Aktivitas kelima

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Aktivitas kelima

Post  Admin on Thu Jan 02, 2014 11:57 am

AWW

Berikut ini aktivitas terakhir PPN Multimedia dalam Jaringan. Jawablah permasalahan berikut ini.

  1. Layanan multimedia dalam jaringan memerlukan adanya QoS (Quality of Service) untuk memastikan pengguna mendapat apa yang mereka seharusnya dapatkan, sesuai standar minimal tertentu. Tuliskan bagaimana mekanisme untuk menerapkan QoS dalam penjelasan detail tetapi poin per poin, kemudian tunjukkan melalui sampel pengaplikasian teknologi Windows Media streaming (Microsoft) dan SureStream (RealNetworks).
  2. Selain QoS, poin lain yang penting adalah DRM (Digital Rights Management). Jelaskan bagaimana DRM diimplementasikan, beri contoh setidaknya pada 2 macam cara pengaplikasian DRM yang umum dijumpai.

Tuliskan jawaban sebagai posting di thread ini, maksimal jam 15.00 hari ini (Kamis 2/1).
Selamat bekerja

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 954
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

TUGAS5-PPN-MULTIMEDIA DALAM JARINGAN

Post  samsudin on Thu Jan 02, 2014 2:17 pm

NAMA : SAMSUDIN
NIM :09016002
__________________________________________
1.   Penerapan QOS
a. mengidentifikasi trafik dan kebutuhannya
b. membagi trafik kedalam kelas-kelas
c. mendefinisikan policy qos untuk setiap kelas
d. Menerapkan setiap class/policy di interface

QoS Pada Windows Streaming :

- Dapat menghasilkan streaming dengan kualitas video yang tidak begitu rendah resolusi tetapi dapat di nikmati oleh user tanpa terlalu lama melakukan buffering dan delay pada audio.
- Teknik kontrol aplikasi-layer QoS termasuk kontrol kemacetan dan kontrol kesalahan. Teknik ini digunakan oleh sistem akhir dan tidak memerlukan dukungan QoS dari jaringan.

QoS pada SureStreaming :
- Tidak terlalu jauh berbeda pada Windows Streaming hanya saja , user tidak perlu terlalu lama melakukan buffering
- Memaksimalkan penggunaan algoritma untuk menyiasati agar streaming tidak terputus contoh algoritma Open Shortest Path First, Multi Protocol Label Switching dll

Kompresi video dan audio
Mentahan video dan audio harus dikompresi sebelum ditransmisi untuk mencapai efisiensi. Kompresi video dan audio skema dapat terukur atau non – scalable.

Aplikasi -layer QoS Control

Untuk mengatasi kondisi jaringan yang berbeda-beda dan yang bervariasi tersebut, kualitas presentasi yang diminta oleh pengguna, berbagai teknik pengendalian aplikasi -layer QoS telah diusulkan.

Layanan distribusi media berkelanjutan

Dalam rangka untuk memberikan kualitas tinggi multimedia presentasi, dukungan jaringan yang memadai untuk mengurangi delay transportasi dan packet loss sangat penting.

Streaming server

Memainkan peran kunci dalam menyediakan layanan streaming untuk menawarkan layanan streaming yang berkualitas tinggi, streaming server yang diperlukan untuk mengolah data multimedia di bawah kendala waktu dan untuk mendukung operasi kontrol interaktif.

Mekanisme Sinkronisasi Media
Media adalah fitur utama yang membedakan aplikasi multimedia dari aplikasi data tradisional lainnya. Protokol untuk streaming protokol media yang dirancang dan standar untuk komunikasi antara klien dan server streaming.



2. Bagai mana DRM diimplementasikan berserta contoh:
Digital Rights Management atau DRM) adalah  sebagai suatu pendekatan teknologi untuk perlindungan hakcipta,seperti music.ini melindungi hak cipta music dari diseminasi yang tidak sah dan duplikasi melalui enskripsi disk audio dienkripsi digital mendukung  pemutaran.

-Cara kerja DRM cukup simple, DRM menggunakan enkripsi  dengan bentuk sebuah tanda digital.tanda tersebut seperti stempel yang unik, memberitahu prangkat atau system oprasi untuk dapat memainkannyaatau tidak.

-Contoh pengaplikasian
DRM dapat bekerja sebagai pintu masuk untuk para konsumen sebuah produkproduk digital. DRM berfungsi gerbang masuk bagi tipe pengguna tertentu. Sebagai contohnya, iTunes membedakan tipe client sebanyak tiga jenis client. Tiap tipe client harus membayar dengan harga yang berbeda sesuai dengan tipe yang dipilihnya.
Pengaplikasian DRM pada data multimedia melingkupi pokok-pokok berikut ini.
a. Data protection, sehingga berkas tidak dapat diakses tanpa diberi akses khusus.
b. Identifikasi yang unik untuk setiap pengguna demi menjamin kelayakan pengguna dapat diterapkan secara tepat.
c. Manajemen hak secara terpusat untuk mencegah pembobolan atau untuk mendistribusikan data dengan gratis.
d. Fleksibilitas, agar sistem DRM dapat diterapkan pada berbagai bidang.

- DRM Content : yang di maksud dengan DRM content adalah  konten yang telah ditransformasikan menjadi sebuah konten digital sesuai dengan spesifikasi DRM yang di gunakan.
- Rights adalah hak penggunaan sebuah DRM content, rights bias membatasi penggunaan content dalam beberapa aspek seperti rentang waktu pengguna dan jumlah penggunaan.
- DRM Agent adalah prangkat (bias berupa hardware atau software) yang di gunakan untuk menggunakan DRM content beserta rights yang bersesuayan saan ini telah banyak pihak yang mengeluarkan spesipikasi DRM, beberapa di antaranya adalah:

= Microsoft DRM : DRM yang menggunakan proteksi konten digital dengan format yang di keluarkan Microsoft, seperti WMA(windows media audio).

samsudin

Jumlah posting : 5
Join date : 20.12.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik