jawaban tugas lotus note

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

jawaban tugas lotus note

Post  09016020 on Sun May 26, 2013 11:11 am

Abdurahman 09016014
Rizal dwi prasetyo 09016024
Esta warisma 09016020

PENGERTIAN LOTUS NOTES

Lotus Notes adalah sebuah system aplikasi database berorientasi dokumen yang terdistribusi dan merupakan suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi – fungsi bisnis dan kegunaannya yang dibuat oleh IBM software group. Lotus notes juga merupakan groupware yang menghubungkan user yang satu dengan user yang lainnya dalam suatu sistem yang terintegrasi dengan baik.

Lotus Notes menggunakan data elemen semi-terstruktur seperti rich text dan grafik untuk memudahkan user dalam memodifikasi kata dan grafik. Lotus Notes juga Update secara periodik (berkala). Selain itu, lotus notes juga menempatkan data dengan menggunakan views (query yang telah didefinisikan sebelumnya). Dan juga lotus notes bisa berbagi pakai (share recources) antar perusahaan yang satu dengan yang lainnya.
disamping itu, lotus notes juga diakses melalui full-text search.

IBM LOTUS NOTES
IBM Lotus Notes adalah klien dari kolaboratif platform klien-server. IBM Lotus Domino adalah aplikasi Server . Lotus Notes menyediakan fungsionalitas kolaborasi terintegrasi, termasuk email, kalender, pengelolaan kontak, lakukan pelacakan, instant messaging, sebuah office suite produktivitas ( IBM Lotus Symphony ), dan akses ke aplikasi Lotus Domino lainnya dan database. Lotus Notes juga dapat diintegrasikan dengan kemampuan kolaborasi tambahan termasuk konferensi suara dan video, pertemuan online, diskusi, forum, blog, file sharing, microblogs, dan direktori pengguna. Selain aplikasi standar organisasi dapat menggunakan IBM Lotus Domino Designer lingkungan pengembangan dan alat-alat lain untuk mengembangkan aplikasi yang terintegrasi tambahan seperti persetujuan permintaan / alur kerja dan manajemen dokumen.
Sedangkan aplikasi email khas diprogram untuk menjadi email client, Lotus Notes adalah sebuah aplikasi yang merupakan bagian dari platform pengembangan aplikasi, di mana surat hanyalah salah satu dari banyak kemungkinan aplikasi. Lotus Notes dan Lotus Domino telah melahirkan banyak perangkat lunak pihak ketiga, termasuk aplikasi, add-in, add-ons, widget, plugin dan banyak lagi, seperti sistem manajemen dokumen forum diskusi , dan berbagai aplikasi bisnis lainnya.
TAHUN 2008, IBM merilis XPages teknologi, yang memungkinkan Lotus Notes data yang akan ditampilkan kepada klien browser di setiap platform yang mendukung standar web standar.


KELEBIHAN LOTUS NOTES

a. Lotus notes memberikan user interface (tampilan) yang standar untuk pengguna agar pengguna mudah menggunakan aplikasi lotus notes.
b. Lotus notes compatible for (dapat dijalankan pada workstation) Windows, OS/2, Macintosh, dan UNIX.
c. Lotus notes memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses data yang sama karena lotus notes memiliki sistem yang terintegrasi dengan sangat baik.
d. Menukar gagasan dan opini dari suatu kelompok kerja karena lotus notes adalah sebuah aplikasi yang well-integrated.
e. Akses kesuatu informasi dapat dikontrol karena lotus notes dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna tingkat atas seperti author.
f. Aplikasi lotus notes dapat menggunakan data eksternal seperti data dari Microsoft Office dll.
g. Aplikasi lotus notes dapat mengatur alur kerja (workflow) yakni mengatur tugas-tugas yang diberikan oleh atasan yang harus dikerjakan oleh bawahan-bawahannya.
h. Aplikasi lotus notes dapat digunakan untuk dijadikan sebuah e-mail app seperti Microsoft Outlook.
i. Aplikasi lotus notes dapat melakukan Browsing dengan Internet Explorer yang sudah terdapat didalam aplikasi lotus notes.

KELEMAHAN LOTUS NOTES

Kelemahan-kelemahan yang dijumpai antara lain :
1. Program aplikasi yang dipakai menggunkan fasilitas Lotus Notes yangtidak user friendly, sehingga dapat mempersulit pengguna (user) untuk melakukan proses entry, edit, proses, hapus, pencarian data sertapembuatan dokumen laporan.
2. Keterbatasan record pada database.
3. Kapasitas dari suatu file database sangat besar, sehingga menimbulkan borosnya penyimpanan data pada harddisk.

09016020

Jumlah posting : 1
Join date : 26.05.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Lotus Note

Post  mas wahid on Mon Jun 03, 2013 11:24 am

Kelompok :
andi pujinto 08016032
Hajar tri U 08016038
Hayu Wahid s 08016036
Idam cholid 08016049

LOTUS NOTES
Lotus Notes adalah sebuah sistem aplikasi  database berorientasi dokumen yang terdistribusi dan merupakan suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi-fungsi bisnis dan kegunaannya yang dibuat oleh IBM software group.lotus notes juga merupakan groupware yang menghubungkan user yang satu dengan user yang lainnya dalam suatu sistem yang terintegrasi dengan baik.
Secara garis Besar Lotus Notes bisa malakukan 3C yaitu :
a. Cominication
b. Coordinination
C. Coboration

Kelebihan Lotus Notes
a. Lotus notes memberikan user interface(tampilan) yang   standar untuk pengguna agar pengguna mudah menggunakan aplikasi lotus notes.
b. Lotus notes compatible for (dapat dijalankan pada workstation) Windows, OS/2, Macintosh, dan UNIX.
c. Lotus notes memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses data yang sama karena lotus notes memiliki sistem yang terintegrasi dengan sangat baik.
d. Menukar gagasan dan opini dari suatu kelompok  kerja karena lotus notes adalah sebuah aplikasi yang well-integrated.
e. Akses ke suatu informasi dapat dikontrol karena lotus notes dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna tingkat atas seperti author.
f. Aplikasi lotus notes dapat menggunakan data eksternal seperti data dari ms. office dll.
g. Aplikasi lotus notes dapat mengatur alur kerja (workflow) yakni mengatur tugas-tugas yang diberikan oleh atasan yang harus dikerjakan oleh bawahan-bawahannya.
h. Aplikasi lotus notes dapat digunakan untuk dijadikan sebuah e-mail app seperti microsoft outlook.
i. aplikasi lotus notes dapat melakukan Browsing dengan Internet Explorer yang sudah terdapat didalam aplikasi lotus notes.

Kelemahan Lotus Notes
a. Program aplikasi yang dipakai menggunkan fasilitas Lotus Notes yangtidak user friendly, sehingga dapat mempersulit pengguna (user) untuk melakukan proses entry, edit, proses, hapus, pencarian data sertapembuatan dokumen laporan.
b. Keterbatasan record pada database.
c. Kapasitas dari suatu file database sangat besar, sehingga menimbulkan borosnya penyimpanan data pada harddisk.

JENIS-JENIS APLIKASI LOTUS NOTES
1. APPROVAL
Merupakan metode elektronik untuk meninjau kembali informasi atau meminta persetujuan.

2. BROADCAST
Penanganan dokumen kelompok yang menjaga agar orang-orang yang berada dalam suatu organisasi selalu mendapatkan infromasi terbaru untuk keperluan pekerjaannya

3. REFERENCE
Menyediakan kumpulan referensi informasi yang dapat diakses secara online dan dapat diperbaharui jika diperlukan

4. TRACKING
Aplikasi ini dirancang untuk menggantikan aktivitas-aktivitas yang memerlukan banyak kertas menjadi aktifitas secara elektronik dimana pengguna dapat memberikan kontribusi terhadapaktifitas, melacak kemajuan-kemajuan data membuat laporan-laporan.

5. DISCUSSION
Merupakan alat bantu grup komunikasi.

mas wahid

Jumlah posting : 6
Join date : 24.10.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

LOTUS NOTES

Post  aries2008 on Tue Jun 11, 2013 5:49 pm

Aris Sutanto 08016020
Gustomo Satrio Wibowo 08016019

Lotus Notes adalah sebuah sistem aplikasi database berorientasi dokumen yang terdistribusi dan merupakan suatu implementasi dari data dan program yang mendukung fungsi-fungsi bisnis dan kegunaannya yang dibuat oleh IBM software group.
lotus notes juga merupakan groupware yang menghubungkan user yang satu dengan user yang lainnya dalam suatu sistem yang terintegrasi dengan baik.

Menubar dan toolbar pada lotus notes
  • Mail = untuk mengirim dan menerima email

  • Contact = untuk melihat,membuat dan mengatur kontak teman,atasan,klien dan lain-lain.

  • Personal jurnal =untuk melihat dan membuat daftar atau list jadwal what to do,rapat,meeting dan lain-lain.

  • Calender = untuk melihat dan membuat daftar atau list jadwal what to do,rapat,meeting dan lain-lain yang lebih detail karena didalamnnya tercantum jam,hari,minggu,dan bulannya.

  • Addressbook = untuk memodifikasi kontak ,menulis memo,melihat daftar meeting,dan chat dengan kontak.

  • To do = untuk melihat apa yang harus dilakukan/dikerjakan oleh seorang pekerja dari atasannya.

  • Reflication = untuk melihat email yang telah keluar dan diterima dan untuk melihat database templates.

  • Sametime connect = untuk membuat bisnis lebih efektif,simple dan cepat.

  • favorite bookmarks = untuk melihat daftar bokmark

  • Database = untuk melihat workspace, database, dan membrowsing database.

  • More bookmarks = sama seperti bookmark tetapi lebih kompleks

  • History = untuk melihat apa saja yang telah dilakukan di dalam applikasi lotus notes

  • Internet exsplorer links = melihat link-link yang disimpan dan masuk ke msn.com

Database pada lotus notes
Database adalah kumpulan-kumpulan informasi yang berhubungan yang disimpan dalam satu file. Database dapat berupa record yang lengkap dalam jumlah besar misalkan 100000 pekerja. Setiap aplikasi lotus notes menggunakan paling sedikit satu database. Database direpresentasikan dengan sebuah icon pada workspace user.


kelebihan-kelebihan lotus notes
  • lotus notes memberikan user interface(tampilan) yang standar untuk pengguna agar pengguna mudah menggunakan aplikasi lotus notes.

  • lotus notes compatible for (dapat dijalankan pada workstation) Windows, OS/2, Macintosh, dan UNIX.

  • lotus notes memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses data yang sama karena lotus notes memiliki sistem yang terintegrasi dengan sangat baik.

  • Menukar gagasan dan opini dari suatu kelompok kerja karena lotus notes adalah sebuah aplikasi yang well-integrated.

  • Akses ke suatu informasi dapat dikontrol karena lotus notes dapat diatur sesuai dengan keinginan pengguna tingkat atas seperti author.

  • Aplikasi lotus notes dapat menggunakan data eksternal seperti data dari ms. office dll.

  • Aplikasi lotus notes dapat mengatur alur kerja (workflow) yakni mengatur tugas-tugas yang diberikan oleh atasan yang harus dikerjakan oleh bawahan-bawahannya.

  • Aplikasi lotus notes dapat digunakan untuk dijadikan sebuah e-mail app seperti microsoft outlook.

  • Aplikasi lotus notes dapat melakukan Browsing dengan Internet Explorer yang sudah terdapat didalam aplikasi lotus notes.
avatar
aries2008

Jumlah posting : 7
Join date : 03.10.12
Age : 27
Lokasi : Glagahsari

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/aries2008

Kembali Ke Atas Go down

Re: jawaban tugas lotus note

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas


 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik