Thread untuk Choropleth

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Thread untuk Choropleth

Post  Admin on Thu Dec 05, 2013 5:34 pm

AWW

Silakan tuliskan resume anda tentang Choropleth disini. Trims atas perhatiannya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

tugas choropleth

Post  agung pribadi on Fri Dec 06, 2013 6:48 pm

Nama = Agung Pribadi Hamid

Nim = 11B16011

Peta choropleth ( Yunani χλωρα πληθαίν +:, (“area / wilayah” + “berkembang biak”) adalah sebuah peta tematik di mana daerah yang berbayang atau bermotif sebanding dengan pengukuran variabel statistik yang ditampilkan pada peta, seperti populasi kepadatan atau pendapatan per kapita .
Peta choropleth diciptakan pertama kali oleh Baron Pierre Charles Dupin pada tahun 1826, peta diperkenalkan 1938 oleh geografi John Kirtland Wright untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemetaan penduduk. Peta choropleth menyediakan cara mudah untuk memvisualisasikan bagaimana pengukuran bervariasi di area geografis atau menunjukkan tingkat variabilitas di suatu daerah. Jenis khusus dari peta choropleth adalah peta prisma. Ini adalah peta tiga dimensi, di mana ketinggian wilayah di peta adalah proporsional terhadap nilai variabel statistik untuk wilayah itu.
Penerapan Choropleth
Berikut adalah contoh peta choropleth dibuat pada Biro Sensus Amerika Serikat Amerika FactFindersitus web. Peta ini didasarkan pada data tingkat negara bagian. Peta ini telah berkurang menjadi sekitar 80% dari ukuran aslinya untuk diskusi ini.
[You must be registered and logged in to see this link.]



Peta di atas menggambarkan data untuk 50 negara bagian dan Puerto Rico. yang. subyek adalah rasio jumlah laki-laki dalam populasi dibandingkan dengan jumlah perempuan Sebagaimana dilaporkan dalam data Sensus 2000, nilai diberikan sebagai jumlah laki-laki per 100 wanita. Nilai berkisar dari rendah kurang dari 90 laki-laki per 100 perempuan dalam satu atau lebih negara bagian timur ke dominasi laki-laki untuk perempuan di Nevada dan Alaska. Peta tersebut tidak memberitahu kita nilai-nilai yang tepat untuk masing-masing negara tetapi tepatnya agregat peta negara ke dalam kategori dan menggambarkan kategori-kategori di peta. ini. peta default peta yang dihasilkan untuk variabel ini di web site ini mempekerjakan istirahat alami untuk agregat data ke dalam lima kategori.
Peta di atas hanyalah salah satu pandangan rasio laki-laki untuk perempuan di Amerika Serikat dan kita harus belajar untuk tidak basis pengetahuan kami di peta tunggal. peta berbeda dari variabel yang sama akan memberikan perspektif yang berbeda pada perincian yang lebih bagus dari distribusi variabel ini adalah. Memang benar bahwa pada peta yang berbeda negara tertinggi selalu akan jatuh ke dalam kategori tertinggi dan terendah negara akan jatuh ke dalam kategori terendah,. Tetapi di antara mungkin ada variasi yang signifikan dalam gambar digambarkan oleh peta yang berbeda. Misalnya, di sini adalah data yang sama dibagi menjadi empat kelas. Dalam contoh ini empat kelas didasarkan pada interval yang sama.

agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

CHOROPLETH

Post  Anggini Dian Oktami on Sat Dec 07, 2013 1:37 am


CHOROPLETH
By Anggini Dian Oktami

A. Pengertian dan Pengenalan Choropleth

Choropleth merupakah salah satu jenis peta yang paling umum digunakan, selain peta titik. Choropleth berbeda dengan peta titik dimana pada peta titik poin-poin data ditampilkan sebagai titik dengan latar belakang data lain, seperti kondisi geografis alam (gunung, hutan, sungai), batas administrasi, sebaran populasi, faktor risiko, dan lain-lain. Sedangkan, peta choropleth adalah peta tematik dimana area-area dalam peta diberi warna sesuai dengan besaran data statistik yang ditampilkan dalam peta tersebut, misalnya peta kepadatan ternak dalam suatu kabupaten, diwakili oleh gradasi warna dengan warna yang lebih tua menandakan tingkat kepadatan yang lebih tinggi. Dalam penggunaannya, peta choropleth dapat juga digabungkan dengan peta titik. (Riana, 2011)

Menurut Kraak, 2007 (Erikadwic,2013), kata choropleth berasal dari bahasa Yunani yaitu choros yang artinya daerah dan plethos yang artinya nilai. Peta choropleth merupakan salah satu dari beberapa benruk penyajian peta statistik terutama menyajikan tipe ukuran data interval atau rasio. Metode untuk daerah/areal yang digunakan dalam peta ini yaitu nilai. Nilai dihitung untuk daerah dan digambarkan sebagai permukaan bertingkat menunjukkan sederetan nilai-nilai yang tersebar. Nilai ini ditunjukkan melalui simbol daerah sehingga nilai tersebut hanya bernilai relatif. Adanya perbedaan skala keabuan atau perbedaan intensitas warna menekankan pada perbedaan intensitas suatu fenomena seperti perbedaan kepadatan. Perbedaan tingkat keabuan atau perbedaan tingkat kecerahan dibuat agar terlihat kesan yang berbeda pada setiap kelas data.

Peta adalah peta yang menyajikan ringkasan distribusi kuantitatif dengan basis deliminasi area batas administrasi. Misal kepadatan penduduk. (Isomuddin, 2012)

Menurut Kraak, 2007 (), kata choropleth berasal dari bahasa Yunani yaitu choros yang artinya daerah dan plethos yang artinya nilai. Peta choropleth merupakan salah satu dari beberapa benruk penyajian peta statistik terutama menyajikan tipe ukuran data interval atau rasio. Metode untuk daerah/areal yang digunakan dalam peta ini yaitu nilai. Nilai dihitung untuk daerah dan digambarkan sebagai permukaan bertingkat menunjukkan sederetan nilai-nilai yang tersebar. Nilai ini ditunjukkan melalui simbol daerah sehingga nilai tersebut hanya bernilai relatif. Adanya perbedaan skala keabuan atau perbedaan intensitas warna menekankan pada perbedaan intensitas suatu fenomena seperti perbedaan kepadatan. Perbedaan tingkat keabuan atau perbedaan tingkat kecerahan dibuat agar terlihat kesan yang berbeda pada setiap kelas data.

Peta adalah peta yang menyajikan ringkasan distribusi kuantitatif dengan basis deliminasi area batas administrasi. Misal kepadatan penduduk. (Isomuddin, 2012)

B. Sejarah Singkat
Peta choropleth diciptakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pemetaan penduduk. Diciptakan pertama kali oleh Baron Pierre Charles Dupin pada tahun 1826, peta diperkenalkan 1938 oleh geografi John Kirtland Wright. Peta choropleth menyediakan cara mudah untuk memvisualisasikan bagaimana pengukuran bervariasi di area geografis atau menunjukkan tingkat variabilitas di suatu daerah. Jenis khusus dari peta choropleth adalah peta prisma. Ini adalah peta tiga dimensi, di mana ketinggian wilayah di peta adalah proporsional terhadap nilai variabel statistik untuk wilayah itu. (Dravga, 2010)


C. SUMMARY
Peta choropleth menyediakan cara mudah untuk memvisualisasikan bagaimana pengukuran bervariasi di area geografis atau menunjukkan tingkat variabilitas di suatu daerah.
Kekuatan peta adalah bahwa hal itu harus mampu menunjukkan pola spasial, jika ada pola seperti itu.. Hal ini cukup jelas bahwa rasio laki-laki untuk perempuan di negara tingkat agregasi tidak acak Bagian barat AS rasio yang lebih tinggi dari bagian timur AS Dan, ada pembedaan yang lebih baik yang muncul pada peta.

Referensi :
Dragva. Oktober 2010. CHOROPLATH.  http://dragva.wordpress.com/2010/10/25/choroplath/. Diakses pada 7 Desember 2013, pukul 01.06 am.

Erikadwic.2013. PETA ALIRAN DAN CHOROPLETH. [You must be registered and logged in to see this link.] Diakses pada 7 Desember 2013, pukul 01.19 am.

Isomuddin. 2012. Pengertian Kartografi. [You must be registered and logged in to see this link.] Diakses pada 7 Desember 2013, pukul 01.24 am.

Riana, AA. 2011. Sistem Informasi Geografis untuk Kesehatan Hewan Nasional.  http://civas.info/index.php?option=com_content&view=article&id=57:sistem-informasi-geografis-untuk-kesehatan-hewan-nasional&catid=29:galeri&Itemid=62. Diakses pada 7 Desember 2013, pukul 00.57 am.
avatar
Anggini Dian Oktami

Jumlah posting : 22
Join date : 25.09.12
Age : 25
Lokasi : Galagahsari, Yogyakarta

Lihat profil user http://Anggini13.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk Choropleth

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik