Topik QoS, silakan tulis disini

Go down

Topik QoS, silakan tulis disini

Post  Admin on Fri Dec 07, 2012 2:14 pm

AWW

Silakan menuliskan ringkasan individual anda tentang penerapan QoS seperti telah disampaikan di perkuliahan kemarin (6/12). Sekali lagi, ringkasan sesuai gaya penulisan anda sendiri, jangan sekedar memindah isi halaman web saja (seperti biasa, akan langsung saya beri nilai NOL). Nah silakan mulai membuat ringkasannya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Topik QoS, silakan tulis disini

Post  Aulia Sofiansyah on Sun Dec 09, 2012 6:10 pm

QoS bertujuan mememuhi kebutuhan layanan yg berbeda tapi menggunakan infrastruktur yg sama. Cara kerja QoS adalah memperlambat paket penting turun lalu menyisakan ruang untuk mencapai tujuan mereka secepat mungkin. Menuju masalah router, jika router anda mengetahui banyaknya data yg dapat mengantrikan pada modem di waktu tertentu maka dapat membentuk lalu lintas dg menunda paket penting lalu mengisi pipa dengan paket penting pertama, kemudian menggunakan ruang sisa untuk mengisi pipa di urutan penting. QoS tidak bias mempercepat paket, yg dilakukan adalah mengambil hulu total bandwidth dan menghitung berapa banyak data prioritas yg dimiliki, dalam buffer kemudian turun dalam prioritas hingga kehabisan data untuk mengirim atau buffer terisi. Data akan dievaluasi jika setiap data kelebihan menahan (requeued) di garis depan.
Beberapa penyebab QoS yang Buruk
- Redaman : berkurangnya sinyal karena pertamabahan jarak media transmisi.
- Noise : bervariasinya kecepatan propagasi karena perbedaan bandwidth.
- Distrosi : jika terlalu besar noise maka dapat mengubah data asli yang dikirimkan.
cheers

avatar
Aulia Sofiansyah

Jumlah posting : 7
Join date : 29.11.12
Age : 25
Lokasi : Palembang Yogyakarta Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Topik QoS, silakan tulis disini

Post  Admin on Sun Dec 09, 2012 6:48 pm


.... hmm, baru satu. Mana yang lain?
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

QoS

Post  Tri Susanta on Wed Dec 12, 2012 2:20 pm

Quality of Service (QoS) lebih dikenal dalam bahasa indonesia sebagai mutu layanan, merupakan mekanisme jaringan yang memungkinkan aplikasi-aplikasi atau layanan dapat beroperasi sebagaimana mestinya atau sesuai dengan yang diharapkan.
Sedangkan menurut Ferguson & Huston Quality of Service (QoS) merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefinisikan karakteristik dan sifat dari satu servis.
Fungsi dari QoS adalah:
1. Untuk memberikan prioritas untuk aplikasi-aplikasi yang kritis pada jaringan.
2. Untuk memaksimalkan penggunaan investasi jaringan yang ada.
3. Untuk meningkatkan performansi untuk aplikasi-aplikasi yang sensitif terhadap delay, seperti voice dan video.
4. Untuk merespon terhadap adanya perubahan-perubahan pada aliran traffic di jaringan.
Komponen-komponen dari QoS adalah:
a) Delay, merupakan total waktu yang dilalui suatu paket dari pengirim ke penerima melalui sebuah jaringan.
b) Jitter, merupakan variasi delay antar paket yang terjadi pada jaringan berbasis IP.
c) Bandwidth, merupakan kapasitas atau daya tampung kabel Ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dalam jumlah tertentu.
d) Losses, jumlah paket yang hilang saat pengiriman paket data ke tujuan, kualitas terbaik pada jaringan LAN/WAN jika jumlah losses paling kecil (Santosa, 2004).
e) Ping, (Packet Internet Gropher) merupakan salah satu program yang digunakan untuk menguji komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP.



Tri Susanta

Jumlah posting : 3
Join date : 29.11.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

QOS

Post  ari kurniawan on Fri Dec 14, 2012 5:28 am

Pengertian

QoS adalah kemampuan dalam menjamin pengiriman arus data penting atau dengan kata lain kumpulan dari berbagai kriteria performansi yang menentukan tingkat kepuasan penggunaan suatu layanan.

Bagaimana Cara Kerja QOS itu?

QoS bekerja dengan memperlambat paket, atau dalam kasus-kasus ekstrim dlm lalu lintas jaringan, dibuang seluruhnya. Hal ini menyisakan ruang untuk paket untuk mencapai tujuan paket secepat mungkin. sekali router mengetahui berapa banyak data yang dapat mengantrekan pada modem pada waktu tertentu, ia dapat "membentuk" lalu lintas dengan menunda paket penting dan "mengisi pipa" dengan paket penting /PERTAMA, kemudian menggunakan ruang sisa untuk mengisi pipa di urutan pertama. Karena QoS tidak mungkin mempercepat paket, pada dasarnya apa yang dilakukan adalah mengambil hulu total bandwidth yang tersedia, menghitung berapa banyak data prioritas tertinggi, menempatkan dalam buffer, kemudian turun dalam prioritas sampai habis data untuk mengirim.

Pentingnya QoS

alasan mengapa QoS diperlukan, yaitu:

  • Untuk memberikan prioritas untuk aplikasi-aplikasi yang kritis pada jaringan.

  • Untuk memaksimalkan penggunaan investasi jaringan yang sudah ada.

  • Untuk meningkatkan performansi untuk aplikasi-aplikasi yang sensitif terhadap delay, seperti Voice dan Video.

  • Untuk merespon terhadap adanya perubahan-perubahan pada aliran traffic di jaringan.

penyebab-penyebab kualitas dari QOS buruk:

  • Redaman ---> lemah kuatnya sinyal disebabkan pertambahan jarak pada media transmisi.

  • Distorsi ---> perbedaan bandwidth karena berbagai variasi dari kecepatan propagasi.

  • Noise ---> gangguan terlalu besar yg dapat mengubah data asli yang dikirimkan.


ari kurniawan

Jumlah posting : 4
Join date : 05.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

QOS Menurut Sepengetahuanku!!

Post  pujieantoro on Thu Dec 20, 2012 3:04 pm

Quality of Service (QOS) yaitu kemampuan yang di miliki suatu jaringan untuk menyediakan layanan yang lebih bagus pada trafik data tertentu dalam berbagai macam jenis platform teknologi saat ini..
contohnya saja QOS pada jaringan hsdpa, berarti qos di situ bemanfaat untuk menunjukkan kualitas dari layanan jaringan hsdpa tersebut.
nah ini dia parameter-parameter yang menunjukkan bahwa hsdpa perlu di tindak lanjuti agar sesuai dengan QOS.
di antaranya :
1.Accessibility ==> kemampuan agar dapat memiliki layanan data, pada hsdpa di ukur berdasarkan HS accessibility success.
2.Retainability ==> persentase call setup sukses selama hubungan berlangsung (session) sampai disudahi oleh user. di ukur dengan tingkat dropped call/drop data.
3.Integrity ==> Indikatornya adalah throughput. Throughput yaitu kecepatan nyata dari suatu jaringan yang dirasakan oleh penggunahe, dengan kondisi jaringan pada saat itu juaga.
Thank suwon,, Maaf Terlambat!!..

pujieantoro

Jumlah posting : 2
Join date : 19.10.12

Lihat profil user http://pujiantoro.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Topik QoS, silakan tulis disini

Post  widya isnatul hasanah on Thu Dec 27, 2012 11:30 am

Quality of Service (QOS) adalah kemampuan untuk memberikan prioritas yang berbeda untuk berbagai aplikasi, pengguna, atau aliran data, atau untuk menjamin tingkat tertentu kinerja ke aliran data. Misalnya, diperlukan sedikit menilai, keterlambatan, naik opelet, probabilitas dropping paket dan / atau sedikit kesalahan menilai mungkin dilakukan. Menjamin kualitas layanan merupakan hal penting jika kapasitas jaringan yang memadai, terutama untuk aplikasi real-time streaming multimedia seperti VoIP, game online dan IP-TV, karena ini sering memerlukan kecepatan tetap dan peka terhadap penundaan (delay), dan dalam jaringan di mana kapasitas adalah sumber daya terbatas, misalnya dalam komunikasi data selular. Pada jaringan yang tidak terdapat kongesti / tabrakan, mekanisme QoS yang tidak diperlukan.
Sebuah jaringan atau protokol yang mendukung QoS dapat menyetujui kontrak trafik dengan perangkat lunak aplikasi dan kapasitas cadangan di node jaringan, misalnya saat sesi tahap pembentukan. Selama sesi mungkin dicapai memantau tingkat kinerja, misalnya data rate dan keterlambatan, dan secara dinamis mengontrol penjadwalan prioritas dalam jaringan node. Hal itu dapat melepaskan kapisitas yang di reserved dalam fasa tidak dibutuhkan.
Pada jaringan Best Effort atau layanan yang tidak mendukung kualitas layanan. Alternatif mekanisme kontrol QoS yang kompleks adalah untuk menyediakan kualitas komunikasi yang tinggi yang terbaik melalui jaringan Best Effort dengan cara mensupervisi kapasitas jaringan agar cukup untuk beban puncak lalu lintas.

Di bidang telepon, kualitas layanan yang ditetapkan dalam standar ITU X.902 sebagai "Sekumpulan persyaratan mutu pada perilaku kolektif dari satu atau lebih objek."; Kualitas layanan terdiri dari persyaratan pada semua aspek sambungan, seperti layanan Tanggapan waktu, kehilangan, rasio sinyal-ke-kebisingan, cross talk, echo, interrupts, respon frekuensi, tingkat kenyaringan, dan seterusnya. Subset QoS telepon adalah persyaratanGrade of Service (gos), yang terdiri dari aspek yang berkaitan dengan koneksi kapasitas dan jangkauan jaringan, misalnya dijamin maksimum probabilitas blocking dan probabilitas dlm pekerjaan.
QoS kadang-kadang digunakan sebagai ukuran kualitas, dengan banyak alternatif definisi, daripada merujuk kepada kemampuan sumber daya cadangan. Kualitas layanan kadang-kadang merujuk kepada tingkat kualitas pelayanan, yaitu jaminan kualitas layanan. QoS tinggi seringkali tertukar dengan tingkat kinerja tinggi atau pencapaian kualitas layanan, misalnya tinggi bit rate, latency rendah dan kemungkinan kesalahan bit rendah.

Qos Didefifinisikan melalui dua sudut pandang yaitu:
1. Qos berdasarkan pada sudutpandang end user
2. Qos berdasarkan sudut pandang jaringan

Qos dari sudutpandang end user : kualitas dari service yang diberikan oleh network provider untuk service atau aplikasi tertentu
yang di subscribe oleh end user mis voice,video,dan data

Qos dari prespektif network adalah kemapuan network dalam memenuhi kebutuhan Qos end user. dua jenis kemampuan network yang dibutuhkan
untuk menyajikan Qos dalam packet network :
1. untuk menyajian Qos, packet network harus dapat membedakan kelas-kelas dari traffic sehingga end user dapat diberlakuan satu atau lebih
kelas traffic yang membedakan dari yang lain
2. jaringan harus dapat membedakan kelas-kelas traffic, sehingga dapat memisahkan kelas2 dengan menniapkan jaminan akan resource, dan
perbedaan service dalam network.
avatar
widya isnatul hasanah

Jumlah posting : 4
Join date : 18.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Topik QoS, silakan tulis disini

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik