Forum Kuliah UAD
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.

Aktivitas ketiga (terakhir)

2 posters

Go down

Aktivitas ketiga (terakhir) Empty Aktivitas ketiga (terakhir)

Post  Admin Wed Jul 23, 2014 8:51 am

AWW

Berikut ini adalah aktivitas ketiga (terakhir) PPN untuk SPK. Dalam pengembangan SPK dikenal beberapa cara, yaitu dikembangkan sendiri, membeli paket, atau dikembangkan pihak ke-tiga. Jelaskan kelebihan dan kelemahan masing-masing, serta alasan pemilihan untuk masing-masing cara.

Tuliskan jawaban sebagai posting reply dalam thread ini. Posting ditunggu maksimal sampai jam 11.00 hari Rabu (23/7) ini. Selamat bekerja.

WWW
by TTx
Admin
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas ketiga (terakhir) Empty TUGAS PPN 2014 SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN

Post  luqman noviantoro Wed Jul 23, 2014 8:26 pm

NAMA :: LUQMAN NOVIANTORO
NIM :: 09-016-021
PRODI :: SISTEM INFORMASI
TUGAS :: PPN 2014 SPK



1.Mengembangkan sendiri

- Kelebihan

1. Sistem dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
2. Dapat diintegrasikan dengan lebih baik terhadap sistem yang sudah ada
3. Proses pengembangan sistem dapat dikelola dan dikontrol
4. Dapat dijadikan sebagai keunggulan kompetitif

- Kelemahan

1. Perlu waktu yang lama untuk mengembangkan sistem karena harus dimulai darinol.
2. Kemungkinan program mengandung bug sangat besar
3. Kesulitan para pemakai dalam menyatakan kebutuhan dan kesukaran pengembangan memahami mereka dan seringkali hal ini membuat para pengembangmerasa putus asa.

Alasan memilih SPK dengan mengembangkan sendiri :

Sistim primer berdiri sendiri dimaksudkan adalah terisolasi dari sistem informasi organisasi utama sehingga terpisah tidak berada dibawah kendali sistem informasi pusat. Sistem-sistem yang seperti ini yang dikembangkan oleh divisi pengguna akhir yang berada diluar SI pusat.
Kemampuan analisis SPK didasarkan pada teori yang kuat yang dikombinasikan dengan antarmuka pengguna yang baik dan mempermudah penggunaannya.
Para pengguna sistem ini memungkinkan untuk mengambil dan menganalisis informasi berharga yang sebelumnya terpendam dalam kumpulan database besar Seringkali SPT (sistem pemrosesan transaksi) terkumpul pada penampungan data. Untuk kepentingan online OLAP (OnLine Analytical Processing) system dan data mining digunakan untuk menganalisis data.


2. Menggunakan membeli paket

- Kelebihan

1. Memerlukan waktu pengembangan yang jauh lebih singkat karena secara prinsip perangkat lunak paket siap untuk dioperasikan. Yang diperlukan adalah penyesuaiansistem berdasarkan kebutuhan pemakai.
2. Pemakai dapat memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan.
3. Umumnya paket merupakan perangkat lunak yang berkualitas tinggi karena sudahteruji beberapa kali di tempat lain,sehingga terbebas dari bug.
4. Pemakai dapat melakukan uji coba terlebih dulu sebelum membeli.
5. Dokumentasi lengkap

- Kelemahan

1. Ada kemungkinan paket tidak mendukung fungsi-fungsi yang spesifik dalam perusahaan
2. Ada kemungkinan harganya sangat mahal
3. Perangkat lunak tidak seefisien kalau menggunakan system buatan sendiri(karenaumumnya paket dibuat seumum mungkin sehingga dapat dipakai oleh perusahaanmana saja)
4. Evaluasi paket menyita waktu dan menuntut biaya
5. Ada kemungkinan paket hanya jalan pada jenis perangkat keras tertentu

Alasan memilih SPK dengan cara membeli paket :

Karena Pengadaan langsung pada prinsipnya menggunakan prakualifikasi, dimana Pejabat Pengadaan sudah menentukan (pre-knowledge) calon penyedia yang akan ditugaskan. Namun proses prakualifikasinya lebih sederhana dibandingkan metoda prakualifikasi pada pemilihan penyedia barang/jasa untuk pekerjaan komplek dan/atau pemilihan jasa konsultansi badan usaha. Calon penyedia tidak diwajibkan mengisi form isian kualifikasi.



3. Melakukan Outsourcing sebagai pihak ke-3

1. menyerahkan pengembangan ke pihak luar
2. Menyerahkan pengembangan dan pengoperasian ke pihak luar - Hal

– hal yang perlu diperhatikan dalam outsourcing

1. Menentukan pengembang yang ditunjuk untuk membangun sistem informasidengan hati-hati.
2. Mendatangani kontrak
3. Merencanakan dan memonitor setiap langkah dalam pengembangan agar keberhasilan proyek benar-benar tercapai
4. Menjaga komunikasi yang efektif antara personil dalam perusahaan dengan pihak pengembang dengan tujuan agar tidak terjadi konflik.
5. Mengendalikan biaya dengan tepat dengan misalnya memperhatikan proporsi pembayaran berdasarkan persentasi tingkat penyelesaian proyek.

– Kelebihan Outsourcing

1. Menyingkat waktu pengembangan
2. Menghilangkan penyediaan sarana saat beban puncak terjadi (yakni ketika terjadimasa-masa pembeli mmbanjir) dan cukup melakukan pengeluaran biaya sesuaidengan tambahan layanan yang diberikan oleh pihak luar
3. Memfasilitasi downsizing, sehingga perusahaan tak perlu memikirkan pengurangan pegawai.

– Kelemahan Outsourcing

1. Kehilangan kendali terhadap sistem dan data karena bisa saja pihak outsourcer menjual data ke pesaing
2. Mengurangi keunggulan kompetitif karena pihak outsourcer tidak dapatdiharapkan untuk menyediakannya karena juga harus memikirkan klien lain.
3. Menjadi sangat begantung pada pihak luar sehingga sangat sulit bagi perusahaanuntuk mengambil alih kembali sistem yang sedang berjalan.

Alasan memilih SPK outsourcing sebagai pihak ke-3 :
Dalam kaitannya dengan IT, outsorcing digunakan untuk menjangkau fungsi IT secara luas dengan mengontrak penyedia layangan eksternal. Outsourcing IT juga dapat diterjemahkan sebagai penyediaan tenaga ahli yang profesional di bidang IT untuk mendukung dan memberikan solusi guna meningkatkan kinerja perusahaan. Hal ini dikarenakan sering kali suatu perusahaan mengalami kesulitan untuk menyediakan tenaga IT yang berkompeten dalam mengatasi kendala-kendala IT maupun operasional kantor sehari-hari Jadi, outsourcing adalah pemberian sebagian pekerjaan yang tidak bersifat rutin (temporer) dan bukan inti perkerjaan di sebuah organisasi/perusahaan ke pihak lain atau pihak ketiga.Aplikasi IT outsourcing di suatu perusahaan antara lain mencakup layanan sebagai berikut:

1. Pemeliharaan aplikasi (Applications maintenance)
2. Pengembangan dan implementasi aplikasi (Application development and implementation)
3. Data centre operations
4. End-user support
5. Help desk
6. Dukungan teknis (Technical support)
7. Perancangan dan desain jaringan
8. Network operations
9. Systems analysis and design
10. Business analysis
11. Systems and technical strategy
luqman noviantoro
luqman noviantoro

Jumlah posting : 13
Join date : 05.10.12
Age : 32
Lokasi : PURWOREJO JAWATENGAH

http://www.luqman.byethost7.com

Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik