Thread untuk topik IPTV & Internet TV

Go down

Thread untuk topik IPTV & Internet TV

Post  Admin on Thu Nov 29, 2012 5:32 pm

AWW

Silakan posting Cara kerja, Karakteristik, serta Aplikasi dari topik yang jadi pilihan tim anda. Persiapkan pula PPT-nya. Tulisan per kelompok ditunggu paling lambat Sabtu (1/12) jam 17.00. Silakan buat sebaik-baiknya agar tim anda bisa bertahan dalam adu argumentasi hari kamis (6/12) mendatang.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

IPTV ( Internet Protocol TV )

Post  Jafar Arifin on Sat Dec 01, 2012 3:26 pm

Klasifikasi Umum

IPTV didefinisikan sebagai pengiriman aman dan dapat diandalkan untuk pelanggan dari hiburan video dan layanan terkait. Layanan tersebut meliputi Mei, misalnya, Live TV, Video On Demand (VOD) dan Interactive TV (iTV). Layanan ini di mengakses Disampaikan agnostik, packet switched protokol jaringan mempekerjakan Itu IP untuk mengangkut audio, video dan sinyal kontrol. Berbeda dengan video melalui Internet publik, dengan penyebaran IPTV, keamanan jaringan dan kinerja yang ketat berhasil Memastikan pengalaman hiburan unggul, Hasil dalam lingkungan bisnis yang menarik bagi penyedia konten, pengiklan dan sama Pelanggan.
Salah satu definisi untuk pemakai IPTV ini untuk transportasi program satu atau beberapa sungai (MPTS) yang bersumber oleh operator jaringan yang sama memiliki atau langsung kontrol itu mil yang "terakhir" ke lokasi konsumen [rujukan?]. Ini kontrol atas Memungkinkan pengiriman Dijamin kualitas pelayanan (QoS), Dan Juga Memungkinkan penyedia layanan untuk menawarkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan sebagai panduan program yang lebih baik seperti itu, layanan interaktif dll
Di lingkungan komersial IPTV banyak digunakan untuk distribusi TV, saluran playout video dan Video on Demand (VOD) materi di LAN atau WAN IP jaringan infrastruktur, dengan QoS dikontrol

Apa itu IPTV ?

Mungkin masih banyak orang bertanya apa itu IPTV. Kalau dari dibaca 2 huruf terakhir jelas menunjukan bahwa hal tersebut berkaitan dengan televisi. IPTV singkatan dari Internet Protocol Television merupakan sistem siaran televisi yang menggunakan melalui jaringan internet. Kalau bahasa gaulnya TV "streaming".
Karena sifatnya yang streaming tentu membutuhkan koneksi internet yang berskala broadband. Karena kualitas siaran banyak tergantung pada kecepatan koneksi internet. Istilah IPTV pertama kali muncul pada tahun 1995 diperkenalkan oleh Judith Estrin dan Bill Carrico.

Keunggulan IPTV

Keberadaan teknologi Internet Protocol Television atau IPTV diyakini bakal menggeser dan menjadi pesaing baru dalam bisnis televisi berlangganan, khususnya televisi kabel atau satelit. Berbagai macam kelebihan yang ditawarkan IPTV ketimbang TV kabel atau satelit, salah satunya kemampuan untuk merekam atau menghentikan gambar (pause) saat tayangan tersebut disiarkan. Bahkan, tayangan itu bisa diakses secara mobile tanpa harus berada di dalam rumah. Keunggulan lainnya adalah adanya Content on demand artinya kita bisa memilih tayangan yang cocok sesuai tema yg kita sukai serta bisa melakukan interaksi multimedia dengan kecepatan true broadband, yang meliputi layanan game, shopping, advertising, dan lain-lain.
Kelebihan lainnya adalah penyatuan system transmisi televisi dan IP sekaligus yang menggunakan infrastruktur IP tanpa harus investasi tambahan untuk area dan tower/hub transmisi, ijin frequency, engineer, perangkat transmisi dan lain sebagainya. Berikutnya jaringan IP memungkinkan untuk broadcast lebih banyak fungsi dan content (siaran).
Pada system transmisi televisi / jaringan satelit biasa, yang menggunakan technology video brodacast (dvb), semua content siaran) secara terus menerus dipancarkan kepada pemirsa, namun hanya satu content (siaran/channel) yang pada umumnya dilihat satu pemirsa dan mengganti channel bila menginginkan content yang lain.
kualitas gambar yang prima karena gambar di IPTV adalah gambar di gital. Selain gambar dengan standar Definision [SD] ada juga gambar yang jauh lebih tajam dengan kualitas High Definition [HD] .

Kekurangan IPTV

Dalam perkembangannya, IPTV yang semakin marak diperbincangkan masih saja ada kekurangan/kelemahannya. Karena bergantung dengan jaringan internet kualitas siaran bisa menurun, seperti gambar siaran yang terputus-putus karena kualitas jaringan yang kurang baik.
Tetapi dengan berbagai macam layanan IPTV serta semakin berkembangnya teknologi, bukan tidak mungkin dimasa mendatang IPTV menggantikan Siaran Televisi yang ada sekarang ini.

Berikut ini gambaran dari IPTV :
[You must be registered and logged in to see this link.]




Nama Kelompok:
1. M. Rilo Pambudi ( 09016007 )
2. Jafar Arifin ( 09016010 )
3. Aulia Sofiansyah ( 10016003 )
4. Jamil Annashori ( 10016004 )
5. Nurwahid Lasminato ( 10016013 )
avatar
Jafar Arifin

Jumlah posting : 5
Join date : 04.10.12
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Internet TV

Post  ari kurniawan on Sat Dec 01, 2012 4:50 pm

Kehadiran Internet TV yang baru ini kurang disadari oleh masyarakat. Teknologi ini menggabungkan internet dan TV sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya. Hal ini dikarenakan kemampuan Internet TV untuk dapat menyiarkan siaran TV langsung pada Laptop dan PC. Internet TV memaksimalkan Fungsi Internet dan komputer, sekarang fungsi computer tidak hanya bisa digunakan untuk pengetikan biasa dan mendengarkan MP3 atau memainkan game, tetapi juga digunakan untuk menonton siaran TV. Dengan teknologi Internet TV dapat langsung memperoleh hiburan dari komputer, yaitu hiburan dari siaran TV dll, tanpa harus menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan dengan PC / Laptop. Jika tipe orang yang tidak memiliki waktu untuk menonton TV di rumah, maka Internet TV merupakan salah satu alternatif sarana untuk dapat menonton TV.

Terdapat 5 karakteristik yang membedakan Internet TV dengan media lainya :

-Stasiun-stasiun penyiaranya tersedia secara internasional, sehingga melalui internet tv pengguna dapat memilih stasiun/chanel yang diinginkan.
-penggunaan Internet TV ini tidak memerlukan tambahan hardware. Hanya bermodalkan koneksi internet dapat menggunakan Internet TV
-program-program TV selalu bertambah sepanjang waktunya, dan terdapat chanel-chanel baru yang muncul setiap harinya, contohnya google yang meluncurkan google tv, kemudian BBC, dll.
-pengguna dapat mempersonalisasikan pengalaman dalam menonton TV, hal ini berarti bahwa Internet TV memungkinkan dan memberikan kesempatan bagi pengguna untuk mencatat dan menyimpan channel-channel favorit.
-Internet TV dunia bagaikan berada dalam gengaman, karena dapat mengakses seluruh stasiun TV yang ada di dunia

Bagaimana Cara Kerja Internet TV ?

Pada TV internet, sebelum ditransmisikan melalui internet, gambar harus dikonversi dahulu ke format yang sesuai untuk transfer digital melalui proses yang dikenal sebagai encoding.
Menggunakan software khusus, pengelola TV internet memasukkan file video ke dalam hard drive komputer.

Komponen dalam software yang dikenal sebagai codec mengkonversi video menjadi file digital yang dipecah menjadi paket data dan dikirim melalui koneksi internet.
File digital yang dihasilkan kemudian disimpan pada sebuah server yang terhubung ke internet dan dimasukkan ke dalam halaman web untuk ditonton atau di-download.

Setelah file video digital ada di server, pengguna internet dapat mengakses file untuk ditonton.
Tergantung pada konfigurasi server, pengguna dapat terhubung ke server baik menggunakan web-browser biasa, software TV internet khusus, atau perangkat digital yang terhubung ke televisi standar.

Saat perangkat mengakses file, srver mengkonversi file ke dalam blok kecil data yang dikenal sebagai paket.

Setiap paket diberi label dengan Internet Protocol (IP) komputer pengguna kemudian dikirim melalui internet.

Ketika komputer atau televisi pengguna terhubung ke server dan mulai menerima informasi video, perangkat harus mengembalikan data digital ke dalam bentuk video untuk menampilkannya.
Pertama, perangkat menerima paket data dari server di mana file tersebut berada.

Perangkat kemudian mengubah paket data tersebut menjadi file video digital
Menggunakan codec yang sesuai (mis: Apple Quicktime atau Microsoft Windows Media Player), perangkat mengknversi file media menjadi video elektronik dan mengirimkannya ke monitor untuk kemudian ditonton oleh pemirsa.

Aplikasi internet tv

JLC Internet TV
JLC Internet TV mempunyai database channel yang sangat banyak, lebih dari 20.000 channel. Kekrangan dari aplikasi ini, dari sekian banyak, ada beberapa channel yang tidak dapat ditonton. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyediakan fasilitas rating dan flag. Dengan fasilitas ini, Anda dapat menandai channel mana yang bekerja dengan baik dan mana yang tidak bekerja, sehingga memudahkan Anda memilih channel untuk ditonton pada kesempatan-kesempatan berikutnya.

NamA Kelompok :
Ari Kurniawan (08016042)
Puji Antoro (07016032)
Rangga prima (07016003)
Ahmad Zarkasi (07016045)
Rizki (06016011)

ari kurniawan

Jumlah posting : 4
Join date : 05.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Internet Protocol Television

Post  Tri Susanta on Fri Dec 07, 2012 1:55 pm

Anggota kelompok :
1. M Gufron Asrofi
2. Tri Susanta
3. Widya Isnatul Hasanah
4. Herman Susanto

Internet Protocol Television
Internet Protocol Television atau lebih dikenal dengan IPTV, pada dasarnya memiliki dua komponen utama yakni:
1. Internet Protocol (IP): Protokol ini menghubungkan sumber data dan tujuan. Internet Protokol menghubungkan informasi dan memakai informasi ini dalam sebuah sistem, tapi tak ada pranala langsung antara sumber dan penerima informasi.
2. Television (TV): adalah medium untuk berkomunikasi yang bekerja dengan menyampaikan gambar dan suara. Semua orang tahu TV, tapi di sini lebih dikenal dengan layanan linera dan programming yang diinginkan (on demand).
Sehingga dari dua komponen IPTV dia atas dapat kita ambil sebuah pengertian IP + TV = IPTV, yang berarti medium untuk komunikasi gambar dan suara yang bekerja dengan dan di dalam jaringan IP.
Layanan IPTV bekerja melalui jaringan IP pribadi dan bukan jalur internet publik. Dengan jalur pribadi ini, penyedia layanan IPTV harus menjamin kualitas layanan (quality of service / QoS) untuk pelanggannya. QoS bisa berupa prioritas trafik IP kepada pelanggannya dibanding trafik IP lain (gratis). Dalam jaringan IPTV, sinyal televisi adalah layanan utama. Hasilnya, layanan TV adalah langsung, tak perlu mengunduh (download) untuk layanan isi yang linear ataupun yang diinginkan (on demand).
Model layanan IPTV memberikan isi (content) yang biasa diberikan oleh televisi terestrial (dengan jalur udara/aerial) ataupun berlangganan (dengan jalur kabel/satelit), termasuk tayangan langsung (live, real time). IPTV juga bisa memberikan layanan VOD (video on demand); selain juga layanan unik lain yang membedakannya dari pesaing (VOIP, transaksi online, dan seterusnya).

Beberapa kelebihan feature yang di tawarkan IPTV adalah :
1. IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
2. IPTV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
3. IPTV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
4. IPTV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
5. Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IP/TV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IP/TV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).
Cara Kerja IPTV Decoder yang sudah tertancap di pesawat televisi dihubungkan dengan jalur Internet DSL di rumah-rumah. Alat ini bertanggung jawab menyatukan kembali paket-paket berbasis IP yang diterima dari penyedia siaran IPTV ke dalam bentuk video stream yang koheren, dan men-decode-nya menjadi gambar dan suara.
Tugas tersebut sebenarnya bisa digantikan oleh komputer. Namun, sangat jarang orang meletakkan komputer yang selalu menyala di samping pesawat televisi, bukan? Oleh karena itu, sebuah kotak decoder yang kecil dinilai masih lebih efisien ketimbang memaksa komputer melakukan tugas tersebut.
Sebagian besar video dalam sistem IPTV di-encode dalam format MPEG-2, kendati format H.264 dan Windows Media juga memungkinkan. Video stream ini dipecah menjadi paket-paket berbasis IP, dan dimasukkan ke dalam jaringan milik penyedia siaran IPTV (yang juga perusahaan telekomunkasi) tempat dimana data-data lain (voice dan data) berjejalan.
Lantas, bagaimana memperlakukan data video stream tersebut agar tidak tersendat sampai ke pesawat televisi pemirsa? Penyedia siaran IPTV menerapkan Quality of Service (QoS) yang memprioritaskan data video stream untuk mencegah terjadinya delay, atau terputusnya sinyal siaran IPTV.

Very Happy Smile Laughing

Tri Susanta

Jumlah posting : 3
Join date : 29.11.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk topik IPTV & Internet TV

Post  Admin on Fri Dec 07, 2012 2:18 pm

AWW

Masih kurang 1. Silakan dituliskan segera, agar kelompok calon partner diskusi anda juga punya persiapan. Ditunggu ringkasannya ya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk topik IPTV & Internet TV

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik