Thread untuk review format audio

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Thread untuk review format audio

Post  Admin on Tue Dec 17, 2013 2:42 pm

AWW

Kali ini anda diminta untuk me-review beberapa format audio. Anda hanya cukup memilih 2 diantara beragam format audio yang diperlihatkan di kelas (kecuali WAV dan MP3), kemudian menyebutkan mana yang menurut anda lebih baik disertai penjelasannya. Pastikan anda menyebut penjelasan pemilihan anda melalui karakteristik yang mendukung pernyataan anda untuk memilih format yang anda anggap lebih baik.

Tuliskan secara singkat saja, jangan lupa (bila memungkinkan) anda memperlihatkan contoh penerapan yang makin memperkuat alasan anda memilih format yang anda anggap lebih baik.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 959
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

re: Thread untuk review format audio

Post  Nur Wulan Maulida on Tue Dec 17, 2013 3:24 pm

Assalamu'alaikum wr.wb.

Nama: Nur Wulan Maulida
NIM: 12016013

Perbandingan antara AAC dan WMA
  • AAC (Advanced Audio Coding)

1. pembuat: ISO/IEC MPEG Audio Committee
2. tahun release: 1997
3. biaya encoder dan player: berbayar
4. implementasi codec Proprietary: FAAC (encoding saja), iTunes , Nero Digital Audio
5. implementasi codec Open-source: FAAD2 (hanya decoding), FFmpeg , Android opencore AAC (hanya decoding), Audiocogs (hanya decoding)
6. aplikasi: Digital TV service, Internet streaming
7. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
8. bit rate: 8-529 kbit / s (stereo)
9. multichannel: Hingga 48 saluran
10. Kompresi: Lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang)
11. Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
12. Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
13. Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005




  • WMA (Windows Media Audio)

1. pembuat: Microsoft
2. tahun diluncurkan: 1999
3. biaya encoder dan player: gratis
4. implementasi codec Proprietary: Windows Media Player , Windows Media Encoder
5. implementasi codec Open-source: FFmpeg (decoding hanya untuk Pro, Lossless dan Voice)
6. aplikasi: internet streaming.
7. sample rate: 8, 11,025, 16, 22,05, 32, 44,1, 48 kHz
8. bit rate: 8-768 kbit / s
9. multichannel: tidak (standar), hingga 8 saluran (pro)
10. Kompresi: Lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang)

menurut saya format audio yang lebih baik adalah AAC karena AAC merupakan penyempurna MP3 dalam hal medium dan high bit rates dan umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s.

wassalamu'alaikum wr.wb.
avatar
Nur Wulan Maulida

Jumlah posting : 38
Join date : 14.09.13
Age : 23
Lokasi : Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  Sigit Thomas Wibowo on Tue Dec 17, 2013 3:33 pm

Admin wrote:AWW

Kali ini anda diminta untuk me-review beberapa format audio. Anda hanya cukup memilih 2 diantara beragam format audio yang diperlihatkan di kelas (kecuali WAV dan MP3), kemudian menyebutkan mana yang menurut anda lebih baik disertai penjelasannya. Pastikan anda menyebut penjelasan pemilihan anda melalui karakteristik yang mendukung pernyataan anda untuk memilih format yang anda anggap lebih baik.

Tuliskan secara singkat saja, jangan lupa (bila memungkinkan) anda memperlihatkan contoh penerapan yang makin memperkuat alasan anda memilih format yang anda anggap lebih baik.

WWW
by TTx

Sigit Thomas Wibowo
1302016045

1. FLAC
Dengan pengkodean file audio dengan FLAC, kualitas persis sama dengan kualitas audio file sama dengan aslinya. Tidak seperti MP3 dan Ogg Vorbis, FLAC menggunakan lossless compression untuk mengurangi ukuran dari file tersebut dan itu berarti bahwa ketika audio asli dikodekan ke dalam format audio yang lossy, beberapa data audio hilang selamanya dan tidak dibawa kembali dengan cara apapun.

Karakteristik
 FLAC adalah format audio yang gratis dan bisa dipakai siapa saja. Mungkin karena faktor ini juga yang menyebabkan para produsen MP3 Player mengintegrasikan format FLAC kedalam produk-produk mereka.
 kualitas suara yang dihasilkan juga berbeda jauh dari format MP3.
 Player tersebut bisa menaikkan volume suara yang tadinya kecil menjadi dua kali lipat lebih besar. Selain itu, dalam player tersebut sudah terintegrasi berbagai codec sehingga berbagai format audio maupun video bisa diputar pada player ini tentunya dengan kelebihan suara yang menggelegar.


Penerapannya

HD berkapasita besar, speaker THX dan soundcard yang bagus

2. WMA
Format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA) ini disukai para vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini. Kelebihan WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh peranti lunak dan peranti keras terbaru pada umumnya.
WMA: Windows Media Audio, format audio lossy Microsoft. Ini dikembangkan dan digunakan untuk menghindari masalah lisensi dengan format MP3, tetapi karena perbaikan besar dan kompatibilitas DRM, serta implementasi lossless, format ini masih ada. Format ini sangat populer sebelum iTunes menjadi juara musik DRM.
• Kualitas sound
kualitas suara ditentukan oleh bit rate dan sample rate.bahwa semakin tinggi bit rate dan sample rate maka kualitas suara akan semakin bagus.
• Bit Depth
Disamping Sample Rate, Kualitas Audio juga ditentukan oleh Bit Depth. Bit Depth adalah nilai resolusi suara atau jumlah tingkatan level suara.Audio 8 bit menyedia kan 2 pangkat delapan atau 256 level. Audio 16 bit menyediakan 65.536 level dan audio 32 bit memiliki jumlah jangkauan 2 pangkat 32 . Makin tinggi nilai jangkauan makin baik kualitas. Namun demikian ukuran file yang diperlukan juga semakin besar.
Karakteristik
• Sample Rate
Sample rate adalah menunjukkan nilai sinyal audio yang diambil dalam satu detik etika melakukan rekaman suara. Semakin tinggi nilai sample rate ini kualitas audio yang dimainkan semakin baik.Agar diperoleh suara digital yang bagus maka suara analog harus di-sampling sekitar 2 kali lipat frekuensi-nya. Karena frekuensi tertinggi suara sekitar 20 kHz, maka sampling yang terbaik haruslah minimal 44.100 sample/detik (kualitas CD).
• Bit Rate
Dari uraian di atas, dapat kita definisikan bahwa bit rate adalah suatu ukuran kecepatan bit suatu data dari tempat satu ke tempat lain yang biasanya diukur dengan waktu seperti Kbps (Kilobit per second), Mbps (Megabit per second) dan seterusnya. Jadi kalau mau internetan, cari warnet atau WIFI yang besar bitnya biar download file atau main game onlinenya tidak perlu lama menunggu.
Fungsi serta Penerapannya
• HardwareKomputer,Cpu,Mouse Dan Speaker Active/Headphohe
• SoftwareAdobe Audition 2.


Sigit Thomas Wibowo

Jumlah posting : 2
Join date : 18.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  bagas denny on Tue Dec 17, 2013 3:34 pm

Nama : Denny Bagas
Nim : 12016015
Prodi : Sistem Informasi

AAC
Advanced Audio Coding (AAC) merupakan standar format berkas audio terkompresi. AAC umumnya memiliki kualitas suara yang lebih baik dibandingkan dengan format populer MP3 dalam bitrate yang sama khususnya pada bitrate di bawah 100 kbit/s. AAC merupakan format yang umum digunakan ketika melakukan kompresi CD audio pada Apple iPod dan iTunes (eksensi .m4a). Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG). Sample rate yang ditawarkan sampai 96 KHz atau dua kali MP3 yang hanya 44 KHz.
• Music reproduction (consumer audio) => Yes
• Creator => ISO/IEC
• Lossless audio compression => No

FLAC
Free Lossless Audio Codec (FLAC) adalah format berkas untuk kompresi data audio lossless. Sebuah rekaman digital dapat dikompres ke dalam format FLAC sehingga berukuran lebih kecil, kemudian bila dibutuhkan dapat dikembalikan ke keadaan semula. Secara rata-rata berkas FLAC berukuran 53% dari ukuran aslinya.
Perangkat lunak FLAC bersifat bebas dan open source. FLAC banyak digunakan untuk mengedarkan bootleg rekaman konser, dan lebih disukai oleh penggemar audio karena kualitasnya lebih tinggi daripada mp3.
• Creator => IXiph.Org Foundation
• Lossless audio compression => Yes

bagas denny

Jumlah posting : 5
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas membandingkan format audio

Post  Reza Fadhlil Aziz on Tue Dec 17, 2013 3:34 pm

Reza Fadhlil Aziz
12016002

FLAC ( Free Lossless Audio Codec)
FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, yang berarti kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya.
Kelebihan :

- Tidak perlu mengeluarkan biaya (free)
- format flac sering dijadikan pilihan untuk proses backup koleksi audio cd.
- Format ini sama seperti wav, dimana hasil encoding memiliki kualitas yang sama dengan kualitas sumber aslinya.

Kekurangan :

Memiliki ukuran yang cukup besar Semakin banyak orang-orang yang melakukan burning CD untuk membuat CD audio dengan menggunakan format FLAC. Namun, audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan tidak mengenali file audio dengan format FLAC tersebut.

Dibandingkan dengan WMA (Windows Media Audio)

WMA merupakan format audio yang dikembangkan oleh Microsoft Coorperation, yang berupa codec audio lossy yang bersaing dengan AAC yang sudah mulai banyak digunakan oleh Apple dalam produknya seperti iPod dan iTunes Music Store.


Kelebihan

1. Kualitas yang lebih baik dari pada format MP3 dan AAC.
2. Cukup populer dan banyak di gunakan oleh beberapa perangkat lunak maupun perangkat keras yang mendukung pemutaran musik.
3. Menggunakan sistem DRM yang dapat mencegah pembajakan musik.
4. Di buat untuk menangani beberapa jenis file audio.

Jadi kesimpulannya saya lebih memilih WMA karena kualitasnya lebih bagus dan bisa diputar di sebagian besar media audio player yang populer. Selain itu hasilnya tidak terlalu memakan memori karena ukurannya tidak terlalu besar.
avatar
Reza Fadhlil Aziz

Jumlah posting : 28
Join date : 23.10.13
Age : 23

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

thread aktivitas 17 Desember 2013

Post  t salam on Tue Dec 17, 2013 3:38 pm

tarmidi salam (12016005)


Codec audio OGG
Source Available ==> YES (OSI approved license)
Player Support ==> WinAmp, XMMS, RhythmBox, dan Quintessential.
Hardware Support ==> no
License Cost ==> none
OS support ==> Linux, Windows, Unix, others
Last official release ==> somewhere in 2002 (now recommends FLAC)

Alasannya : bisa untuk keperluan mengoleksi musik, transfer via internet dan memainkan diplayer portable dan dengan memiliki kualitas suara yang baik



Codec audio WAV
Source Available ==> YES (OSI approved license)
Player Support ==> YES (Winamp, XBMC, foobar2000, CorePlayer, lavc1, DS2, more)
Hardware Support ==> SOME (with Rockbox firmware, see WavPack website)
License Cost ==> NONE
OS support ==> Linux, Windows, Mac OS X, *BSD, Solaris, others
Last official release ==> 28 May 2013

Alasan saya :
WAV menggunakan teknik pulse-code modulation (PCM) yang tidak dikompres. Dengan cara ini , detil tidak hilang ketika audio analog didigitalkan dan disimpan. Ini membuat format WAV (menggunakan PCM) menjadi pilihan untuk mengedit audio high-fidelity.
avatar
t salam

Jumlah posting : 39
Join date : 11.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas membandingkan format audio

Post  rovic on Tue Dec 17, 2013 3:38 pm

Rovic eko pramuzi 12016006
• AAC (Advance audio coding )
Kelebihan
Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG)
Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah (dibawah 16 Hz).
Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
Memilikifile size lebih kecil, namun suara tetap bagus di low bitrate.
Memiliki 48 channel

Di bandingkan dengan
FLAC ( Free Lossless Audio Codec)
Kelebihan :

- Format ini sama seperti wav, dimana hasil encoding memiliki kualitas yang sama dengan ---- kualitas sumber aslinya. format flac sering dijadikan pilihan untuk proses backup koleksi audio cd.
namun FLAC mempunyai kekurangan yaitu
Memiliki ukuran yang cukup besar jika untuk yang melakukan burning CD untuk membuat CD audio dengan menggunakan format FLAC. Dan audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan

Jadi kesimpulanya menurut saya lebih bagus menggunakan ACC dari pada menggunakan FLAC karenan FLAC ukuranya lebih besar dan dan tidak bisa memutar file audio player seperti Winamp 5 tidak bisa memutar format ini bahkan tidak mengenali file audio dengan format FLAC tersebut.

avatar
rovic

Jumlah posting : 52
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas Review Format Audio

Post  Oby Rahmandani on Tue Dec 17, 2013 3:42 pm

Nama : Oby Rahmandani
NIM : 12016031

Hasil Perbandingan antara Format Audio AAC dengan FLAC :

AAC singkatan dari Advanced Audio Coding yang diberlakukan tahun 1997 didukung MPEG (Motion Picture Experts Group) pada standar MPEG-2. AAC bisa dikatakan lebih baik dari pada MP3 karena mendukung pada bitrate rendah, dapat di gunakan pada format musik online untuk gadget seperti Ipod, Apple, iTunes dan lain-lain.
AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang).
Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
Memiliki 48 channel.
Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.

FLAC adalah singkatan dari Free Lossless Audio Codec, yang berarti kompresi data yang dihasilkan hampir sama dengan kualitas audio aslinya. Format Audio ini bersifat open source, mendukung platform komputasi ganda dan dinilai sebagai Audio Codec Lossless terbaik yang ada. Encoding dan Decoding sangat cepat, kompresi yang baik. Saat ini, iTunes dan Ipod tidak mendukung format file audio ini.
suara yang dihasilkan sangat jernih akan tetapi ukuran memori permusiK cukup besar dengan size berkisar 20-50 MB

Dari perbandingan diatas saya menyarankan memilih format AAC, karena kualitas suara yang bagus dan didukung oleh berbagai aplikasi populer, seperti IPod dan Itunes, Winamp. Walaupun dibanding FLAC format ini tidak bersifat open source/gratis dan hasil kompresi tidak seperti semula
avatar
Oby Rahmandani

Jumlah posting : 32
Join date : 11.09.13
Age : 23
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread untuk review format audio

Post  sriayu1994 on Tue Dec 17, 2013 3:44 pm

Assalamu'alaikum wr wb...

Nama : Sri Ayu Windarti
NIM : 12E16033


Format Audio

1. AAC (Advanced Audio Coding)
Merupakan format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang).

Karakteristik :
- AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah
dikompres terdapat data-data yang hilang).
- AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.
- Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz.
- Memiliki 48 channel.
- Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
- Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
- Ekstensi filenya diantaranya( .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, dan .aac).

2. FLAC (Free Lossless Audio Codec)
Adalah format berkas untuk kompresi data audio lossless. Sebuah rekaman digital dapat dikompres ke dalam format FLAC sehingga berukuran lebih kecil, kemudian bila dibutuhkan dapat dikembalikan ke keadaan semula. Secara rata-rata berkas FLAC berukuran 53% dari ukuran aslinya.

Karakteristik :
- FLAC merupakan format audio yang gratis dan bisa dipakai siapa saja.
- FLAC memerlukan ruang harddisk yang cukup besar tapi suara yang dihasilkan sangat jernih
- Kompresi audio yang lebih baik karena dirancang khusus untuk audio saja
- Dukungan terhadap hardware, metadata yang fleksibel, cocok untuk pengarsipan dan Tahan error.
- Sistem operasi untuk FLAC, antara lain Windows, "unix" (Linux, *BSD, Solaris, OS X, IRIX), BeOS, OS/2, dan Amiga.

Kesimpulan
Untuk kualitas suara, Flac lebih unggul dibanding ACC meskipun memerlukan ruang harddisk yang cukup besar.

contoh perbandingan format audio ACC dengan Flac
ACC
Size : 4.39 MB
Bit Rate : 126 kbps
Sample Rate : 44100 Hz
Kualitas Audio : Suara kurang bagus

FLAC
Size : 28.5 MB
Bit Rate : 812 kbps
Sample Rate : 48000 Hz
Kualitas Audio : Suara terdengar jernih

Wassalamu'alaikum wr wb....  Smile 
avatar
sriayu1994

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.13
Age : 23
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

aktivitas 17 des.

Post  Bahrudin on Tue Dec 17, 2013 3:44 pm

12B16023 bahrudin

1. AAC ( Advance audio Coding )

KUALITAS SUARA:  lebih baik dibanding mp3, bitrate dibawah 100 kbit/s.
FORMAT: MPEG motion picture express group dengan sample rate sampai 96 khzatau sama dengan 2x mp3 yang hanya mempunyai 44 khz
PIRANTI YANG MENDUKUNG FILE: adalah iPhone AAC   merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3
KELEBIHAN YANG LAIN ANTARA LAIN:
  1.   Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kH
  2.  Memiliki 48 channel.
  3.  Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).


2. FLAC, Free Lossless Audio Codec.

Format Audio ini bersifat open source, mendukung platform komputasi ganda dan dinilai sebagai Audio Codec Lossless terbaik yang ada. Encoding dan Decoding sangat cepat, kompresi yang baik. Saat ini, iTunes dan Ipod tidak mendukung format file audio ini.

Banyak orang yang berpendapat bahwa audio dengan format ini lebih baik dari Mp3, suara yang dihasilkan sangat jernih akan tetapi ukuran memori permusic cukup besar, anda harus menyiapkan memori yang besar jika ingin mengoleksi music-music dengan format FLAC.
avatar
Bahrudin

Jumlah posting : 46
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  Prayoga Subekti on Tue Dec 17, 2013 3:46 pm

Nama : Prayoga Subekti
NIM : 12016014

1. Format Audio AAC
AAC ( Advance Audio Codec ) : adalah sistem lossy compession untuk file audio, dikembangkan oleh Motion Picture Expert Group ( Fraunhofer Institute, Dolby, Sony, Nokia dan AT&T ) untuk menggantikan MP3. Ini perluasan dari MPEG-2 standard dan mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan MP3, kompresi yang lebih effisien dengan kualitas suara audio yang lebih baik dan mendukung audio multichannel.

Kelebihan Format Audio AAC
-Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG)
-Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
-Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah (dibawah 16 Hz).
-Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp


2.Format audio WMA
WMA ( Window Media Audio ) : adalah codec untuk lossy compression, yang dikembangkan pertama sekali ujua untuk menyaingi MP3 oleh Microsoft. Sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC yang digunakan pada produk Apple seperti iPod dan iTunes Music Strore. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC.
WMA audio stream hampir selalu dengan file ASF. Jika hanya membawa data audio, biasanya file mempunyai ekstensi .WMA. Adapula versi lossless untuk multichannel surround sound dan untuk voice encoding (WMA Voice).

Kelebihan Format Audio WMA
- Merupakan Format yang ditawarkan Microsoft.
- Mendukung Digital Rights Management (DRM)
- fitur untuk mencegah pembajakan musik,
- kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Karena bitrate nya lebih dari 16 hz.


Dari perbandingan dua format audio diatas yakni AAC dan WMA, maka dapat si diimpulkan bahwa format audio WMA lebih baik dari pada AAC.
Dapat dikatakan demikian karena:
- WMA lebih baik dan jernih kualitas suara yang dihasilkan
- Mendukung Digital Rights Management (DRM) Sehingga dapat mencegah Pembajakan musik.
Kedua hal diatas tidak dimiliki oleh format audio AAC.
avatar
Prayoga Subekti

Jumlah posting : 36
Join date : 13.11.13
Age : 23

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  Mamlu lulu on Tue Dec 17, 2013 3:48 pm

Nama : mamlu atu Rahmah
Nim : 12E16034


12.17.2013Menurut saya FLAC dibanding RA lebih bagus RA karena RA dapat digunakan untuk format audio streaming dan FLAC tidak dapat didukung oleh Ipod dan Ituns. Dengan pertimbangan sebagai berikut :
1. FLAC (Free Lossless Audio Codec)
Karakteristik :
- Format Audio ini bersifat open source
- mendukung platform komputasi ganda dan dinilai sebagai Audio Codec Lossless terbaik yang ada.
- Encoding dan Decoding sangat cepat, kompresi yang baik.
- bisa menangani setiap resolusi PCM bit 4-32 bit per sampel , setiap sampling rate dari 1 Hz sampai 655.350 Hz
- FLAC menggunakan CRC checksum untuk mengidentifikasi frame rusak bila digunakan dalam protokol streaming
Kelemahan :
- Saat ini, iTunes dan Ipod tidak mendukung format file audio ini. Audio dengan format ini lebih baik dari Mp3, suara yang dihasilkan sangat jernih akan tetapi ukuran memori permusik cukup besar, maka untuk harus menyiapkan memori yang besar jika ingin mengoleksi musik-musik dengan format FLAC.
- FLAC hanya mendukung sampel fixed-point , tidak floating-point
- sumber audio dikodekan ke FLAC biasanya dikurangi menjadi 50-60 % dari ukuran aslinya
Contoh Penerapan :
- FLAC lossless sangat cocok untuk transcode misalnya ke MP3 , tanpa kehilangan kualitas biasanya terkait transcoding .
- Sebuah file CUE opsional yang dapat dibuat ketika ripping CD . Jika CD dibaca  sempurna untuk file FLAC ,maka  file CUE  membakar CD audio

2. RA (Real Audio)
Karakteristik :
- Format ini biasanya memiliki ekstensi RA, RM RAX dan RAM.
- RA file dapat dikonversi menjadi format WMA, WAV, AAC atau MP3.
Kelemahan :
- Format ini memerlukan tambahan plugin agar dapat memainkannya

Contoh penerapan :
- Real Audio sering digunakan sebagai format audio streaming. Hal ini membuat format audio umum digunakan banyak stasiun radio internet. File real audio dimainkan dengan menggunakan realnetworks real player dan jet audio yang memerlukan tambahan plugin gratis agar dapat memainkan file RA.

Mamlu lulu

Jumlah posting : 9
Join date : 13.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

aktivitas 17 Desember 2013 (Perbandingan Format Audio)

Post  Maryadi on Tue Dec 17, 2013 3:51 pm

AAC (Advanced Audio Coding)
AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bias dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang). AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

Cara Kerja:
1. Bagian-bagian sinyal yang tidak relevan dibuang.
2. Menghilangkan bagian-bagian sinyal yang redundan.
3. Dilakukan proses MDCT (Modified Discret Cosine Transform) berdasarkan tingkat kekompleksitasan sinyal.
4. Adanya penambahan Internal Error Correction.
5. Kemudian, sinyal disimpan atau dipancarkan.

Kelebihan AAC
1. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz
2. Memiliki 48 channel.
3. Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
AAC mampu memperdengarkan kualitas suara yang lebih baik ketimbang Mp3.

Kekurangan :
1. File yang sudah dikompres tidak bisa di kembalikan ke bentuk awal, karena ada beberapa data yang hilang.
2. Lisensi AAC tidak gratis.

Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005

WMA
WMA (Windows Media Audio) adalah format yang ditawarkan oleh Microsoft. Format ini di desain khusus untuk digunakan pada Windows Media Player yang ada pada sistem operasi windows.

Kelebihan :
1. File WMA bisa dijalankan pada media player lain juga walaupun berada pada sistem operasi yang lain.
2. Sangat disukai vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights
3. Management (DRM). DRM (Digital Rights Management ) adalah fitur yang mendukung pencegahan terhadap pembajakan musik.
4. memiliki kualitas musik lebih baik dibandingkan MP3 dan AAC
5. Format WMA cukup populer dan didukung oleh piranti keras dan piranti lunak

Kekurangan :
File wma memiliki ukuran yang cukup besar karena teknik kompresi kurang dilakukan dengan maksimal. Format audio wma biasanya tidak digunakan di internet karena ukuran file yang besar.

Kesimpulan:
Jadi dari 2 Format audio yang dicermati diatas, maka penulis menarik kesimpulan bahwa AAC lebih baik daripada WMA, berdasrkan karakteristik dan spesifikasi yang diterangkan pada artikel diatas.


By: Maryadi(12016025)

Maryadi

Jumlah posting : 57
Join date : 17.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktifitas 17 Desember 2013

Post  Rifa on Tue Dec 17, 2013 3:55 pm

Nama : Musrifah
NIM : 12016032


1. AAC singkatan dari Advanced Audio Coding, adalah sebuah relatif format baru.

Karakteristik AAC :
Pada setiap bit rate, AAC terdengar lebih baik dibanding dengan Mp3. Demikian pula, 128 Kbps AAC akan terdengar lebih baik dari 128 Kbps Mp3. AAC adalah format audio yang mendapat popularitas yang cukup tinggi sehingga lebih kompatible dengan media pemutar music, seperti Ipod.
Ekstensi : AAC merupakan format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang).

Contoh penerapan :
- AAC telah dibuat sangat populer oleh Apple karena telah di integrasikan kedalam software music Apple, iTunes dan Ipod portable audio player.
- Ipod adalah satu-satunya pemutar audio portable yang dapat memutar format berjenis MPEG-4 AAC
- Apple pun menggunakan AAC menjadi format audio iPhone, Ipod, iTunes dan iTunes Store yang ditambahkan pelindung fairplay DRM pada file AAC yang dijualnya. ITunes Music Store menggunakan 128 Kbps AAC.


2. WMA atau Windows Media Audio adalah format audio keluaran dari Microsoft.

Karakteristik :
Eksklusif untuk platform Windows, WMA menawarkan file yang terdengar lebih baik dibandingkan dengan MP3 dalam bitrate yang lebih rendah. Akan tetapi saat ini WMA bukan format audio terbaik. Format ini tidak di support untuk Ipod .

Contoh : - untuk mengconvert file dari format WMA ke AAC atau MP3.

Menurut saya lebih bagus AAC daripada WMA karena AAC bisa suport untuk banyak produk seperti ipod sedangkan WMA tidak bisa suport untuk Ipod.

Rifa

Jumlah posting : 34
Join date : 11.09.13
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

[ Jawaban ] Format Audio

Post  Mahardika D S on Tue Dec 17, 2013 3:59 pm

Nama : Mahardika Deni Setyawan
NIM : 10016029

Assalamualaikum W. W.


1. AAC

AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bias dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang).
AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

Cara Kerja:
1. Bagian-bagian sinyal yang tidak relevan dibuang.
2. Menghilangkan bagian-bagian sinyal yang redundan.
3. Dilakukan proses MDCT (Modified Discret Cosine Transform) berdasarkan tingkat kekompleksitasan sinyal.
4. Adanya penambahan Internal Error Correction.

Kelebihan AAC:
1. Mempunyai sample rate antara 8 Hz – 96 kHz.
2. Memiliki 48 channel.
3. Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).

Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005.


2. WMA

Format yang ditawarkan Microsoft, Windows Media Audio (WMA) ini disukai para vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM adalah fitur untuk mencegah pembajakan musik, hal yang sangat ditakuti oleh studio musik saat ini. Kelebihan WMA lainnya adalah kualitas musik yang lebih baik daripada MP3 maupun AAC. Format ini cukup populer dan didukung oleh peranti lunak dan peranti keras terbaru pada umumnya.

Format WMA ini berupa codec untuk lossy compression, yang dikembangkan pertama sekali untuk menyaingi MP3 oleh Microsoft. Sementara ini Microsoft memposisikan WMA bersaing dengan AAC yang digunakan pada produk Apple seperti iPod dan iTunes Music Strore. WMA juga menggunakan sistem Digital Rights Management seperti AAC untuk proteksi penggandaan dan membatasi pemutaran pada PC atau peranti tertentu. WMA audio stream hampir selalu dengan file ASF. Jika hanya membawa data audio, biasnya file mempunyai ekstensi .WMA. Adapula versi lossless untuk multichannel surround sound dan untuk voice encoding (WMA Voice).

Wassalamualaikum W. W.

Mahardika D S

Jumlah posting : 2
Join date : 14.04.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

aktivitas 10 Des 2013

Post  dicka on Tue Dec 17, 2013 4:01 pm

Nama : Hendika Andra Winata
Nim : 12016021

Format AMR
Software ini selain sebagai player file berekstensi amr, juga dapat digunakan untuk merubah file amr menjadi mp3 (amr to mp3), maupun ke wav (amr to wav) serta dari mp3/wav ke amr
-Kelebihan software ini adalah dapat mengkonversi file amr menjadi mp3, file mp3 hasil konversi berukuran cukup kecil,
-kelemahannya software ini hanya dapat mengubah file audio satu persatu, sehingga cukup merepotkan jika ingin mengonversi ratusan file amr.
Untuk menggunakannya, cukp tambahkan file amr ke list file amr player menggunakan tombol Add File, selanjutnya sorot salah satu file tertebut, kemudian klik tombol AMR to MP3
Kesimpulan:
AMR adalah format speech audio dan tidak mungkin memberikan hasil yang ideal untuk hasil konversi ke audio AMR adalah format speech audio dan tidak mungkin memberikan hasil yang ideal untuk hasil konversi keaudiolainnya.

Format AAC (Advance audio coding )
AAC merupakan format kompresi audia yang di gunakan dalam apple ipod dan AAC Sebuah standar pengkodean audio yang digunakan dalam sistem televisi digital. AAC menyediakan dasarnya kualitas suara yang sama seperti MP3 saat menggunakan bit rate yang lebih kecil. AAC terutama digunakan untuk kompres musik. Ekstensi nama file. Aac.

Kelebihan :
Format ini merupakan bagian standar Motion Picture Experts Group (MPEG)
Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
Kualitas musik dalam format ini cukup baik bahkan pada bitrate rendah (dibawah 16 Hz).
Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.


Terakhir diubah oleh dicka tanggal Tue Dec 17, 2013 4:02 pm, total 1 kali diubah
avatar
dicka

Jumlah posting : 65
Join date : 21.09.13
Age : 23
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread untuk review format audio

Post  Sri_Rohidayati on Tue Dec 17, 2013 4:01 pm

Nama : Sri Rohidayati(12016003)
NIM : 12016003

Perbedaan format Audio AAC dan MP4

1. AAC(Advanced Audio Coding)
Karakteristik AAC(Advanced Audio Coding)
- Ekstensi : .aac
- Portable player untuk format file AAC adalah Archos, Creative Zen Portable,
Microsoft Zune, SanDisk Sansa,
Sony Playstation Portable (PSP), Sony Walkman, Nintendo DSi, dan Cowon.
- AAC bersifat lossy compression dengan maksud data hasil kompresi tidak bisa
dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres,
karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang dan menjadi
penyempurna MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

1. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz.
   2.  Memiliki 48 channel.
   3.  Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
- Cara kerja:
1. Bagian-bagian sinyal yang tidak relevan dibuang.
2. Menghilangkan bagian-bagian sinyal yang redundan.
3. Dilakukan proses MDCT (Modified Discret Cosine Transform)
berdasarkan tingkat kekompleksitasan sinyal.
4. Adanya penambahan Internal Error Correction.
5. Kemudian, sinyal disimpan atau dipancarkan.

AAC
Size :4,19 MB
Bit Rate :128kbps
Sample Rate : 44100
Kualitas Audio :Sedikit Nyaring

Kesimpulan:
AAC bersifat lossy compression dengan maksud data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres, karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang dan menjadi penyempurna MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

2. MP4
Karakteristik MP4
- MP4 adalah format data multimedia sebagai bagian dari format MPEG-4.
- mp4 digunakan untuk menyimpan data audio video, dan juga mampu menangani data lain seperti subtitle.
- MP4 memiliki kelebihan dibandingkan dengan format lainnya, yakni memungkinkan untuk dilakukannya proses streaming di internet, sehingga pengguna
dapat langsung menonton tayangan yang disimpan dalam format ini, dan tidak perlu mengunduh filenya.
- MP4 menggunakan jenis file dengan ekstensi .mp4. Nama MP4 juga digunakan pada perangkat player yang dapat memutar file MP4 dan format lainnya dengan nama MP4 Player.

MP4

Size : 4.00 MB

Bit rate :125 kbps

Sample Rate :44100 Hz

Kualitas Audio :Suara kurang bagus


Kesimpulan : saya lebih memilih format audio MP4 karena dengan menggunakan format ini bisa digunakan untuk kompresi video dan audio dan bisa digunakan untuk subtitle.
avatar
Sri_Rohidayati

Jumlah posting : 55
Join date : 11.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  Tindy Annesa Migunani on Tue Dec 17, 2013 4:01 pm

Nama : Tindy Annesa M
Nim : 12016026

Tindy Annesa Migunani
12016026
Sistem Informasi

TUGAS TEKNOLOGI MULTIMEDIA
1. Karakeristik OGM ::
- OGM memungkinkan integrasi audio Oog Vorbis
- Dari segi kualitas , kelebihannya adalah kulitas yang lebih tinggi pada bitrate rendah dibandingkan format lain .
Penerapan : - OGM adalah format kontainer untuk audio , video , dan subtitle
-Untuk membuka file OGM di windows diperlukan paket sotware yang di sebut Oog Vorbis Direct Filter .

2. Karakerisik AAC ::
- Format ini merupakan bagian standar motion picture expert group (MPEG)
- Format ini digunakan Apple pada toko musik onlinenya .
- Pilihan untuk audio codec internet , wireless , dan digital broadcast
- Mendukung audio encoding dengan kompresi lebih efisien di bandingkan mp3 , dan mempunyai kualias hampir setara CD Audio.
- Sample ratenya sampai 96 Khz dan 2x lebih baik dari format MP3
Penerapan :
- untuk Audio codec : Quick time, Itunes , Ipod.


OGM dengan AAC menurut saya lebih bagus AAC , karena sample ratenya lebih baik dari format MP3 .




Tindy Annesa Migunani

Jumlah posting : 21
Join date : 19.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktifitas 17 Desenber 2013

Post  Annisa Hikmawati on Tue Dec 17, 2013 4:03 pm

Oleh:
Annisa Hikmawati (12016028)

Format audio:
1. AIFF
Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc
- AIFF (Audio Interchange File Format) merupakan format file audio yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya.
- Standar dari file AIFF adalah Uncompressed Pulse-Code Modulation (PCM), namun juga ada varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF-C dengan berbagai kompresi codec.
- Merupakan format file yang tidak dikompres, yang dikembangkan oleh Apple pada Machintosh dan platform Unix.
- Merupakan format standar untuk Mac.
- AIFF yaitu berkas suara digital yang tidak terkompres seperti berkas yang ada dalam CD audio.

2. MIDI
Ekstensi : .mid
- Merupakan standar yang dibuat oleh perusahaan alat-alat music elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrument dapat berkomunikasi.
- Lebih cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer.
- Format ini berukuran kecil.

Menurut saya format file audio yang lebih bagus antara AIFF dan MIDI adalah "MIDI"
Karena:
Keunggulan:
1) Jenis instrumen musik bisa diubah sesukanya tanpa harus merekam ulang data lagu
2) Ukuran filenya sangat kecil (5 menit lagu full orchestra ukurannya bisa hanya 50 Kb)
3) Tidak membutuhkan komputer yang 'powerful'




Annisa Hikmawati

Jumlah posting : 17
Join date : 14.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

aktifitas 17 desember 2013(perbandingan

Post  hamdan on Tue Dec 17, 2013 4:03 pm

WMA

WMA (Windows Media Audio) adalah format yang ditawarkan oleh Microsoft. Format ini di desain khusus untuk digunakan pada Windows Media Player yang ada pada sistem operasi windows.

Kelebihan :

· File WMA bisa dijalankan pada media player lain juga walaupun berada pada sistem operasi yang lain.

· sangat disukai vendor musik online karena dukungannya terhadap Digital Rights Management (DRM). DRM (Digital Rights Management ) adalah fitur yang mendukung pencegahan terhadap pembajakan musik.

· memiliki kualitas musik lebih baik dibandingkan MP3 dan AAC

· Format WMA cukup populer dan didukung oleh piranti keras dan piranti lunak

Kekurangan :

· . File wma memiliki ukuran yang cukup besar karena teknik kompresi kurang dilakukan dengan maksimal. Format audio wma biasanya tidak digunakan di internet karena ukuran file yang besar.
Format Audio Interchange File Format (AIFF)

File AIFF merupakan format file audio standar yang digunakan untuk menyimpan data suara untuk PC dan perangkat audio elektronik lainnya, yang dikembangkan oleh Apple pada tahun 1988. Standar dari file AIFF adalah uncompressed code pulse-modulation (PCM), namun juga ada varian terkompresi yang dikenal sebagai AIFF AIFF-C atau aifc, dengan berbagai kompresi codec.

Audio Interchange File Format [.AIF] - Merupakan format standar Macintosh. - Software pendukung: Apple QuickTime Audio CD [.cda] - Format untuk mendengarkan CD Audio - CD Audio stereo berkualitas sama dengan PCM/WAV yang memiliki sampling rate 44100 Hz, 2 Channel (stereo) pada 16 bit. - Durasi = 75 menit dan dynamic range = 95 dB.

Kelebihan :

• Memiliki suara yang bagus.

Kekurangan :

• tidak bisa diputar pada windows karena product aiff hanya mendukung untk MAC OS

• memiliki ukuran yang cukup besar sehingga format aiff jarang digunakan pada internet



avatar
hamdan

Jumlah posting : 30
Join date : 13.11.13

Lihat profil user http://www.hamdan.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  zuharisa on Tue Dec 17, 2013 4:04 pm

Nama : Zuharisa
Nim   : 12016001

FLAC (Free Lossless Audio Codec) :

1. FLAC menggunakan lossless compression untuk mengurangi ukuran dari file.
2. Bitrate Pada  FLAC  901 Kbps
3. Sample Rate pada  FLAC 48 Khz
4. Kualitas pada FLAC Sangat baik
5. Biaya encoder dan playernya  gratis
6. Perangkat lunak FLAC bersifat bebas dan open source.
7. Prinsip kerjanya mirip dengan kompresi Zip
8. FLAC didukung penuh banyak aplikasi software audio dan bekerja sama dengan oog, vorbis, Theora, Speex dan lain-lain.

AAC (Advanced Audio Coding) :

1. ACC menggunakan lossy compression
2. ACC dengan bitrate 119 Kbps
3. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
4. Kualitas pada ACC baik
5. Biaya encoder dan playernya gratis
6. Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
7. Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005
8. format kompresi audio yang digunakan dalam Apple iPod, iPhone dan iTunes.


Jadi kesimpulannya menurut saya format audio ACC lebih unggul dan lebih baik dari format FLAC karena  AAC ini dapat mengeluarkan kualitas suara yang baik dibanding dengan format populer MP3 dalam birate yang sama khusus nya pada birate dibawah 100 kbit/s. Advanced Audio Coding (AAC) juga dapat digunakan ketika melakukan kompresi CD
avatar
zuharisa

Jumlah posting : 37
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread untuk review format audio

Post  Deli Putri Ratnasari .E. on Tue Dec 17, 2013 4:04 pm

Nama : Deli Putri Ratnasari Effendy
NIM : 12016011

1. AAC
Karakteristik AAC(Advanced Audio Coding)
- Ekstensi : .aac
- Portable player untuk format file AAC adalah Archos, Creative Zen Portable,
Microsoft Zune, SanDisk Sansa,
Sony Playstation Portable (PSP), Sony Walkman, Nintendo DSi, dan Cowon.
- AAC bersifat lossy compression dengan maksud data hasil kompresi tidak bisa
dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres,
karena setelah dikompres terdapat data-data yang hilang dan menjadi
penyempurna MP3 dalam hal medium dan high bit rates.

1. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz, sedangkan MP3 16 Hz – 48 kHz.
   2.  Memiliki 48 channel.
   3.  Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah

2. AIFF
Audio Interchange File Format (AIFF) merupakan format standar untuk Mac.
AIFF yaitu berkas suara digital yang tidak terkompres seperti berkas
yang ada dalam CD audio. Dengan memutarnya di Windows, sebuah lagu di CD
tampil sebagai CDA (CD Audio Track).

Karakteristik AIFF(Audio Interchange File Format) :
- Berkas dari AIFF menggunakan ekstensi .AIF.
- Audio Interchange File Format dikembangkan
oleh Apple Computer.
- AIFF menggunakan byte yang besar.Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc

Kesimpulannya saya lebih memilih aiff karenaSebuah variasi dari AIFF adalah berkas AFC
yang dapat memadatkan data berkas yang dikandungnya. Berkas tersebut
dimulai dengan header yang menggambarkan format internal dari data audio yang
berbentuk sampling rate, jumlah saluran, identifikasi data dan sebagainya.
Format data audio mengikuti header.
avatar
Deli Putri Ratnasari .E.

Jumlah posting : 33
Join date : 11.09.13
Age : 22

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

re : Thread untuk review format audio

Post  Nur Sabrina Ambarwati on Tue Dec 17, 2013 4:05 pm

Assalamu'alaikum wr. wb

Nama : Nur Sabrina Ambarwati
Nim : 12016016

Perbandingan antara AC3 dan MP2

  • AC3

1. Biaya encoder dan player =non-free
2. Implementasi sumber terbuka(codec) =FFmpeg, liba52 (decoding only), Aften (encoding only), libavc (2.0 channels max)
3. Implementasi Proprietary (codec) =DVD players, digital television
4. Aplikasi = Theatrical movie presentation, Digital TV service & home-video (personal recorders, DVD, etc.)
5. Algoritma = MDCT
6. Sample rate = 32, 44.1, 48 kHz
7. Bit Rate = 32 to 640 kbit/s


  • MP2

1. Biaya encoder dan player =non-free
2. Implementasi sumber terbuka(codec) =TooLAME (encoding only), TwoLAME (encoding only), FFmpeg
3. Implementasi Proprietary (codec) =various DVD software, video software, audio software
4. Aplikasi = DAB, DVB, DVD
5. Algoritma = Subband
6. Sample rate = 16, 22.05, 24 kHz
7. Bit Rate = 8, 16, 24, 32, 40, 48, 56, 64, 80, 96, 112, 128, 144, 160 kbit/s

Menurut saya format yang lebih baik adalah AC3 karena Sample rate dan Bit Rate lebih besar dari MP2

Nur Sabrina Ambarwati

Jumlah posting : 34
Join date : 14.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  dicka on Tue Dec 17, 2013 4:07 pm

Nama: yudianto arisman
nim: 12016004

ket: pak, saya lupa pasword id saya



1. AAC (Advanced Audio Coding)
Merupakan format audio menggunakan lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena ada data yang hilang).

Karakteristik :
- AAC bersifat lossy compression (data hasil kompresi tidak bisa dikembalikan lagi ke data sebelum dikompres secara sempurna, karena setelah
dikompres terdapat data-data yang hilang).
- AAC merupakan audio codec yang menyempurnakan MP3 dalam hal medium dan high bit rates.
- Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz.
- Memiliki 48 channel.
- Suara lebih bagus untuk kualitas bit yang rendah (dibawah 16 Hz).
- Software pendukung AAC : IPod dan Itunes, Winamp.
- Ekstensi filenya diantaranya( .m4a, .m4b, .m4p, .m4v, .m4r, .3gp, .mp4, dan .aac).
2. AIFF
Audio Interchange File Format (AIFF) merupakan format standar untuk Mac.
AIFF yaitu berkas suara digital yang tidak terkompres seperti berkas
yang ada dalam CD audio. Dengan memutarnya di Windows, sebuah lagu di CD
tampil sebagai CDA (CD Audio Track).

Karakteristik AIFF(Audio Interchange File Format) :
- Berkas dari AIFF menggunakan ekstensi .AIF.
- Audio Interchange File Format dikembangkan
oleh Apple Computer.
- AIFF menggunakan byte yang besar.Ekstensi : .aiff, .aif, .aifc

Kesimpulannya saya lebih memilih aiff karenaSebuah variasi dari AIFF adalah berkas AFC
yang dapat memadatkan data berkas yang dikandungnya. Berkas tersebut
dimulai dengan header yang menggambarkan format internal dari data audio yang
berbentuk sampling rate, jumlah saluran, identifikasi data dan sebagainya.
Format data audio mengikuti header.
avatar
dicka

Jumlah posting : 65
Join date : 21.09.13
Age : 23
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  zuharisa on Tue Dec 17, 2013 4:08 pm

Nama : Zuharisa
Nim : 12016001

FLAC (Free Lossless Audio Codec) :

1. FLAC menggunakan lossless compression untuk mengurangi ukuran dari file.
2. Bitrate Pada FLAC 901 Kbps
3. Sample Rate pada FLAC 48 Khz
4. Kualitas pada FLAC Sangat baik
5. Biaya encoder dan playernya gratis
6. Perangkat lunak FLAC bersifat bebas dan open source.
7. Prinsip kerjanya mirip dengan kompresi Zip
8. FLAC didukung penuh banyak aplikasi software audio dan bekerja sama dengan oog, vorbis, Theora, Speex dan lain-lain.

AAC (Advanced Audio Coding) :

1. ACC menggunakan lossy compression
2. ACC dengan bitrate 119 Kbps
3. Sample ratenya antara 8 Hz – 96 kHz
4. Kualitas pada ACC baik
5. Biaya encoder dan playernya gratis
6. Handphone : Nokia N91, Sony Ericsson W800, dan Motorola ROKR E1.
7. Hardware: Play Station Portable (PSP) pada Agustus 2005
8. format kompresi audio yang digunakan dalam Apple iPod, iPhone dan iTunes.


Jadi kesimpulannya menurut saya format audio ACC lebih unggul dan lebih baik dari format FLAC karena AAC ini dapat mengeluarkan kualitas suara yang baik dibanding dengan format populer MP3 dalam birate yang sama khusus nya pada birate dibawah 100 kbit/s. Advanced Audio Coding (AAC) juga dapat digunakan ketika melakukan kompresi CD
avatar
zuharisa

Jumlah posting : 37
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk review format audio

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Halaman 1 dari 2 1, 2  Next

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik