TREAD TULISAN SOLUSI IMPLKASI CAI

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

TREAD TULISAN SOLUSI IMPLKASI CAI

Post  juli sudarman on Tue Apr 08, 2014 6:58 pm

ASS Wr Wb,,,
pak ini hasil survei saya daam sebuah SD, untuk pengelanan huruf dan angka pada siswa. Maaf saya ngirimnya terlambat.

Wr Wb,,,


JULI SUDARMAN
NIM(11016014)

IMPLIKASI PADA DESAIN
Aplikasi Pengenalan Huruf dan Angka* (Studi Kasus di SD Tahunan, 07/04/2014, Yogyakarta)



1. CAI DAN KBM (1-2)
Cara mengenalan huru dan angka kepada siswaharus dengan banyak perhatian kepada siswa, dan memberikan tampilan angka dan huruf yang menarik. Supaya siswa mudah mengingatnya dalam bentuk tampilan, karena siswa akan kesulitan mengingat jika hanya di beri tampilan yang biasa.

2. Implikasi pada individualisasii
Dalam hal individu beberapa siswa ada yang mudah memahami angka dan huruf, dan ada juga yang tidak mengerti sama sekali.banyak yang asal nulis atau hanya biasa menulis sebisa dia mengerti angka dan huruf tertentu, tetapi tidak mengarah pada pelajaran yang benar. Maka dari itu siswa harus di beri bimbingan khusus ,dengan perhatian yang lebih terhadap siswa yang kurang mengerti dengan huruf dan angka. Atau di beri bimbingan di luar jam sekolah, kemungkinan besar siswa akan mudah memahami huruf dan angka engan cepat.

3. Implikasi untuk intraktifitas
Intraktifitas dalam aplikasi dapat dilihat degan adanya umpan balik tehadap siswa kepada guru dengan pelajaran dengan pelajaran dengan cepat.

4. Impilkasi lewat umpan balik
Dalam peruses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa.umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

5. Implikasi fungsi intruksional
Untuk mengetahu siswa yang sudah menguasai pelajaran,maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menari siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang di berikan. Mungkin dengan cara seperti itu siswa dapat menerima pelajaran dengan cepat atau mudeh mengerti pelajaran yang diberikan.

6 .Implikasi melalui kongruensi

Ada beberapa siswa yang bisa mengenal huruf dan angka, tapi juga ditemukan beberapa siswa dalam menulis huruf dan angka yang ngawur atau tidak sesuai dengan yang di berikan oleh guru, Aatau masih banyak siswa yang kurang perhatian dari pendidikan yang sebelumnya, seperti pendidikan di TK yang di beri bimbingan langkah –langkah menulis huruf dan angka.

7. Implikasi pada kendali
Setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswamembuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.untuk pelajaran tersebut juga ditanamkan alat penghitung waktu untuk mengetahui berapa lama siswa memahami pelajaran tersebut. Dan maising- masing pelajaran di berikan batasan waktu yang telah ditentukan oleh pihak pengajar.

8. Implikasi pada monitoring
Umpan balik keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya.

9. Implikasi lewat evaluasi
Pembelajaran setiapa priode atau setiap tahun selalu ada perubahan menjadi lebih baik. Karena dapat dilihat dari jenis ragamnya yang telah di kembangkan sesuai dengan keadaan siswa saat ini, maka aplikasi yang diberikan harus selalu duievaluasi. Apakah masih pantas digunakan atau tidak mengacu pada silabus KBM yang menjadi panduan dalam metode pembelajaran kepada siswa.

10. Implikasi pada perancangan
Materi yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Semperti enggunakan sebuah gambar yang udah di mengerti oleh siswa dan mearik hati siswa. Kemudian di berikan warna gambar yang menarik atau mudah di ingat, dan dilegkapi dengan suara yang sedikit lucu sesuai dengan tampilan gambar tersebut.

11. Implikasi pada media tambahan
Aplikasi pengenalan huruf dan angka untuk siswa tentunya harus di pertimbangkan dengan siswa yang dalam kondisi belum bisa membaca, dalam pernacangan sebuah sistembelum bisa memberikan instruksi, hanya dapat menggunakan perintah dalam bentuk gambar yang dapat menimbulkan suara sehingga dapat menjadi petunjuk pada siswa dalam menjalankan sebuah aplikasi dala belajar mengenal huruf dan angka.



juli sudarman

Jumlah posting : 8
Join date : 28.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: TREAD TULISAN SOLUSI IMPLKASI CAI

Post  Admin on Wed Apr 23, 2014 10:12 am

AWW

Biasakan mengerjakan sesuai apa yang diminta. Anda diminta untuk menulis di thread yang disediakan, bukan membuat thread sendiri. Normalnya saya tidak mau memberi nilai ke siapapun yang tidak memperhatikan instruksi atau asal-asalan, tapi ini masih saya toleransi, dengan diskon nilai 75% (telat 25% dan salah thread 50%). Pastikan untuk selanjutnya anda mengerjakan apapun sesuai permintaan.

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 952
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik