Aktivitas kedua

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Aktivitas kedua

Post  Admin on Mon Jul 21, 2014 2:39 pm

AWW

Berikut ini adalah aktivitas ke-2 PPN untuk Teknologi Multimedia

Pewarnaan dalam video dapat menggunakan beragam model, diantaranya adalah YUV, YIQ, dan YCbCr. Tuliskan karakteristik teknis masing-masing serta penjelasan singkat, dan berikan contoh penggunaan tiap model warna tersebut.
Transmisi video analog dapat menggunakan cara PAL, NTSC, maupun SECAM. Berikan penjelasan masing-masing serta contoh penerapan cara transmisi tersebut.

Tuliskan sebagai reply posting untuk thread ini. Maksimal ditunggu sampai jam 21.00 hari Senin ini (21/7). Selamat bekerja.

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 908
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

UNJIAN_PPN2 TM_LUQMAN NOVIANTORO_09016021_SISTEM INFORMASI

Post  luqman noviantoro on Mon Jul 21, 2014 8:39 pm

A. Model warna YUV
Sistem pewarnaan TV dan Monitor komputer berbeda, sistem pada TV menggunakan pewarnaan YUV yang terdiri atas signal luminance (tingkat pencahayaan) dan signal warna merah dan warna biru, sedangkan monitor komputer umumnya menggunakan sistem pewarnaan RGB (Red Green Blue). Ketika video di-edit untuk direkam pada CD dan DVD maka koreksi dan konversi warna dilakukan agar YUV bisa ditampilkan dalam RGB dan sebaliknya.
Format untuk transfer video analog ada beberapa macam, yaitu:
Composite video : menggunakan satu kabel coaxial atau konektor RCA
S-Video : menggunakan dua kabel, memisahkan warna dan luminance, menggunakan konektor S-Video yang khas
Component Video : memisahkan warna dan luminance dalam tiga kabel, biasanya memakai konektor BNC
Sedangkan untuk transfer video digital dari kamera digital, memakai format DV melalui saluran FirWire, atau konektor USB.
[You must be registered and logged in to see this image.]

B. Model warna YIQ
YIQ adalah sebuah ruang warna yang digunakan oleh sistem TV NTSC ( sistem warna pada televisi analog yang umumnya digunakan di Amerika, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Burma). YIQ kependekan dari Iuma, In-phase dan Quadrature. Komponen Y (Iuma) merupakan satu-satunya komponen yang digunakan oleh televisi hitam-putih. I dan Q mewakili informasi chrominance (sinyal yang digunakan dalam video sistem untuk menyampaikan informasi warna dari gambar).

Sistem YIQ dimaksudkan untuk mengambil keuntungan dari karakteristik manusia dalam merespon warna. Mata lebih sensitif terhadap perubahan dalam kisaran orange ke biru (I), daripada di kisaran ungu ke hijau (Q).
Masing-masing unsur pada Y, I dan Q nilainya diukur antara 0 dan 255. Unsur Y berupa nilai Iuminance, sedangkan I dan Q antara 0 yang mewakili warna hijau dan 255 yang mewakili unsur warna yang mirip dengan magenta.
[You must be registered and logged in to see this image.]

C. Model warna YCBCR
Image Compression – The mapperSetiap gambar komputer terdiri dari piksel yang terbuat dari tiga warna: merah, hijau, dan biru (RGB). Nilai warna pixel diwakili dengan byte (0-255). The mapper (decoder aka) memodifikasi ruang warna RGB ke ruang warna YCbCr, Y adalah luminescence, Cb dan Cr adalah bagian warna chrominance-biru dan chrominance-merah. Dalam ruang warna YCbCr, sebagian besar data gambar tersedia dalam komponen Y, Cb dan Cr memiliki informasi warna.

Mapper membelah gambar ke dalam kotak sub-citra 8X8, sedangkan JPEG selalu mengkodekan pencahayaan dengan 8 × 8 kotak. Chrominance dapat dikodekan menggunakan 8 × 8, 8 × 16, 16 × 8, atau 16 × 16. Untuk layar, mapper JPEG mengkonversi gambar dari YCbCr ke RGB.
[You must be registered and logged in to see this image.]

PERBEDAAN ANTARA PAL,SECAM dan NTSC

Sistem TV broadcasting di dunia secara umum ada 3 macam yaitu PAL, SECAM dan NTSC. Penetapan sistem TV broadcasting di suatu negara harus ditetapkan karena hal ini menyangkut penentuan pembuatan pemancar televisi dan produksi televisi. Masing-masing sistem mempunyai karakteristik sendiri-sendiri sehingga sistem yang satu tidak dapat dijalankan pada sistem lain.

1.PAL (Phase Alternating Line)

Sebagai salah satu sistem broadcasting yang dipakai oleh sebagian besar negar di dunia. Pada tahun 1950, negara-negara Eropa barat berencana untuk meluncurkan televisi berwarna, saat itu terbentur dengan standar NTSC yang dirasa memiliki beberapa kelemahan termasuk menyesuaian pergeseran warna ketika dalam kondisi transmisi lemah. Tujuannya adalah merancang gambar hanya dengan frekuensi 50 saja per detik.
Dasar dari PAL dan NTSC sebenarnya sama, hanya berbeda pada frekuensi IF saja. PAL menempatkan IFc nya pada frekuensi 4.4361875 MHz sedangkan NTSC menempatkan IFc nya pada 3.579545 MHz. Nama PAL (Phase Alternating Line) diambil karena setiap sinyal video yang dikirimkan dalam keadaan terbalik pada masing-masing garisnya yang secara otomatis akan mengkoreksi error yang terjadi pada sistem transmisi. Contoh di atas hanya diberikan untuk PAL B/G saja, sebenarnya ada banyak jenis PAL dengan berbagai variasinya. Untuk lebih jelasnya silakan melihat pada tabel berikut.
[You must be registered and logged in to see this image.]

2. NTSC (National Television System Committee)

Model NTSC banyak digunakan di negara Amerika, Jepang, Korea Selatan, Taiwan dan lain-lain. Pada awal penciptaan NTSC tahun 1941 masih berbentuk hitam putih. Perkembangan selanjutnya pada tahun 1953 ada perbaikan yang bisa menampilkan sinyal hitam putih maupun berwarna. Penempatan IFc nya pada 3.58 MHz sehingga penempatan sound berada pada 4.5 MHz.
[You must be registered and logged in to see this image.]

3. SECAM (Sequential Color with Memory)

Dalam bahasa Perancis tertulis SÉCAM (Séquentiel couleur à mémoire) merupakan sistem televisi analog yang pertma kali digunakan di Perancis. SECAM ini merupakan sistem pemancaran pertama kali dalam sejarah pertelevisian Eropa. SECAM berbeda dengan metode sistem pewarnaan lainnya karena
pertama : SECAM menggunakan modulasi frekuensi untuk mengkodekan sinyal warna
kedua : disamping mentransmisikan informasi merah dan biru secara bersamaan, dan menggunakan informasi tentang warna dalam watu yang hampir bersamaan pula, hal ini tidak mungkin bagi sistem SECAM. Hal ini membutuhkan waktu delay, makanya dibutuhkan sebuah memori analog untuk menyimpan informasi warna dan mengeluarkan secara bersamaan pada layar televisi pada waktu yang ditentukan. Dari tabel di atas jarak P-S tidak tertera karena Sound dipancarkan secar analog sehingga tidak dibutuhkan jarak bandwith dari frekuensi P.
[You must be registered and logged in to see this image.]

luqman noviantoro

Jumlah posting : 13
Join date : 05.10.12
Age : 24
Lokasi : PURWOREJO JAWATENGAH

Lihat profil user http://www.luqman.byethost7.com

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas kedua PPN TM

Post  Rian SI_08 on Mon Jul 21, 2014 10:29 pm

NAMA => RIAN ANDRIANO
NIM => 08016012
PRODI => SISTEM INFORMASI


1. a) =>Karakteristik YCbCr :
• Warna aktual ditampilkan berdasarkan pada pewarna RGB aktual yang dipakai untuk menampilkan sinyal.
• Model warna YCbCr serupa dengan model warna YIQ.
• YCbCr utamanya digunakan untuk pengkompresian data dan video.
• YCbCr dipakai sebagai bagian dari Color image pipeline dalam sistem video dan fotografi.

b) =>Penjelasan singkat : YCbCr atau Y'CbCr adalah suatu keluarga ruangan warna yang dipakai sebagai bagian dari Color image pipeline dalam sistem video dan fotografi digital. Y' merupakan komponen luma sedangkan Cb dan Cr merupakan komponen kroma perbedaan antara biru dan merah. Tanda keterangan (') pada Y dipakai untuk membedakan dengan luma dari luminansi, yang berarti intensitas cahaya dienkode secara tak linier menggunakan gamma. Y'CbCr bukan merupakan ruangan warna absolut, merupakan suatu cara penyandian informasi RGB. Warna aktual ditampilkan berdasar pada pewarna RGB aktual yang dipakai untuk menampilkan sinyal. Oleh sebab itu suatu nilai yang ditunjukkan sebagai Y'CbCr, sebenarnya hanya akan dapat diperkirakan jika pewarna RGB standard atau profil ICC dipakai. Model warna YCbCr serupa dengan model warna YIQ. Pemisahan antara intensitas dan informasi warna juga dilakukan pada model warna ini. Perbedaannya, YCbCr utamanya digunakan untuk pengkompresian data dan video. Cb dalam hal ini adalah Chrominance Blue-Yellow dan Cr adalah Chrominance Red-Yellow

c) =>Contoh penggunaan model warna YCbCr : Chroma subsampling, teknik yang memanfaatkan fakta bahwa mata manusia merasa brightness (luminance) lebih berpengaruh daripada warna (chrominance) itu sendiri, maka dilakukan pengurangan resolusi warna dengan disampling ulang.

2. a) =>Karakteristik YIQ :
• YIQ mengambil keuntungan dari karakteristik manusia dalam merespon warna.
• YIQ digunakan untuk siaran televisi
• Y berkoresponden dengan luminasi, I dan Q adalah dua komponen kromatik yang disebut inphase dan quarature.
• I dan Q merupakan komponen sinyal analog yang berisi informasi warna.
• Model warna YCbCr serupa dengan model warna YIQ.

b) =>Penjelasan singkat : YIQ merupakan model warna yang digunakan untuk transmisi sistem NTSC (National Television System Committee), sistem pemancar, sistem utama penerima pada TV, dan pengiriman video warna pada kanal TV monokrom. Y dalam hal ini adalah luminansi. I adalah In-phase, dan Q adalah quadrature. I dan Q merupakan komponen sinyal analog yang berisi informasi warna. Model warna YIQ (luminance-inphase-quadrature) merupakan pengembangan dari model warna RGB untuk peningkatan mutu warna pada pemrosesan warna pada sistem video dengan formulasi conversi warna RGB ke YIQ.

c) =>Contoh penggunaan model warna YIQ : penggunaannya pada sistem TV NTSC (sistem warna pada televisi analog yang umumnya digunakan di Amerika, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Burma).

3. a) =>Karakteristik YUV :
• Menggunakan Chroma Subsampling yang bermaksud mengurangi resolusi warna dengan cara disampling ulang, dan itu terdapat pada sinyal YUV.
• Biasanya sampling dilakukan per 8x8 blok, semakin banyak blok yang dipakai makin bagus kualitas sampling yang dihasilkan.
• YUV mempunyai warna primer video adalah merah, hijau, dan biru (RGB).
• YUV memiliki metode yang berbeda untuk mewakili informasi warna dan intensitas pada gambar video.
• YUV juga mensupport RGB piksel format.

b) =>Penjelasan singkat : Sistem warna YUV adalah pengkodean warna skema untuk alami gambar dimana cahaya (komponen hitam putih sinyal video yang mengontrol intensitas cahaya) dan krominan (komponen warna sinyal) yang terpisah. Mata manusia kurang peka terhadap variasi warna daripada intensitas variasi, jadi YUV memungkinkan pengkodean informasi cahaya (Y) bandwidth penuh dan informasi krominan (UV) setengah bandwidth. Format YUV dibagi menjadi dua kelompok lebih: dikemas dan planar. Dalam format yang dikemas, Y, U, dan V komponen yang disimpan dalam array tunggal. Tiga komponen dikemas menjadi apa yang dikenal sebagai macropixel (dua piksel disimpan di salah satu nilai bilangan bulat yang tidak ditandatangani). Sebaliknya, planar format menyimpan komponen tersebut pada larik tiga terpisah dan menggabungkan pesawat ke bentuk gambar.

c) =>Contoh penggunaan model warna YUV : Variasi dalam sampel YUV berbeda berdasarkan bagaimana data sampel, kedua arah horisontal dan vertikal. Horizontal subsampling interval menjelaskan seberapa sering seluruh baris contoh komponen yang diambil, dan interval vertikal menjelaskan pada baris mana sampel diambil. Sebagai contoh, jika format memiliki masa subsampling horizontal 2 untuk kedua U dan komponen V, ini menunjukkan bahwa U dan V sampel diambil untuk setiap pixel kedua diseluruh baris. Apabila masa subsampling vertikal 1, ini menunjukkan bahwa U dan V sampel diambil pada tiap baris pada gambar.

4. a) =>Definisi PAL : PAL adalah sebuah enconding berwarna yang digunakan dalam televisi broadcast. PAL adalah singkatan dari “Phose Alternating Line” digunakan untuk garis alternasi fase. PAL terdiri dari 625 baris dan ditayangkan sebanyak 25 frame dalam setiap satu detik (fps). System ini digunakan diseluruh dunia kecuali di kebanyakan dunia Amerika, karena di Amerika menggunakan system NTSC. Sistem Broadcast PAL dikembangkan di Jerman oleh Walter Bruch, pada tahun 1967. PAL termasuk standar kedua dalam system televisi broadcast.

=>contoh penerapan dengan cara transmisi menggunakan PAL : Standar televisi PAL umumnya menggunakan 625 garis dan 25 fps. Negara yang menggunakan PAL B/G hampir semua Negara di Eropa Barat, PAL I digunakan di Inggris, Irlandia, Hongkong, dll. Untuk PAL D/K digunakan di Negara-negara Eropa Selatan, dan untuk standard PAL D khusus dipakai oleh China. PAL B/G/D/K/I menggunakan modulasi frekuensi dan modulasi video ditransmisikan menggunakan modulasi negatif AM untuk informasi suaranya. Indonesia menggunakan PAL B yang mengalokasikannya membutuhkan lebar bandwidth 7 MHz.

b) => Definisi NTSC : NTSC adalah sistem elevise analog yang digunakan di Amerika Serikat dan banyak televisi lainnya. Berbeda halnya dengan PAL, NTSC membagi 25 baris per frame dan sebanyak 30 frame dalam satu detiknya atau 29,97 frame perdetik (fps).

=>contoh penerapan dengan cara transmisi menggunakan NTSC : NTSC mendefinisikan standard video yang menyediakan 482 garis resolusi vertical dan 16 juta warna. NTSC mentrasmisikan 525 garis, tetapi beberapa garis digunakan untuk sync, vertical retrace, dan closed captioning.

c) => Definisi SECAM : SECAM singkatan dari Systeme Electronique pour Couleur Avec Memoire adalah standar pemancar televisi analog yang digunakan di Perancis, Rusia dan daerah-daerah Afrika. SECAM berbeda dengan PAL, tapi jumlah baris data yang dikirimnya sama.

=>contoh penerapan dengan cara transmisi menggunakan SECAM : SECAM ini merupakan sistem pemancaran pertama kali dalam sejarah pertelevisian Eropa. SECAM berbeda dengan metode sistem pewarnaan lainnya karena :
-pertama : SECAM menggunakan modulasi frekuensi untuk mengkodekan sinyal warna.
-kedua : disamping mentransmisikan informasi merah dan biru secara bersamaan, dan menggunakan informasi tentang warna dalam watu yang hampir bersamaan pula, hal ini tidak mungkin bagi sistem SECAM. Hal ini membutuhkan waktu delay, makanya dibutuhkan sebuah memori analog untuk menyimpan informasi warna dan mengeluarkan secara bersamaan pada layar televisi pada waktu yang ditentukan. Dari tabel di atas jarak P-S tidak tertera karena Sound dipancarkan secara analog sehingga tidak dibutuhkan jarak bandwith dari frekuensi P.

Rian SI_08

Jumlah posting : 19
Join date : 03.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Aktivitas kedua

Post  Sponsored content Today at 10:26 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik