Dynamic hydrological modeling using GIS

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Dynamic hydrological modeling using GIS

Post  Anggini Dian Oktami on Fri Oct 18, 2013 8:30 am

|****************************|
|   Anggini Dian Oktami 11016013    |
|****************************|

Dynamic hydrological modeling using GIS


A. Penjelasan Dynamic hydrological modeling using GIS
Berangkat dari melihat adanya keterbatasan pengelolaan sumber daya air di negara-negara berkembang seperti Amerika Latin, menggerakkan organisasi The International Center for Tropical Agriculture ( CIAT ) di Cali, Kolombia untuk bekerja sama dengan organisasi-organisasi di tingkat masyarakat untuk meningkatkan pengelolaan sumber daya air di daerah lereng bukit DAS Tascalapa di pusat Honduras dan DAS Cabuyal di bagian barat daya Kolombia. Dalam kedua DAS ini, sungai adalah sumber utama mata air untuk memenuhi kebutuhan domestik, industri, dan pertanian.
CIAT mengembangkan the Spatial Water Budget Model ( SWBM ), alat analisis spasial yang dibangun di atas kemampuan pemodelan hidrologi dengan standar Desktop GIS untuk memberikan informasi ini.
Beberapa interface telah dikembangkan seperti Simulator for Water Resources in Rural Basins (SWRRB), Environmental Policy Integrated Climate (EPIC), Groundwater Loading Effects of Agricultural Management Systems (GLEAMS), TR20, HEC-1, dan HEC-2. Dalam setiap kasus, GIS digunakan untuk preprocessing dan pasca pengolahan data. Paket perangkat lunak GIS terbaik biasanya memberikan kemampuan yang sangat baik untuk menghitung dan memvisualisasikan properti hidrologi statis seperti arah aliran, akumulasi aliran, dan panjang alur untuk data yang tidak terpengaruh faktor waktu. SWBM adalah model simulasi yang benar-benar dinamis yang dapat secara efektif digunakan untuk pemodelan spatial -temporal yang kompleks.

B. Apakah bisa diterapkan di Indonesia?
Tentu dapat diterapkan di Indonesia dan memang sudah banyak yang mengembangkan aplikasi Dynamic hydrological modeling using GIS dengan pemanfaatan dari berbagai sudut pandang terhadap keberlangsungan hidup manusia dan SDA.
Beberapa yang sudah berhasil diterapkan adalah :
1. Integrasi Sistem Informasi Jaringan Sensor Hidrologi Nirkabel Dan Model Hidrodinamik Berbasis Gis Untuk Peringatan Dini Bencana Banjir.
Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan data sistem sensori secara real time menggunakan komunikasi wireless ke pusat pengolah data yang menggabungkan berbagai macam algoritma hingga dapat menghasilkan suatu keputusan peringatan dini. Keputusan peringatan ini akan dikomunikasikan kembali ke masyarakat melalui jaringan telpon yang ada maupun sistem alarm tanpa kabel.
[You must be registered and logged in to see this link.]

2. Aplikasi  Model  Hidrologi  dalam  Penentuan  Sistem  Panen  Hujan  dan  Aliran  Permukaan  Daerah  Tangkapan  Air  Singkarak.
3. Aplikasi  Sistem Informasi  Geografis (SIG) dan  penginderaan  jauh untuk  model hidrologi  ANSWERS dalam  memprediksi  erosi  dan  sedimentasi.
Studi  Kasus  : DTA  Cipopokol  Sub DAS Cisadane  Hulu  Kabupaten  Bogor
[You must be registered and logged in to see this link.]


avatar
Anggini Dian Oktami

Jumlah posting : 22
Join date : 25.09.12
Age : 25
Lokasi : Galagahsari, Yogyakarta

Lihat profil user http://Anggini13.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

Cutting the levels of work place injuries with healthcare GIS

Post  agung pribadi on Fri Oct 18, 2013 8:48 am

Nama = agung pribadi Hamid

Dari studi kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa keamanan dan keselamatan pekerja sangat di butuhkan sekali. Disebuah negara yaitu di california ada sebuah organisasi manajemen kesehatan yang disebut CorVel Inc, organisasi ini berguna untuk membantu para pengusaha dalam memahami cedera atau penyakit yang umum dialami oleh karayawannya. BodyViewer adalah aplikasi GIS yang menentukan cedera yang paling umum, biaya mengobati cedera, potensi penghematan bagi majikan. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan di Texas ingin menguji frekuensi cedera dan biaya pengobatan dalam upaya untuk meninjau program keselamatan karyawan, CorVel menggunakan BodyViewer dan data kompensasi klien pekerja untuk menganalisis pertanyaan-pertanyaan ini.
BodyViewer bisa penyakit indeks, perawatan dan prosedur menggunakan lebih dari 14.000 Klasifikasi Internasional Penyakit, Kesembilan Revisi (ICD-9) Kode industri kesehatan. Sistem ini dapat menghasilkan peta dari tubuh manusia, warna-coding bagian atau bagian perwakilan, sehingga mudah untuk melihat jenis cedera yang paling sering terjadi dan berapa biayanya untuk mengobati.
Aplikasi ini adalah salah satu skala besar aplikasi GIS dalam kesehatan. GIS juga telah banyak diterapkan dalam perawatan kesehatan untuk aplikasi yang beragam seperti menyelidiki efek polusi terhadap kanker payudara , mencegah penyebaran malaria , lokasi perusahaan farmasi efisien , dan menyelidiki epidemiologi penyakit seperti kolera .
Aplikasi ini menunjukkan bagaimana GIS dapat diterapkan pada semua skala , menggabungkan peta geografis database tradisional dengan database tubuh spasial direferensikan .

Tentunya aplikasi ini bisa diterapkan diindonesia untuk sebuah perusahaan yang ingin menginginkan karyawan yang profesional yaitu yang mementingkan keselamatan dan keamanan pada karyawannya..tapi saya belum menemukan contohnya di indonesia.Very Happy 

agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik