Khusus tugas

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Khusus tugas

Post  Admin on Sat Jun 01, 2013 8:04 am

AWW

Seperti telah saya beritahukan tadi di kelas, silakan cek pada dropbox anda, kemudian lihatlah pada PPT ke-4. Disana cek pada bagian frame, kemudian saya minta anda mengidentifikasi frame yang belum ada dalam desain anda (khusus frame transisi saja). Bilamana belum ada, silakan dibuatkan rancangan tampilannya, untuk dikumpulkan nanti sore maks jam 17. Kalau ada banyak tugas atau perkuliahan lain sehingga tidak bisa mengumpulkan nanti sore, silakan kontak saya, nanti kita re-arrange jadwal pengumpulan. Trims atas perhatiannya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  wira.susanti on Sun Jun 02, 2013 8:37 pm

assalamuallaikum wr.wb

kelas B
nama: wira susanti
NIM : 10006093

nama : Dherina Aisyah S.D
NIM : 10006099

nama : Annisa Rafiqa N.A
NIM : 10006105


Menurut kami karakteristik CAI efektif yang belum ada dalam splash :
 Didasarkan atas tujuan instruksional
– Membantu memperlihatkan topik penting kepada siswa
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak

 Sesuai dengan karakteristik siswa
– Membuat estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

 Memaksimalkan interaksi
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menjaga ketertarikan siswa
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menyediakan beragam umpan balik
– Bila terlihat ada kemajuan, beri umpan balik yang memperlihatkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman
 Sesuai dengan lingkungan instruksional
– Memungkinkan siswa memulai & mengakhiri pelajaran tanpa dibantu guru
 Menggunakan sumberdaya komputer seperlunya
– Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan
– Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya à perancang harus tahu keterbatasan komputer

 Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
– Memotivasi siswa
– Menyampaikan prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
– Menyediakan umpan balik yang sesuai
– Mengevaluasi kinerja siswa & CAI itu sendiri

terimakasih Smile

wasalamuallaikum wr.wb

wira.susanti

Jumlah posting : 4
Join date : 13.03.13
Age : 25
Lokasi : kotagedhe Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  toble on Mon Jun 03, 2013 8:55 am

Assalamuallaikum wr.wb

kelas B
nama: Taufiq Abrari
NIM : 10006069

nama : Arif Manuji
NIM : 10006070

nama : Ari Kurniawan
NIM : 10006087


Menurut kami karakteristik CAI efektif yang belum ada dalam macro media pembelajaran :
l Didasarkan atas tujuan instruksional
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi ini sesuai yang diinginkan dengan SK-KD yang ada

l Sesuai dengan karakteristik siswa
– Belum ada estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

l Memaksimalkan interaksi
– potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik yang ada, belum diketahui minimum spesifikasi yang ada

l Menjaga ketertarikan siswa
– potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik yang ada, belum diketahui minimum spesifikasi yang ada

l Menyediakan beragam umpan balik
– belum ada umpan balik

l Sesuai dengan lingkungan instruksional
– belum mengetahui medan yang akan dihadapi, apakah sudah ada komputer di sekolah yang akan diberikan pembelajaran dengan macro media pembelajaran ini

l Menggunakan sumberdaya komputer seperlunya
– Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan
– Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya sesuai spec yang ada

l Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
– belum ada petunjuk penggunaan
– Belum ada prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
– Belum ada umpan balik yang sesuai


Wasalamuallaikum wr.wb

toble

Jumlah posting : 9
Join date : 09.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  Riana_Satya on Mon Jun 03, 2013 9:18 am

assalamuallaikum wr.wb
tugas kelas B (mengidentifikasi kesesuaani antara Karakteristik CAI Efektif dengan rancangan kami)

nama: Riana Setya Dewi
NIM : 10006077

nama : Rifita Fanurahma Dewi
NIM : 10006094

nama : Ika Nurhayati
NIM : 10006121

Menurut kami, ada beberapa kekurangan atau belum maksimal untuk dikatakan sebagai CAI efektif, yaitu :

a. Memaksimalkan interaksi
- Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon penguna pada topik tertentu

b. Sesuai dengan karakteristik siswa
– Belum ada estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

c. Menyediakan beragam umpan balik
- belum ada umpan balik terhadap output yang dihasilkan
- memperlihatkan respon yang sesuai bila siswa melakukan kesalahan (memberikan penjelasan tentang letak kesalahan yang dilakukan oleh pengguna)

d. Sesuai dengan lingkungan instruksional
- guru harus tetap memberikan bimbingan awal terhadap pengguna
- data hasil belajar belum bisa disimpan CAI agar dapat dijadikan evaluasi selanjutnya

e. Menggunakan sumber daya komputer seperlunya
- Menyederhanakan proses penerjemaah data selama topik disampaikan (karena kami tidak tahu maksudnya dari karakteristik ini seperti apa?)
- Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya -> perancang harus tahu keterbatasan komputer (kami juga sedikit gaptek)

f. Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
- Memberikan tujuan materi atau topik
- Menyampaiakan prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
- mengevaluasi kemajuan siswa secara berkala
- Menyediakan umpan balik yang sesuai
- Mengealuasi CAI itu sendiri

g. Telah dievaluasi secara menyeluruh
- (karena belum dilakukan evaluasi oleh dosen pembimbing maupun asisten Lab.)

Riana_Satya

Jumlah posting : 2
Join date : 16.03.13
Age : 29

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  wira.susanti on Mon Jun 03, 2013 10:00 am

wira.susanti wrote:
assalamuallaikum wr.wb

kelas B
nama: weni wendari
NIM : 10006079

nama : siti rahmawwati
NIM : 10006078

nama : tri laela isnaeni
NIM : 10006082

nama : vera putri I
NIM : 10006119


Menurut kami karakteristik CAI efektif yang belum ada dalam splash :
 Didasarkan atas tujuan instruksional
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi ini sesuai yang diinginkan dengan SK-KD yang ada
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak

 Sesuai dengan karakteristik siswa
– Belum ada estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

 Memaksimalkan interaksi
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menjaga ketertarikan siswa
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menyediakan beragam umpan balik
– belum ada umpan balik
 Sesuai dengan lingkungan instruksional
– belum mengetahui medan yang akan dihadapi, apakah sudah ada komputer di sekolah yang akan diberikan pembelajaran dengan macro media pembelajaran ini

 Menggunakan sumberdaya komputer seperlunya
– Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan
– Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya à perancang harus tahu keterbatasan komputer

 Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
– Memotivasi siswa
– belum ada petunjuk penggunaan
– Belum ada prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
– Belum ada umpan balik yang sesuai


terimakasih Smile

wasalamuallaikum wr.wb

wira.susanti

Jumlah posting : 4
Join date : 13.03.13
Age : 25
Lokasi : kotagedhe Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  toble on Mon Jun 03, 2013 10:01 am

Nama kelompok:
1. FEBI HESTUNING RAHAYU (10006073)
2. LUTFI CHOIRUNNISA (10006110)
3. DENIK DEWANTI (10006114)
Kelas : B

Menurut kami, multimedia pembelajaran yang kami buat masih memiliki kelemahan dantaranya:
1. KARAKTERISTIK CAI EFEKTIF (2)
Memaksimalkan interaksi
Memanfaatkan potensi computer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu.

2. KARAKTERISTIK CAI EFEKTIF (5)
Menyediakan beragam umpan balik
1. Bila terlihat ada kemajuan, beri umpan balik yang memperlihatkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman.
2. Juga dapat memperlihatkan respon yang sesuai bila siswa melakukan kesalahan, dengan tujuan untuk memperlihatkan adanya kesalahan saja.

3. KARAKTERISTIK CAI EFEKTIF (7)

Mengevaluasi kinerja dengan benar/sesuai
1. Memastikan : member pertanyaan yang tepat, dapat diterjemahkan dengan benar, dapat dievaluasi secara tepat.
2. Memberikan : pertanyaan yang tepat & sesuai, pertanyaan dengan arti yang jelas & mudah dipahami.
3. Penilaian atas jawaban secara menyeluruh.
4. Pengertian terhadap ketidakmampuan untuk menjawab, bukannya kelalaian menjawab.

4. KARAKTERISTIK CAI EFEKTIF (9)
Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain intruksional → terdiri atas beberapa fase.
1. Menyediakan umpan balik yang sesuai.
2. Memungkinkan adanya latihan yang sesuai.

Razz bounce

toble

Jumlah posting : 9
Join date : 09.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  wira.susanti on Mon Jun 03, 2013 10:09 am

assalamuallaikum wr.wb

kelas B
nama: weni wendari
NIM : 10006079

nama : siti rahmawwati
NIM : 10006078

nama : tri laela isnaeni
NIM : 10006082

nama : vera putri I
NIM : 10006119


Menurut kami karakteristik CAI efektif yang belum ada dalam splash :
 Didasarkan atas tujuan instruksional
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi ini sesuai yang diinginkan dengan SK-KD yang ada
– Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak

 Sesuai dengan karakteristik siswa
– Belum ada estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

 Memaksimalkan interaksi
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menjaga ketertarikan siswa
– Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu

 Menyediakan beragam umpan balik
– belum ada umpan balik
 Sesuai dengan lingkungan instruksional
– belum mengetahui medan yang akan dihadapi, apakah sudah ada komputer di sekolah yang akan diberikan pembelajaran dengan macro media pembelajaran ini

 Menggunakan sumberdaya komputer seperlunya
– Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan
– Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya à perancang harus tahu keterbatasan komputer

 Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
– Memotivasi siswa
– belum ada petunjuk penggunaan
– Belum ada prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
– Belum ada umpan balik yang sesuai


terimakasih Smile

wasalamuallaikum wr.wb

wira.susanti

Jumlah posting : 4
Join date : 13.03.13
Age : 25
Lokasi : kotagedhe Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  toble on Mon Jun 03, 2013 10:19 am

Assalamualaikum Wr. WB
Tugas kelas B
nama: Eka Galuh Permana
NIM : 10006074

nama : Edy Purnomo
NIM : 10006097

nama : Mahindra Heryanto
NIM : 10006115

Menurut kelompok kami karakteristik CAI efektif yang belum ada dalam macro media pembelajaran :
1. Berdasarkan atas tujuan instruksional
– Guru dapat menentukan apakah materi ini sesuai yang diinginkan dengan SK-KD yang ada pada kelas tertentu

2. Sesuai dengan karakteristik siswa
– Belum ada estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

3.Memaksimalkan interaksi
– potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada SK-KD yang ada, belum diketahui minimum batasan spesifikasi yang ada

4.Menjaga ketertarikan siswa
– menciptakan proses pembelajaran yang menarik dengan media yang sudah ada sesuai dengan keinginan siswa
5. Menyediakan beragam umpan balik
– belum ada umpan balik yang sesuai SK - KD

6.Sesuai dengan lingkungan instruksional
– Guru belum mengetahui medan yang akan dihadapi, apakah media pembelajaran kita sudah tepat atau sesuai karena setiap sekolah belum tentu memiliki fasilitas yang sama

7. Menggunakan sumberdaya komputer seperlunya
-Menyederhanakan proses penerjemaah data selama topik disampaikan (karena kami belum mengerti / memahami karakteristik ?)
- Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya -> perancang harus tahu keterbatasan komputer yang digunakan
8. Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
- Memberikan tujuan materi topik
– Belum ada prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
– Belum terdapat umpan balik yang sesuai
- belum ada contoh mengevaluasi.


Wasalamuallaikum wr.wb

toble

Jumlah posting : 9
Join date : 09.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  toble on Mon Jun 03, 2013 10:20 am

Assalamua'laikum Wr Wb

kelas B

nama anggota
1. Heni Indriawati (10006075)
2. Diah Nuraini Sulistyowati (10006085)
3. Tri Nuri Astuti (10006116)

menurut kelompok kami, karakteristik CAI efektif yang belum terdapat pada macromedia pembelajaran :

* Didasarkan atas tujuan instruksional
- Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak

* Sesuai dengan karakteristik siswa
- Membuat estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

* Sesuai dengan lingkungan instruksional
- Meminimalkan kebutuhan akan peran serta pengajar
- memungkinkan siswa memulai dan mengakhiri pelajaran tanpa dibantu guru

* Mengevaluasi kinerja dengan benar/sesuai
- mengutilisasi kemampuan untuk mengadptasi materi sesuai kebutuhan siswa

* Menggunakan sumber daya komputer seperlunya
- Penggunaan elemen CAI secara efektif
- Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan

* Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional
- Memberitahukan tujuan materi/topik
- Mengevaluasi kemajuan siswa secara berkala


trimakasih

wassalamua'laikumsalam wr wb Very Happy Smile Very Happy Smile Laughing Laughing Laughing

toble

Jumlah posting : 9
Join date : 09.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  imam sugianto on Mon Jun 03, 2013 11:13 am

Assalamualaikum Wr Eb.
Tugas Multimedia Pembelajaran Matematika kelas B.
Nama :
IMAM SUGIANTO (10006101)
HARIYONO (10006092)
SURATIN (10006109)

Karakteristik CAI efektif yang belum ada :
1. Didasarkan atas tujuan instruksional
a) Membantu pembuat menjelaskan aktivitas penjumlahan pada siswa SD.
b) Materi dan contoh pada operasi hitung pada
penjumlahan.
c) contoh – contoh Model operasi hitung pada penjumlahan.
2. Sesuai dengan karakteristik siswa
a) Penggunaan didesain agar mudah di pahami siswa SD kelas 1.
b) Membuat siswa berlatih untuk menghitung cepat.
3. Memaksimalkan interaksi
a) Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi operasi penjumlahan.
4. Terindividualisasi
Rangkaian instruksi dapat disampaikan secara terindividualisasi
5. Menjaga ketertarikan siswa
Dengan menggunakan gambar-gambar, penjumlahan di usahakan semenarik mungkin.

wassalamualikum wr wb. bounce Basketball


Terakhir diubah oleh imam sugianto tanggal Mon Jun 03, 2013 11:39 am, total 2 kali diubah

imam sugianto

Jumlah posting : 2
Join date : 15.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

AWW

Post  anisa rahmania widiani on Mon Jun 03, 2013 11:26 am

KELAS B, Anggota :
1. RetnoIndarwati 10006128
2. RizkiDyah H.A 10006130
3. AnisaRahmania W 10006131
4. RoihatulJannah 10006133
Dari rancangan yang sudah kami buat, adabeberapahal yang menurut kami belummaksimalatausesuaidengankarakteristik CAI. Hal-haltersebutdiantaranya :
 Sesuaidengankarakteristiksiswa
-Membuatestimasitingkatpengetahuandankeahlianpengguna
 Memaksimalkaninteraksi.
-Memanfaatkanpotensikomputeruntukmengevaluasiberagamresponpenggunapadatopiktertentu.
 Menjagaketertarikansiswa
-Tidakdapatmengasuksikanbahwa medium berbasis computer pastimenarik, harusdiusahakansecarakhusus.
 Menyediakanberagamumpanbalik
-Bilaterlihatadakemajuan, beriumpanbalik yang memperlihatkanbahwasiswatelahmemilikipemahaman.
-Jugadapatmemperlihatkanrespon yang sesuaibilasiswamelakukankesalahan, dengantujuanuntukmemperlihatkanadanyakesalahansaja.
 Sesuidenganlingkunganintruksional
-Data hasilbelajardapatdisimpan CAI agar dapatdievaluasipengajarbiladibutuhkan
 Menggunakansumberdaya computer seperlunya
-Penggunaanelemen CAI secaraefektif

WWW

anisa rahmania widiani

Jumlah posting : 4
Join date : 13.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas multimedia pembelajaran

Post  leny merisha on Mon Jun 03, 2013 11:33 am

Kelompok : 1. Tri Wahyuningsih (10006068)
2. Elis Yulianti (10006071)
3. Leny Merisha (10006108)
Karakteristik CAI efektif yang sudah terpenuhi :
1. Didasarkan atas tujuan instruksional :
• Membantu pembuat menjelaskan aktivitas yang diperlukan
• Memfokuskan pada topik yang diperlukan
• Membantu memperlihatkan topik penting kepada siswa
• Menjadi dasar evaluasi
2. Sesuai dengan karakteristik siswa :
• Didesain untuk sub populasi tertentu
• Membuat estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna
3. Memaksimalkan interaksi :
• Memanfaatkan potensi komputer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna pada topik tertentu
4. Terindividualisasi :
• Rangkaian intruksi dapat disampaikan secara terindividualisasi
5. Menjaga ketertarikan siswa :
• Tidak dapat mengasuksikan bahwa medium berbasis komputer pasti menarik, harus diusahakan secara khusus
6. Mendekati siswa secara positif :
• Hindari “menghukum” siswa atau menggunakan kata-kata sarkasme
a. Tipikal CAI yang “aman”
b. Kadangkala tidak perlu memberitahukan mana saja jawaban siswa yang salah, hanya bila perlu saja.
7. Sesuai dengan lingkungan instruksional :
• Meminimalkan kebutuhan akan peran serta pengajar
• Memungkinkan siswa memulai dan mengakhiri pelajaran tanpa dibantu guru
8. Menggunakan sumber daya komputer seperlunya :
• Penggunaan elemen CAI secara efektif
• Menyederhanakan proses penerjemahan data selama topik disampaikan
• Penggunaan kemampuan kalkulasi PC seperlunya → perancang harus tahu keterbatasan komputer
9. Berdasakan pada prinsip-prinsip, desain instruksional → terdiri atas beberapa fase :
• Memotivasi siswa
• Memberitahukan tujuan materi/topik
• Menyampaikan prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
10. Telah dievaluasi secara menyeluruh :
• Dievaluasi dalam berbagai tingkatan :
a. Tampilan luar
b. Relevansi dengan kurikulum

terimakasih Smile

leny merisha

Jumlah posting : 2
Join date : 18.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

AWW

Post  anisa rahmania widiani on Mon Jun 03, 2013 11:36 am

KELAS B, Anggota :
1. Retno Indarwati 10006128
2. Rizki Dyah H.A 10006130
3. Anisa Rahmania W 10006131
4. Roihatul Jannah 10006133


Dari rancangan yang sudah kami buat, ada beberapa hal yang menurut kami belum maksimal atau sesuai dengan karakteristik CAI. Hal-hal tersebut diantaranya :

 Sesuai dengan karakteristik siswa
- Membuat estimasi tingkat pengetahuan dan keahlian pengguna

 Memaksimalkan interaksi.
- Memanfaatkan potensi computer untuk mengevaluasi beragam respon pengguna padat opik tertentu.

 Menjagaketertarikansiswa
- Tidak dapat mengasuksikan bahwa medium berbasis computer pasti menarik, harus diusahakan secara khusus.

 Menyediakan beragam umpan balik
- Bila terlihat ada kemajuan, beriumpan balik yang memperlihatkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman.
- Juga dapat memperlihatkan respon yang sesuai bila siswa melakukan kesalahan, dengan tujuan untuk memperlihatkan adanya kesalahan saja.

 Sesuai dengan lingkungan intruksional
- Data hasil belajar dapat disimpan CAI agar dapat dievaluasi pengajar bila dibutuhkan.

 Menggunakan sumber daya computer seperlunya
- Penggunaan elemen CAI secara efektif.

anisa rahmania widiani

Jumlah posting : 4
Join date : 13.03.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  Admin on Sat Jun 15, 2013 9:42 am

AWW

Folder "Tugas Utama" telah saya buat. Ingat, buatlah folder dengan nama folder yaitu NIM salah satu anggota anda, kemudian masukkan 2 file (*.PPT dan *.EXE) ke dalamnya. Yang akan dicek hanya yang meletakkan file-nya di tempat yang benar sesuai instruksi. Maksimal jam 12 siang nanti untuk pengiriman filenya.

Demikian, trims

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: Khusus tugas

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik