTV disebut juga sebagai Protocol Television atau Telco TV, atau Broadband TV, dimana secara aman dapat mengirimkan siaran dengan kualitas yang baik atau video on demand dan konten audio melawati suatu jaringan pita lebar.
IPTV secara umum adalah pengiriman siaran dari TV tradisonal, film, dan konten video on demand melawati suatu jaringan privat.
Dari sisi pelanggan, IPTV hanya seperti televisi langganan berbayar intermet .
Standar definisi yang digunakan sampai sekarang adalah berdasarkan International Telecommunication Union focus group on IPTV (ITU-T FG IPTV) dimana pengertian IPTV adalah layanan multimedia seperti televisi/video/audio/teks/data yang dikirmkan melalui jaringan berbasis IP(internet Protocol) untuk menyediakan kualitas layanan dan pengalamatan, keamanan, interaktif, dan kepercayaan.
Karakter IVTV / Internet Video
1. IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial, dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
2. IPTV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
3. IPTV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
4. IPTV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IPTV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).
Kelebihan IPTV:
Salah satu kelebihannya adalah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran).
Pada system transmisi televisi / jaringan satelit biasa, yang menggunakan technology video brodacast (dvb), semua content siaran) secara terus menerus dipancarkan kepada pemirsa, namun hanya satu content (siaran/channel) yang pada umumnya dilihat satu pemirsa dan mengganti channel bila menginginkan content yang lain
Kekurangan IPTV
Dalam perkembangannya, IPTV yang semakin marak diperbincangkan masih saja ada kekurangan/kelemahannya. Karena bergantung dengan jaringan internet kualitas siaran bisa menurun, seperti gambar siaran yang terputus-putus karena kualitas jaringan yang kurang baik.
Tetapi dengan berbagai macam layanan IPTV serta semakin berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin dimasa mendatang IPTV menggantikan Siaran Televisi yang ada sekarang ini.

Internet TV atau Televisi Internet (juga dikenal dengan Televisi daring (TV Online), situs yang memiliki tayangan video yang terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas, dengan berbagai macam bentuk pendistribusiannya. Untuk dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menguhubungkan ke komputer pribadi kita dengan koneksi Internet broadband berlangganan. Televisi Internet berbeda dengan televisi konvensional biasa. Kedua-duanya memang menayangkan banyak acara yang serupa, tapi televisi Internet lebih beragam dibandingkan stasiun televisi lokal yang biasa kita tonton di rumah ataupun Televisi kabel berlangganan. Televisi Internet ini biasa disiarkan secara pribadi oleh para pengguna Internet atau bisa juga oleh sekelompok orang atau perusahaan televisi besar yang juga punya layanan televisi online di Internet.
Kelemahan internet tv
1. Koneksi yang masih dengan sistem Dial-up akan memperlambat siaran televisi yang sedang kita tonton. Karena data yang didistribusikan ialah berupa arsip multimedia dengan ukuran yag sangat besar.
2. Koneksi yang lambat akan menunggu buffer

Kelebihan internet Tv
1. Mudah di akses dimana saja
2. Seluruh public secara bebas dapat mengaksesnya
3. Selalu di perbaharui terus menerus

Edi.S

Jumlah posting : 6
Join date : 21.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas IPTV

Post  agung pribadi on Thu Nov 21, 2013 7:03 pm

Nama = Agung Pribadi Hamid
Nim = 11B6011

Karakteristik IPTV
1. Platform:
a. Closed system, kualitas layanan terjamin
b. Video konten dikirim hanya kepada pelanggan
c. Pengririman melalui IP packets sampai dengan pelanggan
2. Kepemilikan jaringan infrastruktur : Dikirim melalui infrastruktur jaringan milik service provider sendiri
3. Wilayah jangkauan : sesuai dengan jangkauan yang dimilikinya
4. mekanisme proses : umumnya mempergunakan IP-STB digital untuk mengakses dan pengkodean layanan konten
5. Biaya : berbayar
6. konten : video konten dibuat oleh perusahaan profesional dan jumlahnya terbatas.
Kelebihan IPTV:
IP TV menggunakan platform digital dengan ini nilai noise yang dihasilkan akan jauh lebih sedikit dibandingankan dengan jaringan TV Analog. Sedangakn TV analog rawan terjadinya redaman ketika cuaca-cuaca tertentu dan juga akan sulit untuk melakukan komunikasi atau penyiaran jika terdapat NLOS(non Line of sight) antara pemncara dan penerima sehingga diperlukan stasiun relay yang biasanya terletak di pegunungan.
Dan salah satu kelebihannya adalah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran).
Pada system transmisi televisi / jaringan satelit biasa, yang menggunakan Technology Video Brodacast (DVB), semua content siaran secara terus menerus dipancarkan kepada pemirsa.
Kelebihan IPTV:
1. Kualitas gambar yang tajam
Gambar di IPTV adalah gambar digital. Selain gambar dengan Standard Definition (SD)ada juga gambar yang jauh lebih tajam dengan kualitas High Definition (HD).
2. Layanan interaktif
contoh : Saat kita nonton pertandingan sepak bola Mancherster United vs Chelsea, kemudian kita menerima telepon atau pergi ke toilet, pertandingan sepak bola bisa di pause atau rewind sehingga setelah kembali dari menelpon ataupun toilet kita bisa melanjutkan tontonan atau menonton ulang. Atau acara berita 5 jam yang lalupun bisa ditonton apabila karena terjebak macet belum sampai di rumah.
3. Home Shopping and Delivery
memungkinkan pemirsa untuk memesan, membayar dan makan Pizza tanpa perlu beranjak dari sofa sambil menonton TV. Pizza akan dikirimkan ke rumah dan pembayaran dilakukan dengan kartu kredit
4. Video, Game, Karaoke On Demand
Dengan IPTV pemirsa tidak perlu pergi jauh-jauh ke Glodok mencari film, games ataupun karaoke tinggal memilih dari katalog yang ada di server dan langsung dapat dimainkan di layar televisi dengan biaya yang terjangkau.

agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

Tugas MDJ IPTV

Post  fendra mudanta on Thu Nov 21, 2013 7:53 pm

Nama: Fendra Mudanta
Nim: 11016018

Pengertian IPTV

Pertama IPTV disebut juga sebagai Protocol Television atau Telco TV, atau Broadband TV, dimana secara aman dapat mengirimkan siaran dengan kualitas yang baik atau video on demand dan konten audio melawati suatu jaringan pita lebar.
IPTV secara umum adalah pengiriman siaran dari TV tradisonal, film, dan konten video on demand melawati suatu jaringan privat.
Dari sisi pelanggan, IPTV hanya seperti televisi langganan berbayar intermet .
Standar definisi yang digunakan sampai sekarang adalah berdasarkan International Telecommunication Union focus group on IPTV (ITU-T FG IPTV) dimana pengertian IPTV adalah layanan multimedia seperti televisi/video/audio/teks/data yang dikirmkan melalui jaringan berbasis IP(internet Protocol) untuk menyediakan kualitas layanan dan pengalamatan, keamanan, interaktif, dan kepercayaan.

Beberapa feature yang dimiliki oleh IPTV ini adalah :

- IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
- IPTV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
- IPTV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
- IPTV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
- Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IPTV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).

Cara kerja IPTV


Pertama tama kita ketahui dulu kepanjangan dari IPTV. IPTV merupakan
kepanjangan dari Internet Protocol Television. Dari kepanjangannya
tersebut kita tentunya sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa IPTV
tersebut merupakan layanan TV yang berbasiskan koneksi jaringan
internet. Intinya, IPTV tersebut menggunakan metode jaringan dari
Internet Protocol Suite melalui berbagai paket infrastruktur jaringan,
misalnya yang telah dijelaskan sebelumnya yaitu internet dan broadband
akses jaringan internet. Jadi bisa dibilang IPTV itu merupakan versi
modernnya, bukan versi tradisional yang misalnya masih menggunakan
televisi kabel.

Akan tetapi, sebenarnya IPTV tidak terbatas hanya pada layanan TV. IPTV
juga mencakup semua layanan berbasis multimedia, yaitu tentu saja
televisi dan yang lainnya yakni video, audio, text, grafik, serta
berbagai jenis data lainnya yang disampaikan melalui jaringan berbasis
IP tertentu yang dikelola.


IPTV Client

IPTV Client memiliki fungsi sebagai perhentian dari suatu proses pengiriman layanan IPTV. IPTV client merupakan suatu alat seperti set-top-box, didalam set-top-box akan dilakukan proses-proses fungsional seperti pengaturan koneksi dan pengaturan QoS dengan service nodes, pengkodean video stream, dan pergantian channel, pengontrolan display dan koneksi ke monitor yang digunakan konsumen.

Arsitektur IPTV
Sistem layanan IPTV terdiri dari 5 kelompok fungsi, yaitu :
1. Content Operation
2. Service Operation & Management
3. Media Distribution & Delivery
4. Customer
5. System Management & Security

Kekurangan dari IPTV


Meskipun teknologi ini tergolong baru dan masih belum banyak orang mengetauhi teknologi ini. Ternyata teknologi ini masih mempunyai kekurangan. Kekuranggan nya seperti yang saya posting di bawah ini:

Karena bergantung dengan jaringan internet kualitas siaran bisa menurun, seperti gambar siaran yang terutus-putus karena kualitas jaringan yang kurang baik. berikut ini salah satu gambar dari kekurangan dari IPTV karena jaringan yang buruk.



meskipun televisi ini mempunyai kekurangan tidak menutup kemungkinan dimasa mendatang IPTV menggantikan Siaran Televisi yang ada sekarang ini. karena teknologi ini akan semakin diperbarui dan semakin di perbarui.


Kelebihan internet protocol television (IPTV)



Salah satu kelebihannya adalah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran). ini jelas berbeda dengan jenis-jenis TV yang laen, karena tanpa harus ada tower/ hub tranmisi, ijin frequency.

Technology IPTV ini memungkinkan pemirsa televisi lewat jaringan internet mendapatkan pengalaman menonton yang lebih interactive dan personal. Operator misalnya dapat mengintegrasikan dalam proses transmisi semacam program guide yang memungkinkan pemirsa untuk mencari content berdasarkan nama actor atau judul siaran menggunakan system “picture-in-picture” atau layar didalam layar tanpa harus menutup content apa yang sedang disaksikan pada saat itu. Bagi permirsa olah raga dapat melakukan pencarian informasi penting lain (pemain, status game dll) yang berhubungan dengan pertandingan yang sedang berlangsung lewat system diatas.

Juga dapat mengakses file-file di komputer pengguna, menggunakan telephone IP wireless atau sampai kelebihan pada pengawasan orangtua terhadap dokumentasi laporan dari sekolah anak-anak mereka, saat mereka tidak berada dirumah.

jadi untuk orang tua yang jarang berada di rumah anda sangat cocok untuk menggunakan jenis TV ini. karena memungkinkan anda untuk mengawasi anak anda di manapun mereka berada tanpa perlu merasa khawatir.

fendra mudanta

Jumlah posting : 17
Join date : 26.09.12
Age : 26
Lokasi : BANTUL,YOGYAKARTA

Lihat profil user http://fendramudanta.byethost11.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk aktivitas 21/11

Post  Aulia Sofiansyah on Fri Nov 22, 2013 10:23 am

Aulia Sofiansyah (10016003)

IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman dan dapat diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait. Layanan tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan Interactive TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet switched protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video dan sinyal kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan penyebaran IPTV, keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan pengalaman hiburan unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi penyedia konten, pengiklan dan sama Pelanggan.
Salah satu definisi untuk pemakai IPTV ini untuk transportasi program satu atau beberapa sungai (MPTS) yang bersumber oleh operator jaringan yang sama memiliki atau langsung kontrol itu mil yang "terakhir" ke lokasi konsumen [rujukan?]. Ini kontrol atas Memungkinkan pengiriman Dijamin kualitas pelayanan (QoS), Dan Juga Memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan sebagai panduan program yang lebih baik seperti itu, layanan interaktif dll
Di lingkungan komersial IPTV banyak digunakan untuk distribusi TV, saluran playout video dan Video on Demand (VOD) materi di LAN atau WAN IP jaringan infrastruktur, dengan QoS dikontrol


Apa itu IPTV ?

Mungkin masih banyak orang bertanya apa itu IPTV. Kalau dari dibaca 2 huruf terakhir jelas menunjukan bahwa hal tersebut berkaitan dengan televisi. IPTV singkatan dari Internet Protocol Television merupakan sistem siaran televisi yang menggunakan melalui jaringan internet. Kalau bahasa gaulnya TV "streaming".
Karena sifatnya yang streaming tentu membutuhkan koneksi internet yang berskala broadband. Karena kualitas siaran banyak tergantung pada kecepatan koneksi internet. Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995 diperkenalkan oleh Judith Estrin dan Bill Carrico.


Keunggulan IPTV

Keberadaan teknologi Internet Protocol Television atau IPTV diyakini bakal menggeser dan menjadi pesaing baru dalam bisnis televisi berlangganan, khususnya televisi kabel atau satelit. Berbagai macam kelebihan yang ditawarkan IPTV ketimbang TV kabel atau satelit, salah satunya kemampuan untuk merekam atau menghentikan gambar (pause) saat tayangan tersebut disiarkan. Bahkan, tayangan itu bisa diakses secara mobile tanpa harus berada di dalam rumah. Keunggulan lainnya adalah adanya Content on demand artinya kita bisa memilih tayangan yang cocok sesuai tema yg kita sukai serta bisa melakukan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yang meliputi layanan game, shopping, advertising, dan lain-lain.
Kelebihan lainnya adalah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran).
Pada system transmisi televisi / jaringan satelit biasa, yang menggunakan technology video brodacast (dvb), semua content siaran) secara terus menerus dipancarkan kepada pemirsa, namun hanya satu content (siaran/channel) yang pada umumnya dilihat satu pemirsa dan mengganti channel bila menginginkan content yang lain.
kualitas gambar yang prima karena gambar di IPTV adalah gambar di gital. Selain gambar dengan standar Definision [SD] ada juga gambar yang jauh lebih tajam dengan kualitas High Definition [HD] .


Kekurangan IPTV

Dalam perkembangannya, IPTV yang semakin marak diperbincangkan masih saja ada kekurangan/kelemahannya. Karena bergantung dengan jaringan internet kualitas siaran bisa menurun, seperti gambar siaran yang terputus-putus karena kualitas jaringan yang kurang baik.
Tetapi dengan berbagai macam layanan IPTV serta semakin berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin dimasa mendatang IPTV menggantikan Siaran Televisi yang ada sekarang ini.

Gambar dari IPTV

avatar
Aulia Sofiansyah

Jumlah posting : 7
Join date : 29.11.12
Age : 24
Lokasi : Palembang Yogyakarta Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk aktivitas 21/11

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik