Thread penulisan solusi implikasi CAI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Thread penulisan solusi implikasi CAI

Post  Admin on Wed Apr 02, 2014 1:49 pm

AWW

Silakan tuliskan poin-poin calon solusi yang akan anda ajukan pada calon aplikasi anda. Tiap implikasi 1 calon solusi.

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 952
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread penulisan solusi implikasi CAI

Post  Anggini Dian Oktami on Tue Apr 08, 2014 10:24 am

Anggini Dian Oktami
11016013
----------------------------
IMPLIKASI PADA DESAIN
Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka* (Studi Kasus di SD Tahunan, 07/04/2014, Yogyakarta)


1. CAI dan KBM Internal
Untuk dapat menerima pelajaran, siswa harus tenang terlebih dahulu. Gunakan suara dan gambar yang menarik namun simpel saat memulai menjalankan aplikasi untuk menarik perhatian siswa.

2. Implikasi pada indivudualisasi
Beberapa siswa dapat dengan mudah memahami setiap pelajaran, namun ada juga beberapa siswa harus mengulang sampai beberapa kali untuk dapat memahami suatu pelajaran. Maka diperlukan adanya spesifikasi individualisasi sesuai dengan kondisi individu/siswa tersebut.

3. Implikasi untuk interaktifitas
Interaktifitas dalam aplikasi dapat dilihat dengan adanya umpan balik terhadap respon dari siswa yang diberikan dengan cepat.

4. Implikasi lewat umpan balik
Dalam proses belajar siswa, tidak semua pertanyaan akan dijawab dengan benar oleh siswa. Maka siapkan beberapa kemungkinan umpan balik untuk setiap respon yang diberikan oleh siswa. Umpan balik yang diberikan haruslah bersifat positif dan dapat membangun motivasi siswa untuk terus belajar.

5. Implikasi fungsi intruksional
Untuk mengetahui apakah siswa sudah bisa menguasai indicator pembelajaran maka diakhir pembelajaran perlu diberikan game yang menarik namun sebenarnya game itu adalah soal untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran. Contohnya dengan memasangkan huruf atau angka disebelah kiri dengan salah satu huruf/angka yang sama yang berada disebelah kanan. Sistem harus dapat menampilkan seberapa besar tingkat kemampuan siswa dalam memahami pelajaran berdasarkan hasil respon yang diberikan siswa.

6. Implikasi melalui kongruensi
Beberapa siswa sudah dapat mengenal huruf dan angka. Namun, ditemukan beberapa permasalahan pada siswa dalam menulis huruf dan angka yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya perhatian dari pengajar di jenjang pendidikan yang sebelumnya – seperti TK- untuk memperhatikan dan membimbing langkah-langkah siswa dalam menulis huruf dan angka.

7. Implikasi pada kendali
Aplikasi ini akan dipakai untuk individu. Setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menangkap pelajaran. Maka untuk siswa yang sama harus dapat dihitung berapa kali ia membuka aplikasi tersebut untuk memastikan bagaimana tingkat pemahamannya terhadap pelajaran tersebut. Masing-masing aplikasi untuk pelajaran tertentu juga harus ditanamkan mesin penghitung waktu untuk mengetahui berapa lama siswa dapat mempelajari pelajaran tersebut.
Masing-masing pelajaran memiliki batas waktu tertentu sesuai dengan silabus yang berada dalam kurikulum materi pembelajaran. Maka setiap pelajaran tertentu perlu diberikan standar waktu dalam memahami pelajaran tersebut.

8. Implikasi pada monitoring
Umpan balik terhadap keberhasilan ataupun ketidakberhasilan siswa dalam memberikan respon harus disampaikan atau ditampilkan dengan menarik dan harus dapat memotivasi siswa untuk belajar lagi dan mencoba lagi.

9. Implikasi lewat evaluasi
Metode pembelajaran setiap tahunnya tentulah ada perubahan menjadi lebih baik. Hal ini dapat dilihat dari beragamnya metode-metode baru yang berkembang sesuai dengan kondisi siswa saat ini. Maka aplikasi pembelajaran yang telah dibangun harus tetap dievaluasi. Apakah masih layak untuk digunakan atau tidak dengan mengacu pada silabus KBM yang menjadi panduan dalam pembelajaran.

10. Implikasi pada perancangan
Sajikan materi pembelajaran dengan menarik. Seperti menggunakan gambar yang simpel dan menarik hati anak kecil yang sedang dalam masa peralihan dari TK ke SD. Kemudian memberikan efek-efek berupa gambar dengan warna-warna kontras yang terlihat seperti hidup dan dilengkapi dengan suara efek yang sesuai dengan efek tampilan.

11. Implikasi pada media tambahan
Membuat aplikasi pengenalan huruf untuk siswa tentunya harus mempertimbangkan bahwa siswa dalam kondisi tidak dapat membaca. Sehingga dalam perancangan Aplikasi tidak boleh memberikan intruksi atau perintah tentang apa yang harus dilakukan dalam bentuk tulisan. Namun dapat menggunakan perintah dalam bentuk suara atau dalam bentuk animasi sederhana yang dapat menjadi petunjuk untuk siswa dalam menjalankan aplikasi.


*Dalam kurikulum KBM yang sekarang (2014), kata ‘Angka’ sudah diganti dengan Lambang Bilangan.

Anggini Dian Oktami

Jumlah posting : 22
Join date : 25.09.12
Age : 24
Lokasi : Galagahsari, Yogyakarta

Lihat profil user http://Anggini13.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

penulisan solusi implikasi CAI

Post  Bayu Ikhsan Nugraha on Tue Apr 08, 2014 11:00 am

NAMA = BAYU IKHSAN NUGRAHA
NIM = 11016007


Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka
Pada SD Tahunan 07-04-2014 Yogyakarta


1. CAI & KBM internal (1-2)
Agar dapat Mendapatkan perhatian siswa, gunakan tampilan yang menarik yang dapat mengundang siswa agar dapat memperhatiakan aplikasi tersebut.

2. Implikasi pada individualisasi
Dalam hal individu ada beberapa siswa yang mudah untuk memahami pelajaran, tapi ada juga siswa yang sulit untuk mengerti dan harus mengulang beberapa kali sampai biasa mengerti , maka diperlukan adanya tes kemampuan dan di berikan bimbingan terlebih dahulu

3. Implikasi untuk interaktivitas (1-2)
Adanya interaksi siswa bisa menerima pesan yang disampaikan menjadikan tantangan bagi pembuat materi, dan hal yang dilakukan adalah membuat isi materi semenarik mungkin dan pengguna , dalam hal ini di fokuskan pada siswa, maka materi harus di buat agar siswa merasa nyaman atau membuat siswa agar terus menerus siswa tidak bosan dan keinginan tahuannya mengenai materinya.

4. Impikasi lewat umpan-balik (1-2)
Umpan balik yang di berikan harus bersifat positif yaitu siswa dapat menerima apa yang telah disampaikan oleh aplikasi tersebut.

5. Implikasi fungsi instruksional
Agar dapat mengetahui kemampuan siswa, perancang harus memberikan sebuah permainan yang tanpa disadari siswa itu adalah sebuah tes kemampuan dan dapat membangun kemampuan siswa agar dapat lebih memahami sebuah materi.

6. Implikasi melalui kongruensi (1-3)
Karena perpindahan Siswa dari TK ke SD biasanya terdapat kendala dalam memahami angka dan huruf, maka harus ada bimbingan dari guru agar siswa dapat mengerti aplikasi tersebut.

7. Implikasi pada kendali (1-2)
melihat kemajuan belajar siswa & memungkinkan siswa dapat mengerti penyampaian materi, dengan standar waktu tertentu dan melihat dibagian materi mana yang sering di ulang oleh siswa.

8. Implikasi pada monitoring (1-2)
Setiap jawaban atau hasil yang dikerjakan oleh siswa tidak harus selalu benar dan salah dan memberikan motivasi dari hasil jawaban siswa agar siswa lebih semangat dalam belajar.

9. Implikasi lewat evaluasi (1-2)
Dalam hal evaluasi pada pemberian materi lebih lanjut kita di tuntut untuk menyesuaikan tahun pembelajaran atau kurikulum pembelajaran pada tahun pembelajaran, jadi aplikasi yang telah di buat haruslah sudah di evaluasi dengan tahun pembelajarannya.

10. Implikasi pada perancangan (1-2)
Dalam membuat perancangan aplikasi, harus memperhatikan pengguna karena yang mengunakan adalah siswa, maka harus memperhatikan setiap materi yang disampaikan dengan memberikan gambar, warna efek yang sesuai dan dapat menarik keingintahuan siswa.

11. Implikasi pada media tambahan
Dalam Membuat aplikasi, perancang harus memberikan demo singkat tentang apa yang akan dilakuan ,agar siswa dapat mengerti sebelum menjalan aplikasi tersebut.

Bayu Ikhsan Nugraha

Jumlah posting : 12
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://www.bayuikhsan.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread penulisan solusi implikasi CAI

Post  Sponsored content Today at 4:35 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik