Aktivitas ketiga (terakhir)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Aktivitas ketiga (terakhir)

Post  Admin on Tue Jul 22, 2014 1:30 pm

AWW

Berikut ini adalah aktivitas terakhir PPN untuk Multimedia dalam Jaringan.

  1. Anda diminta membandingkan antara IPTV, Internet/Streaming TV, dan DVB-T/DVB-S (tidak termasuk DVB-H dan DVB-C). Tuliskan poin-poin perbandingan terlebih dahulu, kemudian ikuti karakteristik masing-masing berdasarkan poin perbandingan tersebut (jangan asal menulis karakteristik tiap implementasi tersebut)
  2. Untuk mengamankan layanan multimedia dalam suatu jaringan, dapat digunakan berbagai metode. 3 diantaranya adalah DRM, enkripsi, dan watermark digital. Tuliskan cara mengimplementasikan tiap metode secara teknis.

Tuliskan jawaban anda sebagai posting reply dalam thread ini. Hasil dari anda ditunggu sampai jam 21.00 hari Selasa (22/7). Pastikan anda menulis sesuai apa yang ditanyakan di atas. Selamat bekerja

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 952
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Poin poin perbandingan antara IPTV, Internet / Streaming TV, dan DVB-T/DVB-S

Post  Edi.S on Tue Jul 22, 2014 5:16 pm

Nama : Edi Suhari
NIM : 09016006

- IPTV atau disebut Internet Protocol Television adalah metode penyaluran gambar dan suara televisi melalui IP. sistem ini mampu menerima dan menampilkan video stream yang di-encode sebagai serangkaian paket berbasis IP. Pada IPTV, data yang dikirimkan oleh penyedia siaran televisi berupa paket-paket berbasis IP yang diterjemahkan oleh pesawat televisi pelanggan sebagai data gambar dan suara.
- Internet/Streaming TV adalah situs tayangan video yang terkonsep, selalu diperbaharui terus-menerus, tidak statis, mengikuti perkembangan di lingkungan sekitar, dan bisa diakses oleh publik secara bebas. Untuk dapat mengaksesnya, hanya perlu menguhubungkan komputer pribadi kita dengan koneksi Internet broadband berlangganan. Televisi Internet lebih beragam dibandingkan stasiun televisi lokal yang biasa kita tonton di rumah ataupun Televisi kabel berlangganan. Televisi Internet ini bisa disiarkan secara pribadi oleh para pengguna Internet.
- DVB-T/DVB-S
DVB-T Digital Video Broadcasting-Terrestrial lebih dikenal dengan siaran televisi digital menjadi standar yang banyak dipakai di dunia dan juga tengah diadaptasi di Indonesia karena beberapa kelebihannya, terutama karena kehandalan DVB-T yang mampu mengirimkan sejumlah besar data pada kecepatan tinggi secara point-to-multipoint. Sistem ini merupakan sistem penyiaran langsung dari pemancar bumi (terrestrial) ke pemirsa di rumah. Fungsi pemancar bumi adalah untuk mentransmisikan data digital MPEG-2 yang telah dimodulasi menjadi gelombang VHF/UHF untuk dipancarkan menggunakan antena pemancar.
DVB-S adalah singkatan dari digital video broadcasting – satelit yaitu video asli yang di pancarkan dari setasiun dan diteruskan ke satelit.
DVB-S digunakan melalui satelit yang dapat menjangkau setiap benua di dunia. DVB-S yang di gunakan dibagi dua kategori yaitu Multiple Channel Per Carrier (MCPC) dan Single Channel Per Carier (SCPC) untuk Broadcast Network Feed serta untuk layanan Broadcast Satelillite langsung seperti contoh Sky (inggris & irlandia) melalui astra di eropa, dish network dan globecast dalam AS dan bell TV di Kanada.
Sementara itu DVB-S yang sebenarnya standard. Hanya menentukan karakteristik fisik dan jalur framing, transportasi melalui overlay disampaikan oleh sebagai DVB-S, MPEG-2 dikenal sebagai MPEG transport stream (MPEG-TS)


#Dengan metode DRM yang paling penting adalah untuk mencegah akses yang tidak sah dan penciptaan salinan sah dari konten digital, dan terlebih lagi untuk memberikan mekanisme salinan yang dapat dideteksi dan ditelusuri (tracking konten). Manajemen hak digital adalah komponen yang paling penting dari manajemen kekayaan intelektual dan perlindungan (IPMP) protokol yang dipromosikan secara luas dalam standar MPEG.
# metode enkripsi dengan contoh kasus situs video atau internet tv, membuang informasi yang kurang bermanfaat. Karena itu pembelajaran sturktur MPEG dan sifat statistiknya membawa kepada Algoritma Enkripsi Video
#dengan metode digital watermark bertujian untuk melindungi keaslian informasi yang terkandung dalam dokumen multimedia. Mencegah pemalsuan hak cipta.

Edi.S

Jumlah posting : 6
Join date : 21.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Perbandingan IPTV, Internet TV dan DVB-T

Post  yulianti septi on Tue Jul 22, 2014 7:52 pm

Perbandingan IPTV, Internet TV dan DVB-T
Septi Yulianti (08016006)


Internet TV
internet TV bisa menjangkau pemirsanya dimana saja selama ada internet
Berbeda dengan siaran tv testerial, dimana kontrol sepenuhnya berada pada stasiun tv, internet tv menawarkan kontrol kepada pemirsanya.
Siaran TV yang dipilih pun dapat berupa siaran lokal maupun luar negeri. Pilihan ini cukup banyak, mencakup siaran dari seluruh dunia. Anda dapat menikmatinya dengan gratis, beberapa berbayar dengan harga yang lebih murah daripada berlangganan TV kabel atau TV berlangganan konvensional
Dapat melihat gambar-gambar statis atau foto yang tersedia di internet, baik melalui Picasa ataupun Flickr.
Dapat pula merekam tayangan yang anda sukai untuk ditonton di kemudian hari.

Karakteristik
suatu layanan yang menampilkan acara-acara televisi melalui jaringan internet. Untuk  dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menguhubungkan ke komputer pribadi kita dengan koneksi Internet broadband berlangganan. Televisi Internet sering juga disebut dengan sebutan Television on the Desktop (TOD), TV over IP (Television over Internet Protocol) atau Televisi Protokol Internet, Vlog, dan juga Vodcast.


IPTV
IPTV dapat melakukan scheduling / penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience, viewer dapat memilih programgram dari suatu listing yang akan dilihatnya
IPTV mendukung standart MPEG untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standart CODEC untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwith yang tersedia.
IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source
IPTV memberikan layanan ekonomis namun tidak mengorbankan kualitas layanan.
Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebuh efesien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi lebih sedikit tidak perlu menyewa ruang semina khusus.



Karakteristik
metode    penyaluran gambar dan suara televisi melalui IP. sistem ini mampu menerima    dan menampilkan video stream yang di-encode sebagai serangkaian paket    berbasis IP. Pada IPTV, data yang dikirimkan oleh penyedia siaran televisi    berupa paket-paket berbasis IP yang diterjemahkan oleh pesawat televisi    pelanggan sebagai data gambar dan suara.  

DVB-T/DVB-S
Program siaran yang lebih banyak dan bervariativ serta penerimaan lebih jelas walaupun pada saat bergerak (mobile) dibandingkan dengan siaran televisi analog.
Kualitas gambar lebih baik
Sistem siaran digital DVB-T tetap dapat diterima menggunakan tv analog melalui suatu perangkat tambahan yaitu set-top box.
Teknologi ini mempunyai ketahanan terhadap efek interferensi, derau dan fading, serta kemudahan untuk dilakukan proses perbaikan (recovery) terhadap sinyal yang rusak akibat proses pengiriman transmisi sinyal.
Efesisensi dibanyak hal , antara lain pada spektrum frekuensi (efesiensi bandwith), efesiensi dalam network transmission, transmission power, maupun consumption power.
Karakteristik
salah satu sistem yang digunakan untuk mentransmisikan siaran TV/Video digital hingga sampai ke pengguna akhir (end-user). DVB dikembangkan berdasarkan latar belakang pentingnya sistem broadcasting yang bersifat terbuka, yang ditunjang oleh kemampuan interoperabilitas, fleksibilitas dan aspek komersial. Sebagai suatu sistem terbuka, maka standard DVB dapat dimanfaatkan oleh para vendor untuk mengembangkan berbagai layanan inovatif dan j asa nilai tambah yang saling kompatibel dengan perangkat DVB dari vendor lain.

Penjelasan implemstasi pengamanan layanan multimedia dalam suatu jaringan dengan menggunakan metode DRM, enkripsi, dan watermark digital

#Watermak Digital
Proses penempelan (embedding) watermark melibatkan kunci rahasia yang dibutuhkan untuk menjalankan pendeteksian. Selama proses penempelan watermark format signal digital tetap tidak berubah, tidak dibutuhkan bandwith tambahan dan tidak digunakan VBI/HBI. Data tambahan ditambahkan dengan cara mengaplikasikan modifikasi yang sangat kecil pada intensitas piksel di bagian video yang aktif. Namun hal ini dilakukan dengan cara dimana perubahan-perubahan yang tidak dapat dilihat mata manusia. Sehingga pemakai akhir tidak akan menemukan perubahan

sedikitpun pada kualitas gambar. Tetapi dengan penggunaan data digital yang canggih dalam memproses algoritma data tambahan dapat dipulihkan kembali oleh detektor watermark bahkan setelah pengoperasian pemrosesan signal yang luas.

#Enkripsi

metode enkripsi dengan contoh kasus situs video atau internet tv, membuang informasi yang kurang bermanfaat. Karena itu pembelajaran sturktur MPEG dan sifat statistiknya membawa kepada Algoritma Enkripsi Video

#DRM
DRM menggunakan enkrisipsi dengan bentuk sebuah tanda digital. Tanda tersebut seperti stampel yang unik, memberitahukan perangkat atau sistem operasi untuk dapat memainkannya atau tidak. Jika perangkat atau sistem operasi pada komputer tidak bermasalah dengan tanda tersebut pada file, maka file tersebut tidak dapat digunakan atau tidak bisa mengisntal sofware tersebut.



yulianti septi

Jumlah posting : 2
Join date : 21.07.14

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Perbandingan IPTV, Internet TV dan DVB-T

Post  Bamban on Thu Jul 24, 2014 6:05 am

Perbandingan IPTV, Internet TV dan DVB-T
Nama : Bamban Arimurti
Nim : 07016036
Prodi : Sistem Informasi


*Internet TV
internet TV bisa menjangkau pemirsanya dimana saja selama ada internet
Berbeda dengan siaran tv testerial, dimana kontrol sepenuhnya berada pada stasiun tv, internet tv menawarkan kontrol kepada pemirsanya.
Siaran TV yang dipilih pun dapat berupa siaran lokal maupun luar negeri. Pilihan ini cukup banyak, mencakup siaran dari seluruh dunia. Anda dapat menikmatinya dengan gratis, beberapa berbayar dengan harga yang lebih murah daripada berlangganan TV kabel atau TV berlangganan konvensional
Dapat melihat gambar-gambar statis atau foto yang tersedia di internet, baik melalui Picasa ataupun Flickr.
Dapat pula merekam tayangan yang anda sukai untuk ditonton di kemudian hari.

Karakteristik
suatu layanan yang menampilkan acara-acara televisi melalui jaringan internet. Untuk  dapat mengaksesnya, kita hanya perlu menguhubungkan ke komputer pribadi kita dengan koneksi Internet broadband berlangganan. Televisi Internet sering juga disebut dengan sebutan Television on the Desktop (TOD), TV over IP (Television over Internet Protocol) atau Televisi Protokol Internet, Vlog, dan juga Vodcast.


*IPTV
IPTV dapat melakukan scheduling / penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience, viewer dapat memilih programgram dari suatu listing yang akan dilihatnya
IPTV mendukung standart MPEG untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standart CODEC untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwith yang tersedia.
IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source
IPTV memberikan layanan ekonomis namun tidak mengorbankan kualitas layanan.
Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebuh efesien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi lebih sedikit tidak perlu menyewa ruang semina khusus.



Karakteristik
metode    penyaluran gambar dan suara televisi melalui IP. sistem ini mampu menerima    dan menampilkan video stream yang di-encode sebagai serangkaian paket    berbasis IP. Pada IPTV, data yang dikirimkan oleh penyedia siaran televisi    berupa paket-paket berbasis IP yang diterjemahkan oleh pesawat televisi    pelanggan sebagai data gambar dan suara.  

*DVB-T/DVB-S
Program siaran yang lebih banyak dan bervariativ serta penerimaan lebih jelas walaupun pada saat bergerak (mobile) dibandingkan dengan siaran televisi analog.
Kualitas gambar lebih baik
Sistem siaran digital DVB-T tetap dapat diterima menggunakan tv analog melalui suatu perangkat tambahan yaitu set-top box.
Teknologi ini mempunyai ketahanan terhadap efek interferensi, derau dan fading, serta kemudahan untuk dilakukan proses perbaikan (recovery) terhadap sinyal yang rusak akibat proses pengiriman transmisi sinyal.
Efesisensi dibanyak hal , antara lain pada spektrum frekuensi (efesiensi bandwith), efesiensi dalam network transmission, transmission power, maupun consumption power.
Karakteristik
salah satu sistem yang digunakan untuk mentransmisikan siaran TV/Video digital hingga sampai ke pengguna akhir (end-user). DVB dikembangkan berdasarkan latar belakang pentingnya sistem broadcasting yang bersifat terbuka, yang ditunjang oleh kemampuan interoperabilitas, fleksibilitas dan aspek komersial. Sebagai suatu sistem terbuka, maka standard DVB dapat dimanfaatkan oleh para vendor untuk mengembangkan berbagai layanan inovatif dan j asa nilai tambah yang saling kompatibel dengan perangkat DVB dari vendor lain.

Penjelasan implemstasi pengamanan layanan multimedia dalam suatu jaringan dengan menggunakan metode DRM, enkripsi, dan watermark digital

-Watermak Digital
Proses penempelan (embedding) watermark melibatkan kunci rahasia yang dibutuhkan untuk menjalankan pendeteksian. Selama proses penempelan watermark format signal digital tetap tidak berubah, tidak dibutuhkan bandwith tambahan dan tidak digunakan VBI/HBI. Data tambahan ditambahkan dengan cara mengaplikasikan modifikasi yang sangat kecil pada intensitas piksel di bagian video yang aktif. Namun hal ini dilakukan dengan cara dimana perubahan-perubahan yang tidak dapat dilihat mata manusia. Sehingga pemakai akhir tidak akan menemukan perubahan

sedikitpun pada kualitas gambar. Tetapi dengan penggunaan data digital yang canggih dalam memproses algoritma data tambahan dapat dipulihkan kembali oleh detektor watermark bahkan setelah pengoperasian pemrosesan signal yang luas.

-Enkripsi

metode enkripsi dengan contoh kasus situs video atau internet tv, membuang informasi yang kurang bermanfaat. Karena itu pembelajaran sturktur MPEG dan sifat statistiknya membawa kepada Algoritma Enkripsi Video

-DRM
DRM menggunakan enkrisipsi dengan bentuk sebuah tanda digital. Tanda tersebut seperti stampel yang unik, memberitahukan perangkat atau sistem operasi untuk dapat memainkannya atau tidak. Jika perangkat atau sistem operasi pada komputer tidak bermasalah dengan tanda tersebut pada file, maka file tersebut tidak dapat digunakan atau tidak bisa mengisntal sofware tersebut.

Bamban

Jumlah posting : 2
Join date : 21.07.14

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Aktivitas ketiga (terakhir)

Post  Sponsored content Today at 4:33 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik