Forum Kuliah UAD
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Aktivitas kedua

2 posters

Go down

Aktivitas kedua Empty Aktivitas kedua

Post  Admin Fri Dec 27, 2013 4:13 pm

AWW

Berikut adalah kelanjutan aktivitas PPN untuk CAI. Direncanakan hari ini (Jum'at 27/12) akan ada 2x sekaligus, silakan ikuti dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah yang pertama:
  1. Setelah anda mengetahui beragam kelebihan dari CAI yang didasarkan atas karakteristik utamanya, maka anda perlu mengingat bahwa CAI juga punya kelemahan. Sebutkan kelemahan-kelemahan tersebut dan ikuti dengan penjelasan singkat untuk masing-masing.
  2. Pengajar atau pembuat CAI adalah yang bertanggungjawab memilih aktivitas yang sesuai untuk suatu materi. Apa saja dasar untuk memilih materi tersebut (ada 4)? Sebutkan dan beri penjelasan masing-masing.


Silakan anda buat sebagai sebuah posting untuk thread ini, maks jam 19.00 malam ini. Selamat bekerja.

WWW
by TTx
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas kedua Empty Re: Aktivitas kedua

Post  idam cholid Sat Dec 28, 2013 8:35 am

Admin wrote:AWW

Berikut adalah kelanjutan aktivitas PPN untuk CAI. Direncanakan hari ini (Jum'at 27/12) akan ada 2x sekaligus, silakan ikuti dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah yang pertama:

  1. Setelah anda mengetahui beragam kelebihan dari CAI yang didasarkan atas karakteristik utamanya, maka anda perlu mengingat bahwa CAI juga punya kelemahan. Sebutkan kelemahan-kelemahan tersebut dan ikuti dengan penjelasan singkat untuk masing-masing.
  2. Pengajar atau pembuat CAI adalah yang bertanggungjawab memilih aktivitas yang sesuai untuk suatu materi. Apa saja dasar untuk memilih materi tersebut (ada 4)? Sebutkan dan beri penjelasan masing-masing.


Silakan anda buat sebagai sebuah posting untuk thread ini, maks jam 19.00 malam ini. Selamat bekerja.

WWW
by TTx


Idam Cholid
08016049

mohon maaf pak sebelumnya, semalam tidak buka forum kuliah, karena ada urusan keluarga pak, orangtua maen kejogja dan semalam saya dan orangtua makan malam diluar pak..


- Kekurangan CAI dan penjelasan singkat :

a) Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer,
terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
b) Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer
yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya
dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan
untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan.
c) Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software.
Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi
yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada
komputer yang spesifikasinya tidak sama.
d) Merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction)
merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif
yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

- Dasar untuk memilih materi CAI

1. Umpan balik

Setelah memberikan respon, siswa harus segera diberi umpan balik.
Umpan balik bisa berupa komentar, pujian, peringatan atau perintah
tertentu bahwa respon siswa tersebut benar atau salah. Umpan balik
akan semakin menarik dan menambah motivasi belajar apabila disertai
ilustrasi suara, gambar atau video klip.

2. Percabangan

Percabangan adalah beberapa alternatif jalan yang perlu ditempuh
oleh siswa dalam kegiatan belajarnya melalui program CAI.
Program memberikan percabangan berdasarkan respon siswa.
Misalnya, siswa yang selalu salah dalam menjawab pertanyaan materi tertentu,
maka program harus merekomendasikan untuk mempelajari lagi bagian tersebut.
Atau bila siswa mencapai skor tertentu, siswa bisa langsung menuju ke tingkat atas dan sebaliknya.

3. Penilaian

Program CAI yang baik harus dilengkapi dengan aspek penilaian.
Untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi yang dipelajari,
pada setiap sub topik siswa perlu diberi tes atau soal latihan.

4. Tampilan

Disebabkan program CAI dikerjakan melalui layar monitor,
maka perlu diperhatikankan jenis informasi, komponen tampilan, dan keterbacaan.
Jenis informasi yang ditampilkan bisa berupa teks, gambar, suara, animasi atau video klip.
Ilustrasi dan warna bisa menarik perhatian siswa, tetapi bila berlebihan akan membuat
siswa menjadi tidak fokus pada program tersebut. Satu layar bila mungkin berisi satu ide
atau pokok bahasan saja. Komponen tampilan yang penting adalah identifikasi
tampilan seperti nomor halaman, judul atau sub-judul yang sedang dipelajari,
perintah-perintah seperti untuk maju, mundur, berhenti dan sebagainya.

idam cholid

Jumlah posting : 5
Join date : 18.12.13

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas kedua Empty Kelanjutan: aktivitas ketiga

Post  Admin Sat Dec 28, 2013 11:39 am

Aww

idam cholid wrote:
Admin wrote:AWW

Berikut adalah kelanjutan aktivitas PPN untuk CAI. Direncanakan hari ini (Jum'at 27/12) akan ada 2x sekaligus, silakan ikuti dengan sebaik-baiknya.

Berikut adalah yang pertama:

  1. Setelah anda mengetahui beragam kelebihan dari CAI yang didasarkan atas karakteristik utamanya, maka anda perlu mengingat bahwa CAI juga punya kelemahan. Sebutkan kelemahan-kelemahan tersebut dan ikuti dengan penjelasan singkat untuk masing-masing.
  2. Pengajar atau pembuat CAI adalah yang bertanggungjawab memilih aktivitas yang sesuai untuk suatu materi. Apa saja dasar untuk memilih materi tersebut (ada 4)? Sebutkan dan beri penjelasan masing-masing.


Silakan anda buat sebagai sebuah posting untuk thread ini, maks jam 19.00 malam ini. Selamat bekerja.

WWW
by TTx


Idam Cholid
08016049

mohon maaf pak sebelumnya, semalam tidak buka forum kuliah, karena ada urusan keluarga pak, orangtua maen kejogja dan semalam saya dan orangtua makan malam diluar pak..


- Kekurangan CAI dan penjelasan singkat :

a) Tingginya biaya pengadaan dan pengembangan program komputer,
  terutama yang dirancang khusus untuk maksud pembelajaran.
b) Disamping itu, pengadaan, pemeliharaan, dan perawatan komputer
  yang meliputi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software)
  memerlukan biaya yang relatif tinggi. Oleh karena itu pertimbangan biaya
  dan manfaat (cost benefit analysis) perlu dilakukan sebelum memutuskan
  untuk menggunakan komputer untuk keperluan pendidikan.
c) Masalah lain adalah compatability dan incompability antara hardware dan software.
  Penggunaan sebuah program komputer biasanya memerlukan perangkat keras dengan spesifikasi
  yang sesuai. Perangkat lunak sebuah komputer seringkali tidak dapat digunakan pada
  komputer yang spesifikasinya tidak sama.
d) Merancang dan memproduksi program pembelajaran yang berbasis komputer (computer based instruction)
  merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Memproduksi program komputer merupakan kegiatan intensif
  yang memerlukan waktu banyak dan juga keahlian khusus.

- Dasar untuk memilih materi CAI

1. Umpan balik

  Setelah memberikan respon, siswa harus segera diberi umpan balik.
Umpan balik bisa berupa komentar, pujian, peringatan atau perintah
tertentu bahwa respon siswa tersebut benar atau salah. Umpan balik
akan semakin menarik dan menambah motivasi belajar apabila disertai
ilustrasi suara, gambar atau video klip.

2. Percabangan

  Percabangan adalah beberapa alternatif jalan yang perlu ditempuh
oleh siswa dalam kegiatan belajarnya melalui program CAI.
Program memberikan percabangan berdasarkan respon siswa.
Misalnya, siswa yang selalu salah dalam menjawab pertanyaan materi tertentu,
maka program harus merekomendasikan untuk mempelajari lagi bagian tersebut.
Atau bila siswa mencapai skor tertentu, siswa bisa langsung menuju ke tingkat atas dan sebaliknya.

3. Penilaian

  Program CAI yang baik harus dilengkapi dengan aspek penilaian.
Untuk mengetahui seberapa jauh siswa memahami materi yang dipelajari,
pada setiap sub topik siswa perlu diberi tes atau soal latihan.

4. Tampilan

  Disebabkan program CAI dikerjakan melalui layar monitor,
maka perlu diperhatikankan jenis informasi, komponen tampilan, dan keterbacaan.
Jenis informasi yang ditampilkan bisa berupa teks, gambar, suara, animasi atau video klip.
Ilustrasi dan warna bisa menarik perhatian siswa, tetapi bila berlebihan akan membuat
siswa menjadi tidak fokus pada program tersebut. Satu layar bila mungkin berisi satu ide
atau pokok bahasan saja. Komponen tampilan yang penting adalah identifikasi
tampilan seperti nomor halaman, judul atau sub-judul yang sedang dipelajari,
perintah-perintah seperti untuk maju, mundur, berhenti dan sebagainya.


Derajat keterlambatan akan dilihat dari kepentingannya, sy akan berusaha tdk kaku tetapi sesuai kondisi nyata. Posting perintah aktivitas inipun terlambat karena banyak penyebab. Prinsipnya, anda harus setiap saat cek forum bilamana muncul suatu informasi ttg PPN ini.

Berikut ini aktivitas ketiga. Berdasarkan konsep dasar CAI spt juga yg telah disampaikan di kelas dlm perkuliahan, CAI memiliki beberapa tema dasar utama. Tuliskan semua tema dasar CAI tsb, beri penjelasan masing-masing, serta berikan sebuah sampel kasus untuk setiap tema dasar yg anda tuliskan.

Buat jawaban dgn tulisan tangan, kertas HVS, dikumpul jam 13.30 hari ini (Sabtu 28/12). Selamat bekerja.

Www
by TTx
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas kedua Empty Re: Aktivitas kedua

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik