Forum Kuliah UAD
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Untuk penulisan implikasi CAI

+8
Agus Purwanto
Arnita (11006089)
Dea Ukhti Meitasari
Maulida Atsaniatu Rahmah
Citraning Retno
Dewi Ratnasari
fitrofa (11006090)
Admin
12 posters

Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Admin Sat Apr 12, 2014 8:22 am

AWW

Silakan tuliskan apa saja yang akan anda lakukan untuk memenuhi implikasi-implikasi CAI yang dapat anda lakukan pada calon program tugas utama anda disini (10 poin).
Terima kasih

WWW
by TTx
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  fitrofa (11006090) Tue Apr 22, 2014 10:57 am

Nama : fitrofa
Kelas : B
NIM : 11006090
TUGAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
1. CAI & KBM internal
• CAI harus didasarkan atas pertimbangan bahwa pengguna (siswa) hanya akan menghadapi komputer, bukan seperti dalam dunia pengajaran tradisional.
• Menggunakan berbagai properti tampilan untuk memperkaya keluaran yang diterima siswa dalam satu saat.
• Dibuat agar dapat mencapai tujuan instruksional yang spesifik.
• Membantu pembuat menjelaskan aktivitas yang diperlukan
• Memfokuskan pada topik yang diperlukan
• Membantu memperlihatkan topik penting kepada siswa
• Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak
2. Implikasi pada individualisasi
• Terindividualisasi
Rangkaian instruksi dalam CAI dapat disampaikan secara terindividualisasi
• Menjaga ketertarikan siswa
Tidak dapat mengasumsikan bahwa medium berbasis komputer pasti menarik, harus diusahakan secara khusus.

3. Implikasi untuk interaktivitas
• Mendekati siswa secara positif
A. Gaya penyampaian menyerupai penyampaian instruksi tutor kepada siswa dalam sesi 1-on-1
B. Hindari “menghukum” siswa atau menggunakan kata-kata sarkasme
a.) Tipikal CAI yang “aman”
b.) Kadangkala tidak perlu memberitahukan mana saja jawaban siswa yang salah, hanya bila perlu saja.
4. Impikasi lewat umpan-balik
Menyediakan beragam umpan balik
a. Bila terlihat ada kemajuan, beri umpan balik yang memperlihatkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman.
b. Juga dapat memperlihatkan respon yang sesuai bila siswa melakukan kesalahan, dengan tujuan untuk memperlihatkan adanya kesalahan saja
5. Implikasi fungsi instruksional
Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional à terdiri atas beberapa fase
a. Memotivasi siswa
b. Memberitahukan tujuan materi/topik
c. Menyampaikan prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
d. Mengevaluasi kemajuan siswa secara berkala
e. Menyediakan umpan balik yang sesuai
f. Memungkinkan adanya latihan yang sesuai
g. Mengevaluasi kinerja siswa & CAI itu sendiri
6. Implikasi melalui kongruensi
• Bukan memperkenalkan konsep atau materi baru, melainkan memperkuatnya
• Interaksi sebesar mungkin dengan siswa
• Memberitahukan cara yang dapat dipahami siswa untuk merespon tiap latihan
• Memunculkan umpan balik sesuai respon siswa
• Dapat memunculkan perbaikan agar siswa tahu respon yang benar-benar tepat

7. Implikasi pada kendali
Kendali diserahkan kepada komputer
à terkadang melawan prinsip interaksi
Kendali diserahkan kepada pengguna
à dapat memunculkan masalah substantif
Kendali kombinasi
à variabilitas, kendali berdasarkan konteks

8. Implikasi pada monitoring
Motivasi
a. CAI bagi sebagian pengguna (nampak) menarik
b. Terkadang merasa lebih “aman” belajar lewat komputer daripada bersama pengajar
c. Dapat memberikan visualisasi yang lebih baik
d. Memunculkan ketertarikan pada teknolog komputer
e. Rasa senang yang diberikan sistem berbasis komputer membuatnya menjadi lebih tertarik
9. Implikasi lewat evaluasi
Mengevaluasi kinerja dengan benar/sesuai
a. Mengutilisasi kemampuan untuk mengadaptasi materi sesuai kebutuhan siswa
b. Memastikan: memberi pertanyaan yang tepat, dapat diterjemahkan dengan benar, dapat dievaluasi secara tepat
c. Memberikan: pertanyaan yang tepat & sesuai, pertanyaan dengan arti yang jelas & mudah dipahami
d. Penilaian atas jawaban secara menyeluruh
e. Pengertian terhadap ketidak mampuan untuk menjawab, bukannya kelalaian menjawab
evaluasi secara menyeluruh
f. Dievaluasi dalam berbagai tingkatan:
i. Kualitas instruksional
ii. Pertimbangan-perimtbangan yang afektif
iii. Tampilan luar
iv. Relevansi dengan kurikulum
v. Akurasi dari program
g. Memastikan bahwa CAI tersebut dapat menerima materi instruksional yang diperlukan
10. Implikasi pada perancangan
• CAI à pembawa pesan instruksional
• CAI dapat menjadi baik/buruk è tergantung pada pengalaman pembuat & perhatian pada tujuan pembuatannya
• Peran perancang menjadi penting à rancangan CAI yang bagus akan memunculkan kekuatan dari medium yang dipilih dan meminimalkan kelemahannya
11. Implikasi pada media tambahan
Menggunakan media tambahan seperlunya
a. Dapat menambahkan ringkasan/catatan komprehensif
b. Juga memberikan petunjuk singkat & jelas untuk setiap prosedur penggunaan program terutama untuk melanjutkan pekerjaan-pekerjaan spesifik









fitrofa (11006090)

Jumlah posting : 6
Join date : 08.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re : Untuk Penulisan Implikasi CAI

Post  Dewi Ratnasari Tue Apr 22, 2014 1:14 pm

NAMA : DEWI RATNASARI
NIM : 11006125
KELAS : B

Materi : Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Disini saya akan mengambil materi SPLDV dalam penerapan implikasi CAI.
1. IMPLIKASI UNTUK INDIVIDUALISASI
Dalam implikasi untuk individualisasi akan saya terapkan pada "Petunjuk Penggunaan (Cover)" yang dapat membantu KBM dengan meningkatkan minat atau ketertarikan dan menggunakan pengalaman sebelumnya sebagai dasar konseptual untuk menerima informasi baru dari materi yang disampaikan. Petunjuk Penggunaan (Cover) akan saya buat semenarik mungkin sehingga menarik minat siswa untuk membuka materi selanjutnya.
Dalam implikasi untuk individualisasi siswa diminta untuk mengisi identitas setelah itu siwa dapat melanjutkan petunjuk selanjutnya secara efektif.
2. IMPLIKASI UNTUK INTERAKTIVITAS
Dalam implikasi untuk interaktivitas akan saya terapakan pada "Materi Pengertian Sisitem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)" yang membuat sesi materi CAI menjadi interaktif (membuat siswa merasa "terlibat"). Interaksi yang terjadi yaitu memastikan bahwa pesan yang diberikan dapat diterima dan membantu memastikan kesuksesan dalam menangkap materi. Materi harus jelas dan mudah dipahami.
3. IMPLIKASI LEWAT UMPAN BALIK
Dalam implikasi lewat umpan balik akan saya terapkan pada "Latihan & Contoh Soal".
Dalam latihan & contohb soal disini disediakan umpan balik secepatnya, memberikan umpan balik yang menyebutkan apakah jawaban dari siswa adalah benar/salah dan memberikan umpan balik yang menerangkan mengapa jawaban dari siswa adalah benar/salah. Jadi harus dilengkapi dengan kunci jawaban yang dapat membantu siswa dalam menyelesaikan latihan & contoh soal yang telah disediakan.
Umpan balik yang diberikan harus jelas dan mudah dipahami dan semenarik mungkin.
4. IMPLIKASI FUNGSI INSTRUKSIONAL
Dalam implikasi fungsi instruksional akan saya terapakan pada "Simulasi".
Dalam simulasi akan memungkinkan adanya latihan yang sesuai ,mengevaluasi kinerja siswa & CAI itu sendiri.
5. IMPLIKASI MELALUI KONGRUENSI
Dalam implikasi melalui kongruensi akan saya terapkan pada "Soal Essay serta Memberikan Konsep/Materi Baru".
Dalam soal essay harus diperhatikan kesesuaian cara penyampaian dengan materi yang disajikan, menuliskan langkah - langkah yang dibutuhkan.
Soal - soal essay harus obyektif dan mempertimbangkan jawaban siswa layaknya pengajar profesional.
6. IMPLIKASI PADA KENDALI
Dalam implikasi pada kendali akan saya terapkan pada "Lembar Kerja Siswa (LKS)".
memungkinkan sejumlah kemampuan kendali penyampaian materi oleh siswa.
-memastikan integritas instruksional
-mencoba memasukan karakteristik - karakteristik yaitu mengawasi kemajuan belajar siswa dalam memahami materi SPLDV dan memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu serta menyediakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaiakan LKS tersebut.
7. IMPLIKASI PADA MONITORING
Dalam implikasi pada monitoring akan saya terapkan pada "Latihan".
Latihan yang diterapakan lebih kepada perhitungan dan mengevaluasi pertimbangan-pertimbangan yang bersifat afektif.
Tidak memberikan ancaman atau rasa malu bila siswa melakukan kesalahan. Memunculkan animasi menarik yang dapat memberikan semangat kepada siswa bila siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan latihan soal SPLDV.
8. IMPLIKASI LEWAT EVALUASI
Pada implikasi ini semua materi yang telah disampaikan kemudian dievalusi dengan menguasai setiap hal yang telah ditampilkan, seperti menampilkan kembali sekilas tentang materi, contoh soal, dan latihan sehingga dapat mengingatkan kembali siswa pada materi SPLDV yang disampaikan.
9. IMPLIKASI PADA PERANCANGAN
Dalam implikasi pada perancangan akan saya terapkan pada penjelasan dari contoh - contoh soal. Menggunakan bahasa yang bermakna langsung, bukan yang berbelit-belit serta menggunakan beragam cara untuk menggaris bawahi informasi - informasi penting.
10. IMPLIKASI PADA MEDIA TAMBAHAN
Dalam implikasi pada media tambahan akan saya terapkan "Video".
Video berisi tentang contoh atau masalah tentang SPLDV dalam kehidupan sehari - hari yang akan memberikan pemahaman siswa dari materi SPLDV.

Dewi Ratnasari

Jumlah posting : 7
Join date : 08.03.14
Age : 30
Lokasi : yogyakarta

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re : Untuk Penulisan Implikasi CAI

Post  Citraning Retno Tue Apr 22, 2014 1:50 pm

NAMA : CITRANING RETNO
KELAS : B
NIM : 11006131

materi tentang PERBANDINGAN

1. Implikasi pada Individualisasi
Dalam implikasi ini pertama saya akan membuat tentang petunjuk cover dan petunjuk tentang langkah selanjutnya dengan mengetikkan sebuah ID bebas yang telah disediakan. petunjuk pada cover saya akan gunakan aplikasi dan gambar semenarik mungkin agar siswa tertarik dengan materi yang ada selanjutnya, sehingga dapat membantu KBM pembelajaran agar dapat meningjkatkan belajar siswa.
2. Implikasi pada interaktivitas
Dalam implikasi ini saya mengambil materi tentang perbandingan. Iterasi memungkinkan perbaikan respon yang tidak tepat, dengan cara menampilkan pembelajaran yang berbeda seperti adanya animasi atau dengan aplikasi-aplikasi diharapkan siswa lebih memehami materi yang disamapikan. sehingga dapat siswa dalam memperbaiki respon yang sebelumnya tidak tepat dengan pembelajaran yang "fresh" siswa akan menjadi lebih jelas dan baik.
3. Implikasi lewat umpan balik
Pada implikasi lewat umpan balik disini saya akan memberikan contoh-contoh soal dan latihan yanhg berkaitan dengan materi perbandingan. soal latihan diberikan penerapan cara pembahasan soal dengan penjelasan-penjelasan yang mudah dipahami.
4. Implikasi pada fungsi instruksional
Implikasi ini untuk lebih memahamkan siswa dalam memahami materi, disini saya memberikan simulasi-simulasi melalui contoh soal dengan aplikasi-aplikasi dalam kehidupan sehari-hari agar siswa lebih memahami materi dari materi yang telah dikuasai sebelumnya yang bertujuan dapat memotivasi siswa dan melalui penggunakaan komputer sesuai dengan kemampuan materi perbandingan dan kinerja siswa.
5. Implikasi kongruensi
Pada implikasi setelah siswa mampu dan dapat memahami implikasi sebelumnya. pada implikasi kongruensi dalam memahmi materi selanjutnya seperti diberikan soal-soal essay yang lebih objektif menyangkut item-item materi perbandingan yang dapat dicermati siswa dan dapat mempertimbangkan jawaban siswa layaknya pengajar berpengalaman.
6. Implikasi pada kendali
Pada implikasi ini, setelah siswa dirasa mampu memahami implikasi sebelumnya dapat dilanjutkan dengan memfasilitasi kemudahan siswa dalam mrngakses materi, seperti siswa lebih dapat menyampaikan materi berikutnya/ dapat mengulang materi tertentu dengan perkiraan waktu yang dibatasi.
7. Implikasi pad monitoring
Dengan implikasi ini siswa diberikan latihan atau umpan balik dengan cara siswa untuk mencoba sendiri tentang soal yang diberikan melalui komputer guru. sehingga siswa dapat mempunyai rasa ketertarikan belajar melalui komputer.
8. Implikasi lewat evaluasi
Pada implikasi ini semua materi perbandingan yang telah disampaikan kemudian dievaluasi dengan menguji setiap hal yang disampaikan, seperti menampilakan kembali sekilas tentang materi, contoh soal, latihan-latihan sehingga dapat mengingatkan siswa pada materi yang disampaikan.
9. Implikasi pada perancangan
Pada implikasi ini, apakah penggunakan tata bahasa, aplikasi" sudah tepat dan sesuai dengan materi yang disampaikan. dan apakah sudah efektif dan sesuai dengan CAI.
10. Implikasi pada media tambahan
Dalam implikasi ini, dapat menggunakna media tambahan seperti video, atau foto-foto yang nyata dengan diselipkan dibagian-bagian materi perbandingan tertentu.

Citraning Retno

Jumlah posting : 6
Join date : 08.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re : Untuk Penulisan Implikasi CAI

Post  Maulida Atsaniatu Rahmah Tue Apr 22, 2014 4:13 pm

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Nama : Maulida Atsaniatu Rahmah
NIM : 11006099
Kelas : B

Penerapan 10 Implikasi pada materi "Teorema Pythagoras"

1.Implikasi Pada Individualisasi
Implikasi ini dapat diterapkan untuk membuat tampilan pada CAI menjadi semenarik mungkin sehingga dapat menarik perhatian siswa. Misalnya
sebelum siswa memasuki materi yang akan dibahas pada CAI tsb dalam hal ini tentang "Teorema Pythagoras" tersedia langkah - langkah (petunjuk)
penggunaan selanjutnya siswa perlu mengisikan identitas diri terlebih dahulu jika tidak maka siswa tidak dapat melanjutkan ketahap berikutnya. Poin -
poin tersebut dibuat dengan disertai animasi - animasi yang dapat menarik minat belajar siswa.
2.Implikasi Pada Interaktivitas
Implikasi ini dapat diterapkan pada pembahasan materi tentang "Teorema Pythagoras", dalam penerapannya materi dibuat seinteraktif
mungkin, seringkas dan sejelas - jelasnya akan lebih baik jika disertai gambar - gambar yang dapat mewakili penjelasan materi tersebut sehingga
siswa akan lebih mudah memahami materi yang sedang dibahas dan siswa tidak akan mudah bosan hal ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.
Dan diharapkan siswa dapat ikut aktif dalam menjawab / memberikan respon terhadap soal - soal latihan yang tersedia.
3.Implikasi Lewat Umpan Balik
Implikasi ini akan kita terapkan dalam bagian Simulasi, Latihan Soal, maupun Contoh Soal. Ketika siswa memberikan respon berupa jawaban pada soal
- soal yang tersedia maka umpan balik (tanggapan) terhadap jawaban siswa juga harus tersedia secepat mungkin sehingga siswa dapat mengetahui
benar / salah jawaban yang telah mereka isikan. Umpan balik tidak hanya berupa keterangan benar atau salah saja namun diberikan juga penjelasan
/ pembahasan jawaban soal tersebut agar siswa juga dapat mengetahui dibagian mana cara menjawab mereka yang salah atau sudah sesuaikah
cara / konsep yang mereka gunakan untuk menjawab soal tersebut.
4. Implikasi Pada Fungsi Instruksional
Implikasi ini diterapkan untuk memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi sesuai dengan langkah - langkah (petunjuk) awal. Dalam hal ini
dapat dilakukan dengan memberikan simulasi, latihan, maupun contoh soal, hal ini dapat membantu kita untuk mengetahui seberapa jauh siswa telah
memahami materi " Teorema Pythagoras" yang telah dibahas sebelumnya. karena sebelum melangkah pada bagian simulasi, latihan maupun contoh
soal siswa haruslah mengusai materi terlebih dahulu.
5.Implikasi Kongruensi
Implikasi ini diterapkan untuk memastikan adanya kesesuaian antara materi, simulasi, latihan dan contoh soal. Urutan - urutan dalam pembelajaran
menggunakan CAI ini juga harus jelas sehingga perlu adanya petunjuk (langkah - langkah) pembelajaran dengan begitu dapat meminimalisir
ketidakpahaman siswa terhadap materi maupun contoh soal dan latihan yang tersedia.
6.Implikasi Pada Kendali
Implikasi ini dapat diterapkan untuk memudahkan siswa mempelajari kembali materi - materi yang telah mereka pelajari terkait "Teorema Pythagoras".
diberikan ruang (waktu) bagi siswa untuk dapat menyelesaikan soal - soal yang tersedia, sehingga seberapa jauh kemajuan belajar siswa dapat kita
ketahui.
7.Implikasi Pada Monitoring
Implikasi ini dapat diterapkan untuk memonitori / mengevaluasi aktivitas belajar siswa dengan CAI tsb, misalnya kita dapat memberikan space bagi
siswa untuk mencoba menjawab soal - soal yang tersedia kemudian kita berikan umpan balik terhadap jawaban - jawaban yang telah ditulis oleh
siswa. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk memonitori sejauh mana siswa telah menguasai materi "Teorema Pythagoras" tsb.
8.Implikasi Lewat Evaluasi
Implikasi ini dapat diterapkan dengan sering mengevaluasi CAI didasarkan pada kesesuaian pada tampilan, kurikulum dan pemrogramannya. Hali ini
dapat dilakukan dengan uji CAI secara langsung kepada siswa apakah materi, latihan, contoh soal, maupun simulasi yang diberikan sudah efektif
untuk pembelajaran atau belum.
9.Implikasi Pada Perancangan
Implikasi ini diterapkan untuk merancang CAI seefktif mungkin. Dalam hal Pembahasan materi dirancang seringkas dan sejelas mungkin, bahasa yang
digunakan adalah bahasa yang mudah difahami oleh siswa dan tidak menimbulkan penafsiran ganda, instruksi - instruksi (Langkah - langkah
pembelajaran) yang tersedia harus jelas sehingga siswa dapat menggunakan CAI tersebut secara efektif.
10.Implikasi Pada Media Tambahan
Implikasi ini dapat diterapkan dengan memberikan vidio terkait contoh masalah - masalah dunia nyata yang berhubungan dengan materi " Teorema
Pythagoras" misalnya disertakan gambar sebuah ruangan yang berbentuk bangun ruang (kubus) yang akan dicari volumenya hal ini perhitungannya
menggunakan pendekatan teorema pythagoras. Tidak lupa Vidio tersebut disertai dengan petunjuk penggunaan atau penyelesaian masalahnya.

Terimakasih,
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Maulida Atsaniatu Rahmah

Jumlah posting : 7
Join date : 02.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re : Untuk Penulisan Implikasi CAI

Post  Dea Ukhti Meitasari Tue Apr 22, 2014 4:50 pm

Assalamualikum Wr.Wb

Nama : Dea ukhti meitasari
Nim : 11006136
Kelas : B

Penerapan 10 implikasi pada materi perkalian dan sifat-sifatnya

1. Implikasi pada individulisasi
Dalam implikasi ini saya akan menerapkan CAI semaksimal dan semenarik mungkin, dimana dalam meningkatkan ketertarikan saya menggunakan video. Sbelum memulai ke materi inti saya akan menampilkan video yang terkait materi sebelumnya agar siswa menggunakan ingatannya sebagai dasar konseptual untuk menerima informasi baru. Setelah itu siswa diperkenalkan pada materi inti dengan menerapkan CAI semaksimal dan semenarik mungkin supaya minat siswa untuk memmahami pelajaran dapat berjalan dengan lebih baik.

2. Implikasi untuk Interaktivitas
Dalam membuat sesi materi CAI menjadi interaktif saya akan menggunakan cara dimana pada saat menerapkan CAI tersebut siswa akan ikut terlibat, contohnya pada asaat penayangan video siswa diminta memperhatikan video dimana pada video tersebut sudah dirancang sesuatu yang membuat timbulnya pertanyaan pada siswa disinilah proses interaktivitas terjadi.

3. Implikasi lewat umpan balik
Dalam menggunakan umpan balik secara efektif saya akan menerapkan CAI dalam contoh soal dimana pada CAI tersebut ada pertanyaan dan siswa harus menjawabnya setelah itu dikoreksi serta diberikan pembahasannya sehuingga siswa bisa mengerti apakah jawaban mereka itu benar atau salah

4. Implikasi fungsi instruksional
Dlam implikasi fungsi instruksional saya akan memastikan keberhasilan siswa dalam materi perkalian dan sifat-sifatnya dengan memberikan latihan-latihan soal dan memeastikan bahwa prasyarat-prasyarat telah dikuasai siswa sebelumnya.

5. Implikasi melalui kongruensi
Pada implikasi kongruensi ini saya akan memastikan bahwa siswa telah benar-benar menguasai materi perkalian dan sifat-sifatnya, dengan adanya:
- Kesesuain penyampain materi perkalian dan sifat-sifatnya
- memberikan latihan essay supaya lebih obyektif
- memastikan konsentrasi bentuk materi dan mempertimbangkan jawaban siswa seperti layaknya pengajar berpengalaman
dengan demikian akan menjadi efektif dan menggurangi ketidak pahaman pada siswa.

6. Implikasi kendali
Pada implikasi ini memungkinkan sejumlah kemampuan kendali penyampaian materi oleh siswa dengan cara :
- memberi contoh soal kemudian diberi latihan-latihan soal
- memnguasai kemajuan belajar siswa sehingga siswa mengerti seberapa jauh kemampuan yang telah dimiliki

7. Implikasi pada monitoring
Pada implikasi ini siswa dapat menghitung, memonitor, dan mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dengan cara :
- memiliki cara tersendiri dalam menyelesaikan soal, tetapi jika jawaban tersebut salah guru tidak akan memberikan ancaman dan rasa malu
- dapat memberi kesan pada siswa bahwa telah belajar dan semakin baik

8. Implikasi lewat evaluasi
Dalam implikasi evaluasi ini materi CAI dievaluasi untuk memastikan efektifitas instruksi, dengan cara :
- memberi latihan soal perindividual setelah itu memberi soal dalam kelompok kecil
- memberi soal uji sebenarnya
sehingga dengan demikian guru dan siswa mengetahui apakah cara demikian telah efektif

9. Implikasi pada perancangan
Pada implikasi perancanangan ini CAI dibuat semenarik mungkin sehingga siswa bisa lebih mudah memahami materi yang diberikan sehingga CAI dapat berjalan dengan efektif.

10. Implikasi pada media tambahan
Dalam implikasi media tambahan ini saya akan menambahkan video. Dimana contoh dalam video tersebut akan mempermudah siswa dalam memahami materi perkalian dan sifat-sifatnya dengan demikian materi dapat dipahami dengan baik

Terimakasih  Smile 

Wallaikumsalam Wr.Wb

Dea Ukhti Meitasari

Jumlah posting : 5
Join date : 11.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Tugas

Post  Arnita (11006089) Tue Apr 22, 2014 5:08 pm

Assalamu'alaikum Wr.Wb

Nama : Arnita
NIM : 11006089
Kelas : B


Yang harus dilakukan untuk memenuhi setiap implikasi: untuk materi tentang Perkalian Bilangan Bulat menggunakan CAI.

1. Implikasi pada individualisai
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi pada individualisasi adalah pertama saya akan lakukan membuat bagaimana siswa terasa lebih nyaman ketika memulai materi dan sesuai dengan karaktekter siswa tersebut. Membuat pembukaan semenarik mungkin dan dapat menyentuh gaya belajar siswa tersebut.

2. Implikasi untuk interaktivitas
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi untuk interaktivitas adalah menjelaskan materi tentang perkalian bilangan bulat secara interaktif agar siswa terlibat dalam pelajaran tersebut.

3. Impikasi lewat umpan-balik
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi umpan balik adalah Dalam proses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa. umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

4. Implikasi fungsi instruksional
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi fungsi instruksional adalah Memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi Perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui siswa yang sudah menguasai pelajaran,maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menarik siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang di berikan.

5. Implikasi melalui kongruensi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi melalui kongruensi adalah Memastikan konsistensi bentuk materi perkalian bilangan bulat untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk berusaha memahami format penyampaian materi . menuliskan langkah-langkah bagaimana cara menyelsesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat.




6. Implikasi pada kendali
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada kendali adalah Mengawasi kemajuan belajar & memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu. Karena setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswa membuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.
7. Implikasi pada monitoring
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada monitoring adalah mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dalam keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya. Dan berikan latihan agar siswa lebih memahami materi perkalian ilangan bulat.

8. Implikasi lewat evaluasi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi lewat evaluasi adalah Materi perkalian bilangan bulat dievaluasi untuk memastikan efektivitas instruksi siswa dengan cara uji one to one atau kelompok kecil agar siswa dapat mengingat kembali materi yang disampaikan. Sehingga dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi perkalian bilangan bulat.

9. Implikasi pada perancangan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada perancangan adalah Materi perkalian bilangan bulat yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Seperti menggunakan sebuah media gambar yang mudah di pahami oleh siswa dan menarik hati siswa. Kemudian di buat semanrik mungkin dan diberi suara sesuai gambar.

10. Implikasi pada media tambahan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada media tambahan adalah dengan foto-foto yang sesuai dengan materi perkalian bilangan bulat agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran.


Terimakasih,
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Arnita (11006089)

Jumlah posting : 4
Join date : 11.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Agus Purwanto Tue Apr 22, 2014 10:31 pm

Nama : Agus Purwanto
NIM : 11006138
Kelas : B

Tentang Perkalian Bilangan Bulat menggunakan CAI.

1. Implikasi pada individualisai
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi pada individualisasi adalah membuat bagaimana siswa terasa lebih nyaman ketika memulai materi dan sesuai dengan karaktekter siswa tersebut. Membuat pembukaan semenarik mungkin dan dapat menyentuh gaya belajar siswa.

2. Implikasi untuk interaktivitas
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi untuk interaktivitas adalah menjelaskan materi tentang perkalian bilangan bulat secara interaktif agar siswa terlibat dalam pelajaran tersebut.

3. Impikasi lewat umpan-balik
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi umpan balik adalah dalam proses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa. Umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

4. Implikasi fungsi instruksional
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi fungsi instruksional adalah Memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi Perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui siswa yang sudah menguasai pelajaran, maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menarik siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.

5. Implikasi melalui kongruensi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi melalui kongruensi adalah Memastikan konsistensi bentuk materi perkalian bilangan bulat untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk berusaha memahami format penyampaian materi . Menuliskan langkah-langkah bagaimana cara menyelsesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat.

6. Implikasi pada kendali
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada kendali adalah Mengawasi kemajuan belajar & memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu. Karena setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswa membuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.

7. Implikasi pada monitoring
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada monitoring adalah mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dalam keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya. Dan berikan latihan agar siswa lebih memahami materi perkalian ilangan bulat.

8. Implikasi lewat evaluasi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi lewat evaluasi adalah Materi perkalian bilangan bulat dievaluasi untuk memastikan efektivitas instruksi siswa dengan cara uji one to one atau kelompok kecil agar siswa dapat mengingat kembali materi yang disampaikan. Sehingga dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi perkalian bilangan bulat.

9. Implikasi pada perancangan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada perancangan adalah Materi perkalian bilangan bulat yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Seperti menggunakan sebuah media gambar yang mudah di pahami oleh siswa dan menarik hati siswa. Kemudian di buat semanrik mungkin dan diberi suara sesuai gambar.

10. Implikasi pada media tambahan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada media tambahan adalah dengan foto-foto yang sesuai dengan materi perkalian bilangan bulat agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

Agus Purwanto

Jumlah posting : 13
Join date : 16.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Agus Purwanto Tue Apr 22, 2014 10:35 pm

Nama : Didik Tri Kodiyono
NIM : 11006079
Kelas : B

Materi tentang Perkalian Bilangan Bulat menggunakan CAI.

1. Implikasi pada individualisai
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi pada individualisasi adalah pertama saya akan lakukan membuat bagaimana siswa terasa lebih nyaman ketika memulai materi dan sesuai dengan karaktekter siswa tersebut. Membuat pembukaan semenarik mungkin dan dapat menyentuh gaya belajar siswa tersebut.

2. Implikasi untuk interaktivitas
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi untuk interaktivitas adalah menjelaskan materi tentang perkalian bilangan bulat secara interaktif agar siswa terlibat dalam pelajaran tersebut.

3. Impikasi lewat umpan-balik
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi umpan balik adalah Dalam proses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa. umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

4. Implikasi fungsi instruksional
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi fungsi instruksional adalah Memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi Perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui siswa yang sudah menguasai pelajaran,maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menarik siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang di berikan.

5. Implikasi melalui kongruensi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi melalui kongruensi adalah Memastikan konsistensi bentuk materi perkalian bilangan bulat untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk berusaha memahami format penyampaian materi . menuliskan langkah-langkah bagaimana cara menyelsesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat.




6. Implikasi pada kendali
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada kendali adalah Mengawasi kemajuan belajar & memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu. Karena setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswa membuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.
7. Implikasi pada monitoring
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada monitoring adalah mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dalam keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya. Dan berikan latihan agar siswa lebih memahami materi perkalian ilangan bulat.

8. Implikasi lewat evaluasi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi lewat evaluasi adalah Materi perkalian bilangan bulat dievaluasi untuk memastikan efektivitas instruksi siswa dengan cara uji one to one atau kelompok kecil agar siswa dapat mengingat kembali materi yang disampaikan. Sehingga dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi perkalian bilangan bulat.

9. Implikasi pada perancangan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada perancangan adalah Materi perkalian bilangan bulat yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Seperti menggunakan sebuah media gambar yang mudah di pahami oleh siswa dan menarik hati siswa. Kemudian di buat semanrik mungkin dan diberi suara sesuai gambar.

10. Implikasi pada media tambahan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada media tambahan adalah dengan foto-foto yang sesuai dengan materi perkalian bilangan bulat agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

Agus Purwanto

Jumlah posting : 13
Join date : 16.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Agus Purwanto Tue Apr 22, 2014 10:38 pm

Nama : Fauzan Adi Saputra
NIM : 11006080
Kelas : B

Materi tentang Perkalian Bilangan Bulat menggunakan CAI.

1. Implikasi pada individualisai
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi pada individualisasi adalah pertama saya akan lakukan membuat bagaimana siswa terasa lebih nyaman ketika memulai materi dan sesuai dengan karaktekter siswa tersebut. Membuat pembukaan semenarik mungkin dan dapat menyentuh gaya belajar siswa tersebut.

2. Implikasi untuk interaktivitas
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi untuk interaktivitas adalah menjelaskan materi tentang perkalian bilangan bulat secara interaktif agar siswa terlibat dalam pelajaran tersebut.

3. Impikasi lewat umpan-balik
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi umpan balik adalah Dalam proses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa. umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

4. Implikasi fungsi instruksional
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi fungsi instruksional adalah Memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi Perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui siswa yang sudah menguasai pelajaran,maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menarik siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran yang di berikan.

5. Implikasi melalui kongruensi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi melalui kongruensi adalah Memastikan konsistensi bentuk materi perkalian bilangan bulat untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk berusaha memahami format penyampaian materi . menuliskan langkah-langkah bagaimana cara menyelsesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat.




6. Implikasi pada kendali
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada kendali adalah Mengawasi kemajuan belajar & memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu. Karena setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswa membuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.
7. Implikasi pada monitoring
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada monitoring adalah mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dalam keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya. Dan berikan latihan agar siswa lebih memahami materi perkalian ilangan bulat.

8. Implikasi lewat evaluasi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi lewat evaluasi adalah Materi perkalian bilangan bulat dievaluasi untuk memastikan efektivitas instruksi siswa dengan cara uji one to one atau kelompok kecil agar siswa dapat mengingat kembali materi yang disampaikan. Sehingga dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi perkalian bilangan bulat.

9. Implikasi pada perancangan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada perancangan adalah Materi perkalian bilangan bulat yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Seperti menggunakan sebuah media gambar yang mudah di pahami oleh siswa dan menarik hati siswa. Kemudian di buat semanrik mungkin dan diberi suara sesuai gambar.

10. Implikasi pada media tambahan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada media tambahan adalah dengan foto-foto yang sesuai dengan materi perkalian bilangan bulat agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

Agus Purwanto

Jumlah posting : 13
Join date : 16.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Tugas Multimedia

Post  satria Tue Apr 22, 2014 10:56 pm

Dalam Merancang CAI perlu memperhatikan implikasi pada Desain diantaranya:
1. kaitan CAI dan KBM Internal
2. Implikasi Pada Individualisasi
3. Implikasi untuk interaktivitas
3. Implikasi lewat Umpan Balik
4. Implikasi fungsi Instruksional
5. Implikasi melalui Kongruensi
6. Implikasi Pada Kendali
7. Implikasi pada mentoring
8. Implikasi lewat mentoring
9. Implikasi lewat evaluasi
10.Implikasi pada perencanaan
11.Implikasi pada media tambahan

satria

Jumlah posting : 2
Join date : 09.03.14
Age : 34

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty alfi nur shoimah (11006170)

Post  alfi Wed Apr 23, 2014 12:03 am


Nama : Alfi Nur Shoimah
NIM : 11006170
Kelas : B

Tentang Perkalian Bilangan Bulat menggunakan CAI.

1. Implikasi pada individualisai
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi pada individualisasi adalah membuat bagaimana siswa terasa lebih nyaman ketika memulai materi dan sesuai dengan karaktekter siswa tersebut. Membuat pembukaan semenarik mungkin dan dapat menyentuh gaya belajar siswa.

2. Implikasi untuk interaktivitas
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi untuk interaktivitas adalah menjelaskan materi tentang perkalian bilangan bulat secara interaktif agar siswa terlibat dalam pelajaran tersebut.

3. Impikasi lewat umpan-balik
Yang harus dilakukan untuk memenuhi implikasi umpan balik adalah dalam proses belajar mengajar siswa, tidak semua pertanyaan dijawab siswa dengan benar. Kemungkinan umpan balik setiap respon diberikan kepada siswa. Umpan balik yang diberikan kepada siswa harus jelas dan mengarah yang dapat memberikan motivasi belajar siswa.

4. Implikasi fungsi instruksional
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi fungsi instruksional adalah Memastikan keberhasilan siswa dalam menerima materi Perkalian bilangan bulat dan untuk mengetahui siswa yang sudah menguasai pelajaran, maka di akhir pembelajaran wajib di berikan pelajaran dalam bentuk permainan yang dapat menarik siswa untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam menerima pelajaran.

5. Implikasi melalui kongruensi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi melalui kongruensi adalah Memastikan konsistensi bentuk materi perkalian bilangan bulat untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk berusaha memahami format penyampaian materi . Menuliskan langkah-langkah bagaimana cara menyelsesaikan soal-soal perkalian bilangan bulat.

6. Implikasi pada kendali
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada kendali adalah Mengawasi kemajuan belajar & memungkinkan siswa menyambung penyampaian materi atau mengulang bagian tertentu. Karena setiap individu pada siswa memiliki kemampuan yang berbeda- beda dalam menerima pelajaran. Untuk itu siswa harus dapat dihitung berapa kali siswa membuka aplikasi yang telah di berikan dan memastikan bagaimana tingkat pemahaman terhadap pelajaran yang di berikan.

7. Implikasi pada monitoring
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada monitoring adalah mengevaluasi pertimbangan yang bersifat afektif dalam keberhasilan atau tidak keberhasilan siswa dalam memerikan respon harus di sampaikan dengan menarik dan harus memotivasi siswa untuk mencoba atau mengulang pelajaran yang telah di berikan sebelumnya. Dan berikan latihan agar siswa lebih memahami materi perkalian ilangan bulat.

8. Implikasi lewat evaluasi
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi lewat evaluasi adalah Materi perkalian bilangan bulat dievaluasi untuk memastikan efektivitas instruksi siswa dengan cara uji one to one atau kelompok kecil agar siswa dapat mengingat kembali materi yang disampaikan. Sehingga dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi perkalian bilangan bulat.

9. Implikasi pada perancangan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada perancangan adalah Materi perkalian bilangan bulat yang diberikan dalam pembelajaran harus menarik. Seperti menggunakan sebuah media gambar yang mudah di pahami oleh siswa dan menarik hati siswa. Kemudian di buat semanrik mungkin dan diberi suara sesuai gambar.

10. Implikasi pada media tambahan
Yang harus dilakukan untuk memenuhi Implikasi pada media tambahan adalah dengan foto-foto yang sesuai dengan materi perkalian bilangan bulat agar siswa tidak bosan dalam pembelajaran.

alfi

Jumlah posting : 3
Join date : 19.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty implikasi cai

Post  Anthon Ismanto(11006091) Wed Apr 23, 2014 3:30 am

nama :anthon(11006091)
kls : b

1.implikasi pada individualisasi
-cai harus sesuai karakteristik siswa(desain linear atau bercabang)
-materi cai harus ada dengan materi sebelumnya

2.implikasi untuk interaktivitas
-tampilan cai layaknya pengajaran dua arah

3.implikasi lewat umpan balik
-ada umpan balik berupa arahan pada materi yang belum dikuasai
-ada umpan balik jawabann benar atau salah
-penjelasan umpan balik benar/salah harus ada

4.implikasi fungsi intruksional
-ada tes materi prasyarat,apabila belum l dikuasai siswa tidak bisa ke materi selanjutnya

5.implikasi melalui kongruensi
-materi cai harus sesuai dengan animasi pandukungnya
-tampilan cai harus mudah dipahami
-bentuk intruksi siswa berupa hal yang pasti(bukan pendapat atau perkiraan)

6.implikasi pada kendali
-materi cai harus berhubungan dengan materi prasyarat

7.implikasi pada monitoring
-sifat cai yang kita buat selain sebagai pengajaran juga mendidik
-tersedia tempat komentar berupa no telp,atau alamat email pembuat yang dapat dihubungi

8.implikasi lewat evaluasi
-cai harus mengalami pengembangan(disesuaikan pada kurikulum pengguna)

9.implikasi pada perancangan
-jumlah konten cai harus sesuai resolusi

10.implikasi pada materi tambahan
-jika ada materi tambahan gunakan seperlunys

Anthon Ismanto(11006091)

Jumlah posting : 8
Join date : 08.03.14

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Agus Purwanto Wed Apr 23, 2014 7:16 am

Nama : Arif Rohman Soleh
NIM : 11006102
Kelas : B



1.implikasi pada individualisasi
-cai harus sesuai karakteristik siswa(desain linear atau bercabang)
-materi cai harus ada dengan materi sebelumnya

2.implikasi untuk interaktivitas
-tampilan cai layaknya pengajaran dua arah

3.implikasi lewat umpan balik
-ada umpan balik berupa arahan pada materi yang belum dikuasai
-ada umpan balik jawabann benar atau salah
-penjelasan umpan balik benar/salah harus ada

4.implikasi fungsi intruksional
-ada tes materi prasyarat,apabila belum l dikuasai siswa tidak bisa ke materi selanjutnya

5.implikasi melalui kongruensi
-materi cai harus sesuai dengan animasi pandukungnya
-tampilan cai harus mudah dipahami
-bentuk intruksi siswa berupa hal yang pasti(bukan pendapat atau perkiraan)

6.implikasi pada kendali
-materi cai harus berhubungan dengan materi prasyarat

7.implikasi pada monitoring
-sifat cai yang kita buat selain sebagai pengajaran juga mendidik
-tersedia tempat komentar berupa no telp,atau alamat email pembuat yang dapat dihubungi

8.implikasi lewat evaluasi
-cai harus mengalami pengembangan(disesuaikan pada kurikulum pengguna)

9.implikasi pada perancangan
-jumlah konten cai harus sesuai resolusi

10.implikasi pada materi tambahan
-jika ada materi tambahan gunakan seperlunys

Agus Purwanto

Jumlah posting : 13
Join date : 16.03.13

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  khafidbaihaqi Wed Apr 23, 2014 7:31 am

Nama : Khafid Baihqi Iskak
Kelas : B
NIM : 12006260
TUGAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
1. CAI & KBM internal
• CAI harus didasarkan atas pertimbangan bahwa pengguna (siswa) hanya akan menghadapi komputer, bukan seperti dalam dunia pengajaran tradisional.
• Menggunakan berbagai properti tampilan untuk memperkaya keluaran yang diterima siswa dalam satu saat.
• Dibuat agar dapat mencapai tujuan instruksional yang spesifik.
• Membantu pembuat menjelaskan aktivitas yang diperlukan
• Memfokuskan pada topik yang diperlukan
• Membantu memperlihatkan topik penting kepada siswa
• Memungkinkan guru menentukan apakah materi tertentu sesuai dan perlu disampaikan atau tidak
2. Implikasi pada individualisasi
• Terindividualisasi
Rangkaian instruksi dalam CAI dapat disampaikan secara terindividualisasi
• Menjaga ketertarikan siswa
Tidak dapat mengasumsikan bahwa medium berbasis komputer pasti menarik, harus diusahakan secara khusus.

3. Implikasi untuk interaktivitas
• Mendekati siswa secara positif
A. Gaya penyampaian menyerupai penyampaian instruksi tutor kepada siswa dalam sesi 1-on-1
B. Hindari “menghukum” siswa atau menggunakan kata-kata sarkasme
a.) Tipikal CAI yang “aman”
b.) Kadangkala tidak perlu memberitahukan mana saja jawaban siswa yang salah, hanya bila perlu saja.
4. Impikasi lewat umpan-balik
Menyediakan beragam umpan balik
a. Bila terlihat ada kemajuan, beri umpan balik yang memperlihatkan bahwa siswa telah memiliki pemahaman.
b. Juga dapat memperlihatkan respon yang sesuai bila siswa melakukan kesalahan, dengan tujuan untuk memperlihatkan adanya kesalahan saja
5. Implikasi fungsi instruksional
Berdasarkan pada prinsip-prinsip desain instruksional à terdiri atas beberapa fase
a. Memotivasi siswa
b. Memberitahukan tujuan materi/topik
c. Menyampaikan prasyarat agar dapat menguasai materi instruksional
d. Mengevaluasi kemajuan siswa secara berkala
e. Menyediakan umpan balik yang sesuai
f. Memungkinkan adanya latihan yang sesuai
g. Mengevaluasi kinerja siswa & CAI itu sendiri
6. Implikasi melalui kongruensi
• Bukan memperkenalkan konsep atau materi baru, melainkan memperkuatnya
• Interaksi sebesar mungkin dengan siswa
• Memberitahukan cara yang dapat dipahami siswa untuk merespon tiap latihan
• Memunculkan umpan balik sesuai respon siswa
• Dapat memunculkan perbaikan agar siswa tahu respon yang benar-benar tepat

7. Implikasi pada kendali
Kendali diserahkan kepada komputer
à terkadang melawan prinsip interaksi
Kendali diserahkan kepada pengguna
à dapat memunculkan masalah substantif
Kendali kombinasi
à variabilitas, kendali berdasarkan konteks

8. Implikasi pada monitoring
Motivasi
a. CAI bagi sebagian pengguna (nampak) menarik
b. Terkadang merasa lebih “aman” belajar lewat komputer daripada bersama pengajar
c. Dapat memberikan visualisasi yang lebih baik
d. Memunculkan ketertarikan pada teknolog komputer
e. Rasa senang yang diberikan sistem berbasis komputer membuatnya menjadi lebih tertarik
9. Implikasi lewat evaluasi
Mengevaluasi kinerja dengan benar/sesuai
a. Mengutilisasi kemampuan untuk mengadaptasi materi sesuai kebutuhan siswa
b. Memastikan: memberi pertanyaan yang tepat, dapat diterjemahkan dengan benar, dapat dievaluasi secara tepat
c. Memberikan: pertanyaan yang tepat & sesuai, pertanyaan dengan arti yang jelas & mudah dipahami
d. Penilaian atas jawaban secara menyeluruh
e. Pengertian terhadap ketidak mampuan untuk menjawab, bukannya kelalaian menjawab
evaluasi secara menyeluruh
f. Dievaluasi dalam berbagai tingkatan:
i. Kualitas instruksional
ii. Pertimbangan-perimtbangan yang afektif
iii. Tampilan luar
iv. Relevansi dengan kurikulum
v. Akurasi dari program
g. Memastikan bahwa CAI tersebut dapat menerima materi instruksional yang diperlukan
10. Implikasi pada perancangan
• CAI à pembawa pesan instruksional
• CAI dapat menjadi baik/buruk è tergantung pada pengalaman pembuat & perhatian pada tujuan pembuatannya
• Peran perancang menjadi penting à rancangan CAI yang bagus akan memunculkan kekuatan dari medium yang dipilih dan meminimalkan kelemahannya
11. Implikasi pada media tambahan
Menggunakan media tambahan seperlunya
a. Dapat menambahkan ringkasan/catatan komprehensif
b. Juga memberikan petunjuk singkat & jelas untuk setiap prosedur penggunaan program terutama untuk melanjutkan pekerjaan-pekerjaan spesifik

khafidbaihaqi

Jumlah posting : 9
Join date : 03.03.14

http://khafidbaihaqi.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Untuk penulisan implikasi CAI Empty Re: Untuk penulisan implikasi CAI

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik