Thraed aktivitas review SPK RPS

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Thraed aktivitas review SPK RPS

Post  Admin on Thu Mar 20, 2014 3:12 pm

AWW

Ini adalah thread/topik tempat anda memposting hasil review anda pada organisasi RPS yang sekarang telah menjadi FedEx Ground. Tuliskan tiap jawaban berdasar nomor pertanyaan yang ada secara berurutan. Seperti telah ditulis pada thread penugasan kedua, yang pertama masuk akan mendapat cendol (=tambahan nilai 20%). Yang posting terakhir akan mendapat bata (=diskon nilai 10%)  affraid 

Ketentuan untuk mendapat cendol: anda hanya boleh posting 1x, tidak boleh apdet. Bila ada apdet, maka cendol anda dibatalkan, dan akan diberikan ke kelompok yang posting sesudah kelompok anda. Apdet maksimal 1x, bila lebih maka otomatis di-bata juga.

Selamat bekerja.

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 952
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Roadway Package System (FeDex)

Post  yuliaswandari on Thu Mar 20, 2014 4:07 pm

1. Spesific Decisions are :
Decision 1: Dimana untuk membuka hub pertama dan terminal.
RPS mengembangkan model lokasional kuantitatif dengan menggunakan paket perangkat lunak SAS (SAS dari Instittute, Inc). Dengan bantuan dari DSS komputerisasi, RPS telah berkembang dari 3 hub dan 36 terminal menjadi 21 hub dan lebih dari 300 terminal dalam 10 tahun.

Decision 2: Bagaimana Anda menarik pelanggan.
Perencanaan Pasar dan Riset(Market Planning and Research), memberikan keunggulan kompetitif karena diskon dapat ditawarkan kepada pelanggan, namun keuntungan besar belum dapat direalisasikan. Tingkat kepuasan pelanggan juga dianalisis menggunakan model DSS.

Decision 3: Akankah pesaing mengurangi biaya mereka? Layanan baru apa yang akan pesaing tawarkan, dan apa yang harus Anda lakukan sebagai respon?
Operasi dan Perencanaan Strategis(Operation and Strategic Planning), mengidentifikasi pasar yang tumbuh paling cepat. Dukungan Penjualan(Sales Support); mengidentifikasi bisnis yang hilang, menyelamatkan bisnis.

2.United Parcel Service, Inc.

Didirikan di tahun 1907, United Parcel Service, Inc. merupakan perusahaan pengantaran barang terbesar di dunia. Pengantaran barang terkonsolidasi, baik darat maupun udara, merupakan bisnis utama perusahaan, meskipun meningkatnya perusahaan menawarkan lebih terspesialisasi pada trasportasi dan pelayanan logistik.
Kompetisi FedEx dan UPS untuk dominasi pasaran pengiriman udara-ekspress senilai 26 miliar$ menggambarkan peluangan luarbiasa di masa akan datang.
Dimensi significant pesaing ini mencakup berikut ini:
- Fokus pelanggan. Kedua perusahaan menekankan fokus mereka pada pelanggan. Hal ini berarti mendengarkan secara cermat pada kebutuhan pelanggan, menyediakan solusi ketimbang standarisasi produk, dan berkomitmen pada hubungan pelayanan.
- Kompetisi harga. UPS dengan terbuka memasuki pasaran melalui pemangkasan separuh harga dari surat semalam FedEx. Tetapi di akhir 1990an, kedua perusahaan telah stabil di pola yang dapat diprediksi atas peningkatan harga regulernya. Gambar 5 menyediakan ringkasan atas rata-rata peningkatan saat ini.
- Pengaturan operasional. Dengan kompetisi harga intensif, pengurangan unit cost menjadi prioritas. Pengurangan harga dicapai melalui ekploitasi skala ekonomi, investasi dalam tehnologi dan pengelolaan proses bisnis, yang menekan tahapan dan biaya yang tidak dibutuhkan dalam proses pelayanan.
- Teknologi informasi. Managemen informasi menjadi sentra operasi bagi UPS dan FedEx. Setiap paket ditangani oleh FedEx, misalnya, dibukuan kedalam COSMOS (Costumer, Operation, services, Master on-line System), yang mengirimkan data pada database pusat di Memphis, Tennessee, perusahaan induk. UPS bersandar pada DIADs (Delivery Information Acquisition Devices), yang merupakan unit penanganan yang digunakan pengantar untuk menscan barkode kemasan dan mencatat tandatangan pelanggan.
- Ekspansi pelayanan. FedEx dan UPS semakin merayapi tiap-tiap penawaran pelayanan lain. FedEx dipersenjatai dengan banyaknya discount dan bagusnya kualitas, menjelajahi klien-klien besar yang sebelumnya menggunakan UPS tenpa pertimbangan. UPS meniru cara hubungan FedEx pada pelanggan dengan menginstal 11.500 kotak drop-off untuk menyaingi 12 ribu kotak FedEx, 165 stasion drive-through, dan 371 toko pengiriman-cepat. UPS juga mulai pengambilan dan pengantaran Saturday untuk menyaingi waktu FedEx. FedEx membeli 200 juta$ sepeda untuk menyaingi UPS.
- Pelayanan logistik. Inovasi terbesar menawarkan pelayanan logistic terintegrasi pada klien-klien korporasi besar. Jasa tersebut dimaksudkan untuk penyediaan total pengawasan inventaris untuk konsumen, meliputi permintaan pembelian, penerimaan barang, pesanan masuk dan pergudangan, laporan inventaris, pengkapalan, dan piutang dagang. Contohnya perusahaan design London – Laura Ashley menyisihkan FedEx dengan cepat untuk produk-produk toko, jalan, dan kapal untuk toko-toko di seluruh dunia. Dengan cara yang sama, Dell Computer menyisihkan UPS untuk mengatur total perjalanan kapal pulang-pergi.

3.Roadway Package System (RPS)
[You must be registered and logged in to see this link.]
" alt="" />
RPS dibuat (FeDex) untuk mengambil keuntungan dari barcode, material handling dan komputer teknologi baru. Fedex menggunakan IT untuk membantu pelanggan mengambil keuntungan dari pasar. Peran perusahaan dengan memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang berupa internet, e-commerce, e-bisnis, e-tailing, dan sebagainya. Serta pendokumentasian yang baik dengan menyediakan library digital akan mempermudah dalam share maupun penyerapan knowledge dengan membuat knowledge management perusahaan. Perusahaan ini menggunakan SIG sebagai DSS. Fedex memanfaatkan teknologi SIG dalam membuat berbagai keputusan bisnis untuk menunjang proses pengiriman barang, diantaranya : mencari lokasi atau alamat tujuan pengiriman barang, menentukan rute perjalanan untuk pengiriman barang, memantau proses pengiriman barang, dan memilih lokasi penurunan barang dan pusat distribusi, serta bisa memperkirakan waktu tempuh pengiriman. Sehingga penggunaaan SIG ini memberikan keunggulan kompetitif bagi fedex, diantaranya : perusahaan dapat mengetahui aktivitas pengiriman barang, pendayagunaan asset secara optimal dan hemat, menciptakan kepuasan pelanggan,bisa mendapatkan posisi yang bersaing di pasar, dan dapat memberikan respon yang sigap.
4.
DSS dan EIS membantu manajemen membuat keputusan tepat waktu dan efektif dengan menyediakan informasi yang dapat diandalkan dan relevan, dalam format yang benar, pada waktu yang tepat. Selain itu, aplikasi DSS dan EIS membantu end-user melakukan setiap analisis yang diperlukan dengan mudah dan cepat. Sekarang, orang-orang non-teknis memiliki akses yang mudah ke database pendukung keputusan khusus yang disebut data warehouse. Hal ini memberikan orang-orang jauh lebih banyak kekuatan di fingerstrips mereka. Tidak perlu menjadi suatu sistem informasi (IS) wizard untuk menjalankan aplikasi DSS. DSS membantu perusahaan untuk mengambil data yang diperlukan untuk memahami pasar lebih baik dan bersaing dengan sukses o harga, kualitas, ketepatan waktu, dan layanan pelanggan.
5.Jenis TPS yang untuk perusahaan ini :
Online processing;
data yang diperoleh dari sumber data langsung diproses pada saat diterima, yang mungkin terjadi adalah antrian data untuk menunggu giliran, misalnya pemrosesan yang dilakukan pada saat melakukan transaksi online di depan teller bank.
Transaction processing versus decision support.

Secara teori, model relasional mendukung database untuk kedua proses transaksi dan pendukung keputusan. Pada kenyataannya, kompromi harus dibuat dalam desain perangkat lunak manajemen database untuk mengoptimalkan tujuan desain sering bertentangan. Database transaksi pengolahan yang dioptimalkan untuk insert, update, dan menghapus operasi yang digunakan untuk menangkap data, sedangkan database pendukung keputusan yang dioptimalkan untuk operasi query yang digunakan untuk menganalisis data. Data untuk sistem pendukung keputusan sering ditangkap oleh sistem pemrosesan transaksi online dan kemudian dimuat ke dalam sistem pendukung.

KELOMPOK :
Yulia Swandari 10016020
Utari Puspitarini 10016009
Nur Wahid Lasmiyanto 10016013
Feti Nardianti .P 09016019

yuliaswandari

Jumlah posting : 10
Join date : 28.09.12

Lihat profil user http://tuliskoding.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

RPS

Post  Jesica indiarti on Thu Mar 20, 2014 4:23 pm

Nama Kelompok :
1.Baiq widya desita n(11016010)
2. jesica indiarti(11016012)
3. dewi arum sari(11b16016)

1. Karena komputerisasi diperlukan untuk Kecepatan komputasi,Peningkatan / perbaikan komunikasi, penigkatan produktivitas, dukungan teknis, akses data warehouse, dukungan kualitas,mengatasi kebertasan konigtif dalam penyimpanan dan pengolahan data. Dengan dukungan komputerisasi juga dapat mengembangkan lebih banyak hub dan terminal,

2. FedEx berkembang dengan memperluas layanan, menambah armada truk dan pesawat, serta meningkatkan modal. Formula ini sukses besar, pada tahun 1981, FedEx menghasilkan pendapatan yang paling besar daripada perusahaan pengiriman barang di US. Pada tahun 1981, kompetisi pada industri ini mulai meningkat. Emery Air Freight mulai meniru system hub FedEx dan membeli pesawat terbang, ditambah UPS mulai bergerak dalam pengiriman satu malam (overnight service). United State Postal Service (USPS) memposisikan layanan satu malamnya pada setengah harga yang dikenakan FredEx, namun masalah kualitas dan iklan tandingan “benar – benar tepat satu malam” menjadi sebuah ancaman. Pada tahun 1983, FredEx mencapai pendapatan $1 milyar dan terlihat bergerak sendiri dalam pasar pengiriman ekspess. Di tahun 1990an, FedEx membuktikan dirinya sendiri sebagai pemimpinan operasional, bahkan menerima penghargaan Malcolm Baldrige National Quality Award dari Presiden US. FedEx merupakan perusahaan pertama yang pernah memenangkan kategori pelayanan. Sebagian dari keberhasilan ini dapat di atribusikan pada deregulasi dan strategi operasional, tetapi nilai juga diberikan pada filosofi FedEx “People-service-Profit”, yang merefleksikan penekannya pada focus pelanggan, kualitas total managemen dan partisipasi pekerja.

3. ( RPS ) diciptakan untuk mengambil keuntungan dari barcode baru , penanganan material dan teknologi komputer . Setelah layanan dimulai pada tanggal 11 Maret 1985, perusahaan tumbuh , memperluas cakupan layanan dari awal negara-negara Mid - Atlantik , begitu banyak sehingga akhirnya menjadi anak perusahaan terbesar dari perusahaan induknya , Akron berbasis jalan raya Services . Pada tahun 1996 , RPS telah mencapai cakupan 100 % dari Amerika Serikat dan Kanada . Selain itu, jalan raya Services telah direformasi sebagai perusahaan induk baru yang disebut Caliber SystemRPS mengembangkan model yang locational kuantitatif dengan menggunakan paket perangkat lunak SAS . perusahaan induk dari RPS telah menggunakan paket perangkat lunak SAS sebelumnya, terutama untuk pembuatan laporan . Sekarang RPS digunakan untuk mendukung keputusan .dengan bantuan komputerisasi sistem pendukung keputusan , RPS telah berkembang dari 3 hub dan 36 terminal untuk 21 hub dan lebih dari 300 terminal dalam 10 tahun . Sekitar 50 keputusan aplikasi pendukung yang disediakan dalam tiga bidang penting : pasar dan perencanaan penelitian, perencanaan operasional , dan dukungan penjualan . beberapa contoh dari DSS adalah aplications

4. manajemen dan pemberdayaan sumber daya perusahaan. Tekanan persaingan menyebabkan tugas pengambilan keputusan menjadi sulit. Persaingan di dasarkan tidak hanya pada harga, tetapi juga pada kualitas, kecepatan, kustomasi produk, dan dukungan pelanggan. Organisasi harus mampu secara sering dan cepat mengubah mode operasi, merekayasa ulang proses dan struktur, memberdayakan karyawan, serta berinovasi. Teknologi pengambilan keputusan bisa menciptakan pemberdayaan yang signifikan dengan cara memperbolehkan seseorang untuk membuat keputusan yang baik secara cepat, bahkan jika mereka memiliki pengetahuan yang kurang.
informasi yang dihasilkan oleh DSS ini berguna tidak hanya untuk manajer perusahaan, tetapi juga untuk pelanggan, pelanggan memiliki acces secara online langsung ke beberapa informasi perusahaan bahwa mereka dapat men-download pada permintaan. self-tutoring dan membantu fungsi juga tersedia online untuk semua pengguna

5. Beberapa jenis subsistem yang ada pada TPS ialah :
a) Payroll : pembayaran upah / gaji karyawan
b) Order Entry / order processing : mencatat pembelian untuk konsumen
c) Invoicing : menghasilkan faktur
d) Inventory : mengelola barang supaya selalu tersedia
e) Shipping : menyerahkan barang dari perusahaan sampai diterima oleh konsumen
f) Accounts receivable : mengelola file konsumen & menyerahkan tagihan ke konsumen
g) Purchasing : mengkoordinasi pembelian barang kepada konsumen
h) Receiving : menerima barang dari pemasok/supplier pengembalian barang (retur) dari konsumen
i) Account Payable : mengelola pembayaran tagihan kepada pemasok / supplier
j) General Ledger : mengikat subsistem diatas menjadi satu & menghasilkan satu laporan

Jesica indiarti

Jumlah posting : 16
Join date : 23.09.12
Age : 22
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

RPS

Post  agung pribadi on Thu Mar 20, 2014 4:27 pm


1. Karena dengan adanya system terkomputerisasi maka manusia hanya melihat dari computer itu mana saja pilihan-pilihan yang di sediakan dan mengambil keputusan dengan melihat pilihan teresiko kecil.
2. UPS Ground
a) Komitmen hari pasti pengiriman: biasanya dalam satu sampai lima hari
b) Destinasi Area Pelayanan dan Origins:
Semua 50 negara bagian dan Puerto Rico
c) manfaat
Prompt, diandalkan, pengiriman hemat biaya
Dengan pengiriman dijamin, tahu sebelumnya kapan kiriman Anda akan tiba
Sebuah pilihan yang ekonomis untuk semua pengiriman rutin Anda
d) Layanan Nilai Tambah Pickup dan Pengiriman:
Tahan Pickup
pengirim Rilis
UPS On-Call Pickup
Pickup Harian
Harian On-Route Pickup
UPS Pickup Cerdas
Hari Tertentu Pickup
e) Pemberitahuan:
Konfirmasi pengiriman
Notification Services
Bukti Pengiriman (P.O.D.)
f) Pembayaran Koleksi /
Fixed Rate Harga:
Kumpulkan on Delivery (C.O.D.)
g) Dideklarasikan Nilai:
Nilai dideklarasikan
h) Penanganan khusus:
Bahan Berbahaya
i) pengembalian:
UPS Returns
UPS Returns Ditambah
UPS Returns di Web
3. Dalam hal paket yang dikirimkan: pemesanan paket dalam skala kecil
Untuk laporan keuangannya dengan system tidak tawar menawar dalam hal keuangan.
4. Karena karyawan berperan dalam mengolah data kedalam computer kemudian computer menyiapkan beberapa opsi pilihan untuk pengambilan keputusan. Sedangkan pelanggan berfungsi sangat peran dalam pengambilan keputusan karena disitu pelanggan mempunyai hak penuh dalam memilih pilhan yang telah disiapkan oleh computer untuk diambil sebagai alat pengambilan keputusan.
5. Transaction Processing Systems (TPS) : merupakan sistem informasi yang biasanya di-implementasikan pertama kali di suatu organisasi sebelum mengimplementasikan sistem informasi lainnya. TPS menfokuskan pada data transaksi. Sistem informasi ini digunakan untuk meng-himpun, menyimpan, dan memproses data tran-saksi, dan kadangkala mengendalikan keputusan yg merupakan bagian dari transaksi.
Contoh TPS :
- Sistem informasi untuk mencatat tran-saksi penjualan, pemesanan tiket pesawat, dll.
- Pengendalian keputusan : sistem pemro-sesan transaksi yang sekaligus bisa men-validasi keabsahan kartu kredit.
Mengapa perbeda dengan DSS? Karena system ini hanya memfokuskan pada data transaksi saja. Dan hanya mengendalikan keputusan yang merupakan bagian dari transaksi.

 bounce  bounce 
Nama =
1. Juli Sudarman
2. Atma Turida
3. Agung Pribadi Hamid


agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

Tugas SPK

Post  fendra mudanta on Thu Mar 20, 2014 4:28 pm

Kelompok :
Ramadhan Ansyari (11016006)
Fendra Mudanta (11016018)
Bayu Ikhsan Nugraha (11016007)

1.Mengidentifikasi keputusan spesifik. mengapa keputusan tersebut
membutuhkan dukungan komputerisasi?
(Jadilah spesifik dan memberikan jawaban untuk setiap keputusan.)

Jawab:
mengapa keputusan tersebut membutuhkan dukungan komputerisasi karena
dari perusahaan business dari pengalaman yang pernah di alami dalam
sebuah perusahaan business mereka mengalami kerugian perusahaan yang
sangat besar dikarenakan tidak ada system komputerisasi untuk
memanejemen sebuah keuangan perusahaan jadi pengambilan keputusan dalam
hal ini sangat di butuhkan yang namanya komputerisasi agar nantiya
dengan adanya komputerisasi sebuah perusahaan dapat meminimalis
kerugian perusahaan jadi di harapkan dengan adanya (TPS) sistem
informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses
data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti
daftar gaji dan inventarisasi.

2.Dikatakan bahwa TPS membantu perusahaan bersaing pada harga,
kualitas, ketepatan waktu dan layanan.
Kunjungi perusahaan pesaing seperti UPS (Memeriksa situs web
perusahaan) dan menjelaskan pentingnya jenis kompetisi.
Jawab:
Dukungan terhadap pertumbuhan perusahaan yang baru bersemai (start-ups) di Indonesia kian bertambah, salah satunya melalui ajang kompetisi. Sparx-Up Award dan Indigo Fellowship maupun Bubu Awards termasuk yang berusaha keras menyediakan tempat bagi start-ups untuk unjuk kebolehan.

Menarik bahwa ajang kompetisi tersebut bukan hanya memilah perusahaan baru yang bagus dari sisi teknis, tapi juga yang kreatif dari aspek model bisnis. Penyedia lahan kompetisi ini umumnya memiliki misi yang keren, yakni mengorbitkan start-ups menjadi pemain bisnis yang hebat, bahkan berkelas internasional. Jadi, kompetisi nasional dapat menjadi pintu untuk memasuki pentas dunia.

Ajang kompetisi juga membuka jalan bagi, terutama, para pemenangnya untuk berkenalan dengan investor—syukur-syukur bisa menggaet mereka agar mau berinvestasi. Start-ups juga bisa memperoleh bimbingan dalam mengelola usaha dan membangun jaringan bisnis. Kesempatan untuk belajar dari praktik terbaik pemain-pemain terdahulu juga bisa didapat.

Ajang kompetisi semacam itu memang bermanfaat bagi start-ups. Namun, kompetisi yang riil—yakni di medan pasar—sesungguhnya merupakan ajang yang paling sanggup mengasah kemampuan start-ups. Alih-alih menghindarkan diri untuk ‘berdarah-darah’ di samudra merah alias terjun di pasar yang tingkat persaingannya rendah (Blue Ocean, Chan Kim-Mauborgne), riset baru menunjukkan hal sebaliknya.

Sistem Keputusannya :
Perusahaan pesaing seperti UPS sangat membutuhkan TPS untuk bersaing
pada harga dalam suatu business, karna TPS menawarkan
kualitas,kecepatan,waktu dan layanan.

3. menemukan informasi tentang RPS (menggunakan internet). menemukan volume bisnis mereka dalam hal paket dikirimkan dan pernyataan keuangan mereka. Bagaimana sukses adalah perusahaan ini?

jawab:
Desember 2008: " ... Awalnya dipahami sebagai biaya pesaing yang lebih rendah untuk UPS , Jalan Paket System ( RPS ) , diciptakan untuk mengambil keuntungan dari kode bar baru , penanganan material dan teknologi komputer Setelah layanan dimulai pada tanggal 11 Maret 1985, . perusahaan tumbuh , memperluas cakupan layanan dari awal negara-negara Mid - Atlantik , begitu banyak sehingga akhirnya menjadi anak perusahaan terbesar dari perusahaan induknya , Akron berbasis jalan raya Services . pada tahun 1996 , RPS telah mencapai cakupan 100 % dari Amerika Serikat dan Kanada . Selain itu , jalan raya Services telah direformasi sebagai perusahaan induk baru yang disebut Caliber System, Inc

Pada tahun 1997 , Fred Smith , pendiri FedEx , dihubungi Dan Sullivan , co- pendiri RPS dan sekarang presiden Kaliber Systems, Inc tentang penggabungan dua perusahaan . Pada tahun 2000 , FedEx , menggabungkan Sistem Kaliber , perusahaan yang beroperasi Inc ke dalam organisasi FedEx dengan Robert ekspres menjadi FedEx Kustom Kritis dan RPS menjadi FedEx Ground . Viking Pengangkutan yang awalnya beroperasi di bawah nama aslinya adalah re - branded FedEx Freight pada tahun 2001 ... "

4. Dikatakan alat pendukung keputusan memberdayakan karyawan dan pelanggan. Dapatkah Anda mengidentifikasi pemberdayaan seperti itu?

Jawab:
Dapat, itu membutuhkan banyak keputusan yang cepat dan terus menerus. Juga pentingnya pembaruan data eksternal dan internal yang telah diakui.

5.dikatakan bahwa TPS terpisah dari DSS / EIS. apa TPS dapat Anda membayangkan dalam jenis perusahaan pelayaran? apa itu berbeda dari sistem pendukung keputusan?

jawab:
semua data yang diperlukan untuk DSS / EIS adalah bagian dari TPS reguler. menggunakan kode bar, data yang di-scan kali serveral antara pickup awal dan pengiriman akhir. perusahaan mengumpulkan data raoidly dan memantau keberadaan setiap paket, hampir secara real-time
informasi yang dihasilkan oleh DSS ini berguna tidak hanya untuk manajer perusahaan, tetapi juga untuk pelanggan. pelanggan memiliki akses online langsung ke beberapa informasi perusahaan yang mereka dapat men-download pada permintaan. self-tutoring dan membantu fungsi juga tersedia online untuk semua pengguna.
di industri perkapalan, informasi prosessing sangat penting untuk kelangsungan hidup. pemasaran, misalnya, dianggap sebagai mangemant ke informasi pelanggan membuat keputusan tepat waktu dan efektif dengan menyediakan informasi yang dapat diandalkan dan relevan.





fendra mudanta

Jumlah posting : 17
Join date : 26.09.12
Age : 24
Lokasi : BANTUL,YOGYAKARTA

Lihat profil user http://fendramudanta.byethost11.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thraed aktivitas review SPK RPS

Post  Anggini Dian Oktami on Thu Mar 20, 2014 4:28 pm

Anggota :
Anggini Dian Oktami
M. Maskhun S.H.P
Lukman Noviantoro

I.Pertanyaan 1
1. Identifikasi kebutuhan sistem. Beberapa keputusan membutuhkan dukungan terkomputerisasi karena :
Ada banyak ketidakpastian yang dihadapi oleh perusahaan. Seperti bagaimana cara menarik pelanggan? Kemudian apakah harus menurunkan harga? Atau, layanan apa yang akan ditawarkan untuk pelanggan?
Sehingga dibutuhkan sebuah pendukung keputusan yang terkomputerisasi. Seperti membantu pelanggan dalam mengakses website perusahaan secara online, membantu perusahaan dalam memantau lokasi barang yang sedang dikirim .
2.UPS
UPS adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa, melayani pengiriman paket barang, salah satu pelayanan UPS yang paling di unggulkan adalah UPS Internet Shipping. Dimana pelanggan dapat melakukan pengiriman paket melalui situs resmi UPS. UPS menggunakan Delivery Information Acquisition Device (DIAD), para pengemudi kendaraan UPS secara otomatis bisa “menangkap” data-data pelanggan saat pengambilan barang, pengantaran dan informasi kurun waktu. Si pengemudi kemudian menempatkan DIAD pada adaptor di kendaraannya, yaitu sebuah perangkat pemancar informasi yang terkoneksi dengan jaringan telepon seluler. (Si pengemudi juga bisa mengirimkan dan menerima informasi dengan menggunakan sebuah radio internal di dalam DIAD.) Informasi pelacakan paket kemudian ditransmisikan ke jaringan komputer UPS di Mahwah, New Jersey, dan Alpharetta, Georgia. Dari sanalah informasi bisa diakses di seluruh dunia dan terbuka bagi pelanggannya.
3. RPS
RPS memiliki 21 hubs dan 300 terminal.
4. - Pelanggan bisa mengakses website perusahaan secara online.
- Pelanggan dimudahkan dalam melakukan opermintaan ke perusahaan
- Perusahaan dapat mengontrol/memantau lokasi barang yang sedang dikirim.
5. TPS merupakan sebuah sistem proses transaksi. DSS digunakan untuk pendukung dalam penmgambilan keputusan

Anggini Dian Oktami

Jumlah posting : 22
Join date : 25.09.12
Age : 24
Lokasi : Galagahsari, Yogyakarta

Lihat profil user http://Anggini13.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

TUGAS RPS

Post  aga rahmatullah on Thu Mar 20, 2014 4:58 pm

NAMA KELOMPOK :
1. AGA RAHMATULLAH (10016005)
2. HAERUMAN ASGAR (10016023)
3. ADHY SANJAYA (11016001)


1. terdapat banyak permasalahan yang mengharuskan perusahaan ini menggunakan bantuan komputerisasi untuk mengambil keputusan dinataranya :
• Adanya persaiangan dengan banyak perusahaan lain
• Bagamana untuk menarik pelanggan ?
• Apa ada layan terbaru dalam perusahaan lain?
• Dan apa yang harus dilakukan
Dari banyak permasalahan tersebut membutuhkan banyak keputusan yang cepat dan terus menerus dan solusi terbaik untuk permasalah ini dengan menggunakan bantuan komputer untuk pengambilan keputusan.

2. United Parcel Service adalah perusahaan pengiriman paket terbesar di dunia dan pemimpin layanan transportasi khusus dan logistik global. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1907 karena adanya desakan besar dari kebutuhan pasar Amerika akan adanya jasa pengiriman. Jim E. Casey yang saat itu baru berumur 19 tahun meminjam 100 dolar dari seorang temannya untuk mendirikan American Messenger Company in Seattle, Washington. Menurut cerita yang beredar, saat itu jasa pengiriman di daerah Seattle masih sangatlah jarang.

Pada awalnya, perusahaan ini mempunyai markas di bawah trotoar yang menjadi pusat dispatch yang memberikan tugas kepada para pengirim untuk mengirimkan paket, makanan, catatan. Perusahaan ini melakukan pengirimannya sebagian besar dengan berjalan kaki atau sepeda (untuk jarak jauh) karena hanya sedikit mobil yang ada saat itu. bahkan toko-toko pun masih menggunakan tenaga kuda dan wagon untuk pengiriman barang.

Pada tahun 1919 perusahaan membuat ekspansi pertamanya ke luar Seattle ke Oakland, California, dan mengadopsi nama yang sekarang, United Parcel Service. Kata "United" berfungsi sebagai pengingat bahwa operasi perusahaan di setiap kota adalah bagian dari organisasi yang sama, "Parcel" mengidentifikasi sifat bisnis, "Layanan" yang menunjukkan apa yang ditawarkan. Pada tahun 1924, UPS melakukan debut lainnya dengan inovasi teknologi yang telah membentuk masa depan perusahaan ini. Inovasi itu adalah sistem conveyor belt pertama yang dimaksudkan untuk menangani paket-paket. Jika dulunya, layanan paket hanya terbatas di area Los Angeles, maka mulai tahun 1927 pengiriman perusahaan ini dilebarkan hingga 125 dari kota pusatnya, yaitu Seattle. Pada waktu yang sama, layanan pengiriman eceran juga telah diperluas hingga mencakup kota-kota di pantai Pasifik Amerika Serikat. Selama 100 tahun terakhir ini, UPS telah menjadi ahli transformasi di mana perusahaan ini telah tumbuh dari perusahaan pengiriman kecil hingga menjadi pemimpin layanan provider di udara, darat, dan elektronik. Perubahan publik terbaru terjadi pada tahun 2003, ketika perusahaan memperkenalkan merek baru yang menunjukkan kepada dunia bahwa kemampuan perusahaan ini lebih dari sekadar perusahaan pengiriman kecil. Perusahaan ini juga mengadopsi akronim UPS. Bagi UPS, masa depan yang menjanjikan dan banyak lagi penghargaan akan menjadi babak baru bagi sejarah perusahaan.

3. ( RPS ) diciptakan untuk mengambil keuntungan dari barcode baru , penanganan material dan teknologi komputer . Setelah layanan dimulai pada tanggal 11 Maret 1985, perusahaan tumbuh , memperluas cakupan layanan dari awal negara-negara Mid - Atlantik , begitu banyak sehingga akhirnya menjadi anak perusahaan terbesar dari perusahaan induknya , Akron berbasis jalan raya Services . Pada tahun 1996 , RPS telah mencapai cakupan 100 % dari Amerika Serikat dan Kanada . Selain itu, jalan raya Services telah direformasi sebagai perusahaan induk baru yang disebut Caliber SystemRPS mengembangkan model yang locational kuantitatif dengan menggunakan paket perangkat lunak SAS . perusahaan induk dari RPS telah menggunakan paket perangkat lunak SAS sebelumnya, terutama untuk pembuatan laporan . Sekarang RPS digunakan untuk mendukung keputusan .dengan bantuan komputerisasi sistem pendukung keputusan , RPS telah berkembang dari 3 hub dan 36 terminal untuk 21 hub dan lebih dari 300 terminal dalam 10 tahun . Sekitar 50 keputusan aplikasi pendukung yang disediakan dalam tiga bidang penting : pasar dan perencanaan penelitian, perencanaan operasional , dan dukungan penjualan . beberapa contoh dari DSS adalah aplications

4. DSS dan EIS

• Manajer dan pelanggan mengakses informasi
• Pemrosesan Informasi penting untuk bertahan

• Membantu manajemen membuat keputusan yang efektif dan tepat waktu

• Menyediakan informasi yang relevan dan dapat dipercaya, dalam bentuk yang sesuai dan pada waktu yang tepat

• Membantu penyaluran analisis secara cepat dan mudah

5. Transaction Processing System (TPS) adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan inventarisasi. Transaction processing systems mencatat dan memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan perubahan persediaan/inventori. Transaction processing systems menghasilkan berbagai informasi produk untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian, formulir pajak, dan rekening keuangan. TPS juga memperbaharui database yang digunakan perusahaan untuk diproses lebih lanjut oleh SIM.

aga rahmatullah

Jumlah posting : 9
Join date : 24.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thraed aktivitas review SPK RPS

Post  Sponsored content Today at 4:36 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik