thread untuk topik CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Go down

thread untuk topik CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  Admin on Sat Dec 22, 2012 6:02 pm

AWW

Rekans sekalians, mohon maaf saya baru bisa membuatkan thread ini sekarang, dikarenakan selama seminggu ini ada kegiatan di luar kota yang harus saya kerjakan, sehingga saya tidak sempat membuatkan thread ini sampai ke batas waktu yang saya sebutkan sendiri. Sekali lagi mohon maaf, oleh karena itu waktu penulisan saya extend sampai Senin jam 10.00.

Silakan menuliskan tentang 2 hal dalam CSMA-CD yaitu 1-persistent dan p-persistent saja (saya kurangi 1), dan tentang MACA-W (tidak dibaca ala Bruce Lee Very Happy ). Seperti pesan saya di perkuliahan, buatlah sebagai suatu ringkasan, bukan asal copy & paste dari suatu sumber di web. OK saya tunggu jawabannya ya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Tugas CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  Atma Turida on Sun Dec 23, 2012 1:55 pm

Nama : Atma Turida
Nim : 11016017


CSMA-CD

Dalam hal P-persistent CSMA jika medium sibuk, akan ada penundaan acak untuk pengiriman ulang. Hal ini mengurangi kemungkinan tabrakan, tetapi limbah kapasitas.
Dalam 1-persistent CSMA jika medium sibuk, saluran akan merasakan sampai idle, maka akan mengirimkan segera. Ini berarti bahwa tabrakan hampir dijamin terjadi.

MACA/MACA-W
Multiple Access dengan Collision Avoidance untuk Wireless atau bisa juga disingkat maCa-W adalah sebuah Access Kontrol Medium slotted (MAC) protokol ini banyak digunakan dalam Ad-hoc jaringan. Selain itu, dasar dari banyak protokol MAC lain yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel (WSN). The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK urutan frame untuk mentransfer data, Namun didahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dalam pandangan untuk memberikan solusi masalah terminal tersembunyi, Meskipun protokol berdasarkan maca-w, seperti S-MAC gunakan akal operator selain mekanisme RTS / CTS, tapi maca-w tidak menggunakan akal operator.


Terakhir diubah oleh Atma Turida tanggal Mon Dec 24, 2012 8:45 am, total 1 kali diubah
avatar
Atma Turida

Jumlah posting : 21
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://atma.byethost17.com/

Kembali Ke Atas Go down

Tugas CSMA

Post  Jesica indiarti on Sun Dec 23, 2012 3:56 pm

Nama : Jesica Indiarti
Nim : 11016012

1-Persistent CSMA
Bila sebuah stasiun memiliki data yang siap dikirim, pertama-tama stasiun akan mendengarkan saluran untuk melihat apakah ada yang sedang melakukan transmisi
pada saat itu pada saluran tersebut
• Bila ternyata saluran sibuk, stasiun menunggu sampai saluran itu bebas
• Ketika diketahui saluran bebas, maka stasiun mulai mentransmisikan frame
• Bila terjadi tabrakan, stasiun akan menunggu dalam selang waktu random dan memulai kembali untuk mengirimkan frame-frame tadi
• Protokol seperti itu disebut 1-persistent karena stasiun melakukan transmisi dengan probabilitas 1 setiap protokol tersebut menemukan saluran yang bebas.

P-persistent CSMA
Ketika sebuah stasiun berada dalam keadaan siap kirim, stasiun mengamati saluran
• Bila saluran dalam keadaan kosong, maka stasiun melakukan transmisi dengan probabilitas p, Dengan probabilitas q = 1 - p, stasiun menunda sampai slot berikutnya
• Bila slot itu juga dalam keadaan idle, stasiun akan melakukan transmisi atau menundanya lagi, dengan probabilitas p dan q, Proses ini berulang sampai frame dikirimkan atau stasiun lainnya melakukan transmisi.
• Pada kasus terakhir, stasiun bertindak seperti halnya telah terjadi tabrakan (yaitu, stasiun menunggu dalam perioda waktu random dan mulai melakukan transmisi lagi)

MACAW
Macaw adalah non-persistent slotted protokol, yang berarti bahwa setelah media telah sibuk, misalnya setelah pesan CTS, stasiun menunggu waktu yang acak setelah awal slot waktu sebelum mengirim RTS. Hal ini menyebabkan akses yang adil untuk media. Jika untuk node misalnya A, B, dan C memiliki fragmen data untuk dikirim setelah periode sibuk, mereka akan memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses media karena mereka berada dalam jangkauan transmisi satu sama lain. macaw adalah sebuah slotted Access Kontrol Medium (MAC) protokol banyak digunakan dalam Ad-hoc jaringan .Selain itu, dasar dari banyak lainnya MAC protokol yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel ( WSN). The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini. Menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK urutan frame untuk mentransfer data, kadang-kadang didahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dalam pandangan untuk memberikan solusi untukmasalah terminal tersembunyi .


avatar
Jesica indiarti

Jumlah posting : 16
Join date : 23.09.12
Age : 24
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

TUGAS JARKOM BUAT MINGGU INI

Post  RAMADHAN ANSYARI on Sun Dec 23, 2012 7:31 pm

CSMA / CD : adalah Media Access Control (MAC) protokol yang mendefinisikan bagaimana perangkat jaringan merespon ketika dua perangkat mencoba untuk menggunakan saluran data secara bersamaan dan menemukan tabrakan data. CSMA / CD aturan menentukan berapa lama perangkat harus menunggu jika tabrakan terjadi.
Media ini kerap digunakan oleh node beberapa data, sehingga setiap data node menerima transmisi dari masing-masing node lain pada media.

Ada beberapa mode akses CSMA:
1-persistent, P-gigih dan O-persistent. 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem, seperti Ethernet. Mode ini menunggu media menjadi idle, kemudian mengirimkan data.
P-persistent digunakan dalam CSMA / CA sistem, seperti Wi-Fi. Mode ini menunggu media menjadi idle, kemudian mengirimkan data dengan probabilitas p. Jika data node tidak mengirimkan data (probabilitas 1 - p), pengirim menunggu untuk media yang akan menganggur lagi dan mengirimkan data dengan probabilitas p yang sama. O-persistent digunakan oleh CobraNet, LonWorks, dan jaringan area kontroler. Mode ini memberikan perintah transmisi ke setiap node data. Ketika media menjadi idle, data node berikutnya sejalan mampu mengirimkan data. Simpul Data berikutnya sejalan menunggu untuk media yang akan menganggur lagi dan kemudian mengirimkan datanya. Setelah setiap node data yang mentransmisikan data, urutan transmisi diperbarui untuk mencerminkan data apa node telah ditransmisikan, bergerak setiap node data melalui antrian.

MACA-W

Macaw merupakan versi perbaikan dari protokol akses nirkabel sebelumnya disebut media yang Maca.
Proses berlangsngnya macaw beginilah kira2 :
1. Sebelum mengirim pesan, pemancar mengirimkan pesan RTS control ("siap untuk mengirim"), berisi panjang data pesan mendatang. Waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan pesan kontrol (~ 30 bytes) disebut slot.

2. Jika penerima mendengar RTS dan saat ini tidak "menunda," jawab dengan pesan kontrol CTS ("jelas untuk mengirim"), yang mencakup salinan bidang panjang dari RTS.

3. Setiap stasiun yang mendengar CTS menunda setiap transmisi cukup lama untuk memungkinkan seseorang untuk mengirim pesan data panjang yang ditentukan. Hal ini untuk menghindari bertabrakan dengan pengirim CTS (penerima pesan data yang akan datang).

4. Setiap stasiun yang mendengar sebuah RTS menunda setiap transmisi untuk single slot (cukup lama untuk CTS balasan yang akan diterima, tetapi tidak cukup lama untuk pesan data aktual yang akan dikirim, karena pertentangan receiver-lokal).

5. Backoff: jika tidak ada respon CTS diterima untuk RTS, pengirim harus memancarkan kembali RTS. Ini menunggu integer jumlah slot sebelum mentransmisi, di mana bilangan bulat yang dipilih secara acak antara 1 dan BO, counter backoff. BO adalah dua kali lipat untuk setiap Retransmit, dan dikurangi menjadi 1 untuk setiap pasangan RTS-CTS sukses.

Macaw

Macaw diusulkan sebagai serangkaian perbaikan algoritma MACA dasar. Pertama, mereka menyarankan algoritma backoff kurang agresif: peningkatan eksponensial / reset ke 1 kebijakan MACA menyebabkan osilasi besar dalam interval pengiriman ulang. Mereka mengusulkan peningkatan BO sebesar 1,5 setelah batas waktu, dan penurunan dengan 1 setelah sepasang RTS-CTS sukses. Mereka juga mengatur nilai counter backoff dikomunikasikan antara klien: ini menghindari klien dengan counter backoff rendah kelaparan klien lain mengakses media. Akhirnya, mereka mengubah penghitungan mundurnya menjadi per-tujuan, daripada counter tunggal: pengamatan di sini adalah bahwa penghitungan mundurnya harus mengukur kemacetan, dan tidak ada tingkat homogen tunggal kemacetan dalam penyebaran nirkabel yang khas.

Kedua, mereka mengusulkan bahwa penerima harus mengirimkan ACK ke pengirim setelah berhasil menerima pesan data. Hal ini disarankan karena timeout TCP retransmission minimum relatif lama (0,5 detik pada saat itu), sehingga memerlukan waktu yang lama untuk pulih dari pesan yang hilang atau rusak. Sebuah timeout link layer bisa lebih agresif, karena dapat mengambil keuntungan dari pengetahuan tentang latency dari link individu (bukan timeout end-to-end di TCP). Ini tidak konsisten dengan argumen end-to-end: timeout link-layer tidak perlu atas kebenaran TCP, itu hanya optimasi kinerja.


Terakhir diubah oleh RAMADHAN ANSYARI tanggal Sun Dec 23, 2012 7:54 pm, total 2 kali diubah
avatar
RAMADHAN ANSYARI

Jumlah posting : 22
Join date : 26.09.12
Lokasi : Yogyakarta, Indonesia

Lihat profil user http://ramadhanansyari.net84.net

Kembali Ke Atas Go down

tugas maca-w

Post  DEWI ARUM SARI 1 on Sun Dec 23, 2012 7:41 pm


1. 1-PERSISTENT
• Untuk menghindari waktu saluran kosong, 1-persistent protokol digunakan
• Stasiun yang mengharapkan untuk memancarkan mendengarkan dan mematuhi berikut:
a. Jika medium kosong, memancarkan; cara lainnya, lanjut ke langkah 2
b. Jika medium sibuk, mendengarkan sampai kosong; kemudian memancarkan dengan seketika
• 1-persistent stasiun egois
• Jika dua atau lebih setasiun yang menunggu, dapat menjamin adanya benturan
KEGUNAAN : CSMA 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem termasuk Ethernet.

2. P-PERSISTENT
Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya.

Kompromi itu mencoba untuk mengurangi benturan
- Seperti non persistent
Dan mengurangi waktu kosong
- Seperti 1-Persistent
Aturan:
c. Jika medium kosong, memancarkan dengan kemungkinan p, dan menunda sekali unit dengan kemungkinan ( 1– p)
d. Unit Waktu [yang] yang secara khas perkembangbiakan maksimum menunda
e. Jika medium sibuk, mendengarkan sampai kosong dan mengulangi langkah 1
d. Jika transmisi di/tertunda sekali unit, mengulangi langkah 1

KEGUNAAN: p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya


3. NO N-PERSISTENT
Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya.

4. Maca –w
Masalah V praktis arious dengan MACA adalah identitas ed oleh MACA W (MACA untuk Wireless)
dan diusulkan perubahan yang memecahkan beberapa dari mereka. Ini adalah salah satu rst nirkabel MAC protocol
MACA W menghilangkan Ethernet model multiple stream untuk keadilan di antara aliran yang muncul dari stasiun yang sama.
MACA W mengakui pentingnya pengakuan link layer dan membuat protokol dari R TS-CTS-Data untuk R TS-CTS-Data-ACK.
Dengan diperkenalkannya ini paket ACK berarti terkena terminal tidak boleh mengirimkan sekarang, atau mereka akan sampah ACK masuk.

avatar
DEWI ARUM SARI 1

Jumlah posting : 19
Join date : 22.09.12
Age : 25

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  agung pribadi on Sun Dec 23, 2012 8:11 pm

Nama : Agung Pribadi Hamid

Nim : 11B16011

================================================================================================================
1-Persistent
Pengertian: Situasi di mana saluran idle meskipun satu atau lebih banyak pengguna memiliki paket untuk mengirimkan.
Cara Kerja: Ketika pengirim (stasiun) siap untuk mengirimkan data, ia akan memeriksa apakah media transmisi sibuk. Jika demikian, maka indera media terus-menerus sampai menjadi idle, dan kemudian mengirimkan pesan (bingkai). Dalam kasus tabrakan, pengirim menunggu untuk jangka waktu yang acak dan upaya untuk mengirimkan lagi. CSMA 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem termasuk Ethernet.
Atau:
IF (medium_is_idle), MENGIRIM
IF (medium_is_busy), {DENGARKAN SAMPAI (medium_is_idle); MENGIRIM;}
================================================================================================================

P-persistent
Pengertian: Gabungan antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p.
Cara Kerja: Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya. p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya.
Atau:
IF (medium_is_idle), MENGIRIM (probabilitas = p)
IF (medium_is_busy), {DENGARKAN SAMPAI (medium_is_idle); MENGIRIM;}
Acute probabilitas = 1, Maka menjadi 1-persistent CSMA
================================================================================================================

Non-Persistent(Tdk tetap):
CSMA persisten Non kurang agresif dibandingkan dengan protokol P persisten. Dalam protokol ini, sebelum mengirim data, indra stasiun saluran dan jika saluran idle itu mulai transmisi data. Tetapi jika saluran sibuk, stasiun tidak terus merasakannya tetapi menunggu jumlah acak waktu dan mengulang algoritma. Berikut algoritma mengarah ke saluran pemanfaatan yang lebih baik tetapi juga mengakibatkan penundaan lebih lama dibandingkan dengan 1-persistent.
Cara kerja:
Non persisten CSMA
IF (medium_is_idle), MENGIRIM
IF (medium_is_busy), {WAIT (random), LOOP;}
================================================================================================================

Macaw adalah protokol non-persistent slotted, yang berarti bahwa setelah media telah sibuk, misalnya setelah pesan CTS, stasiun menunggu waktu acak setelah awal sebuah slot waktu sebelum mengirim RTS. Hal ini menyebabkan akses yang adil ke media.
Cara Kerja: Jika untuk node misalnya A, B dan C yang telah fragmen data untuk dikirim setelah periode sibuk, mereka akan memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses media karena mereka berada dalam jangkauan transmisi satu sama lain.
Node D adalah menyadari transfer data yang sedang berlangsung antara node A dan node B. Node D memiliki data untuk dikirim ke node C, yang berada dalam jangkauan transmisi dari simpul D. D memulai proses dengan mengirim frame RTS ke node C. Node C telah ditangguhkan transmisi sampai selesainya transfer data saat ini antara node A dan node B (untuk menghindari co-channel interferensi pada node B). Oleh karena itu, meskipun ia menerima RTS dari node D, itu tidak membalas kembali dengan CTS. Node D mengasumsikan bahwa perusahaan RTS itu tidak berhasil karena tabrakan dan karenanya hasil untuk mundur (menggunakan algoritma exponential backoff).
================================================================================================================

agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

Tugas Macaw

Post  Baiq Widya Desita on Sun Dec 23, 2012 8:44 pm

Baiq Widya Desita N
11016010

Exclamation Question Arrow
Arrow 1 persistent CSMA
>Dalam Situasi ini, Ketika pengirim (stasiun) siap untuk mengirimkan data, ia akan memeriksa apakah media transmisi sibuk. Jika demikian, maka indera media terus-menerus mendengarkar sampai menjadi idle(menganggur, dan kemudian mengirimkan pesan (bingkai)dengan segera. namun, Masalah dengan CSMA 1-Persistent adalah bahwa jika sejumlah perangkat mencoba mengirim selama periode sibuk, maka mereka semua akan mengirimkan secepat media menjadi idle, menjamin tabrakan.Dalam kasus tabrakan, pengirim menunggu untuk jangka waktu yang acak dan upaya untuk mengirimkan lagi. CSMA 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem termasuk Ethernet.

Arrow P-Persistent CSMA
> Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle(menganggur), pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya. p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya.
1. Jika medium idle, mengirimkan dengan probabilitas p, dan menunda untuk satu unit waktu dengan probabilitas (1 - p)
(satuan waktu = panjang delay propagasi)
2. Jika medium sibuk, terus mendengarkan sampai media menjadi idle, kemudian pergi ke Langkah 1
3. Jika pengiriman tertunda oleh satu satuan waktu, lanjutkan dengan Langkah 1

Arrow Maca-W
Multiple Access dengan Collision Avoidance untuk Wireless (macaw) adalah sebuah Access Kontrol Medium slotted (MAC) protokol yang banyak digunakan dalam Ad-hoc jaringan. Selain itu, macaw adalah dasar dari banyak protokol MAC lain yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel (WSN).The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini. macaw menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK urutan frame untuk mentransfer data, kadang-kadang didahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dalam pandangan untuk memberikan solusi untuk masalah terminal tersembunyi .Meskipun protokol berdasarkan macaw, seperti S-MAC, gunakan akal operator selain mekanisme RTS / CTS., macaw tidak menggunakan akal pembawa.
avatar
Baiq Widya Desita

Jumlah posting : 16
Join date : 25.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

TUGAS MACA-W

Post  adhy sanjaya on Mon Dec 24, 2012 12:22 am

1. MACAW
Multiple Access dengan Collision Avoidance untuk Wireless (macaw) banyak diganakan digunakan dalam Ad-hoc jaringan.Selain itu, dasar dari banyak protokol MAC lain yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel (WSN). The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini. menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK urutan frame untuk mentransfer data, kadang-kadang didahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dalam pandangan untuk memberikan solusi untuk masalah terminal tersembunyi .

1-persistent

Ketika pengirim (stasiun) siap untuk mengirimkan data, ia akan memeriksa apakah media transmisi sibuk. Jika demikian, maka indera media terus-menerus sampai menjadi idle, dan kemudian mengirimkan pesan (bingkai). Dalam kasus tabrakan, pengirim menunggu untuk jangka waktu yang acak dan upaya untuk mengirimkan lagi. CSMA 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem termasuk Ethernet.

P-persistent

Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya. p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya.
Tdk tetap
avatar
adhy sanjaya

Jumlah posting : 9
Join date : 23.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas CSMA

Post  M Maskhun Sofwan H.P on Mon Dec 24, 2012 8:57 am

Nama : M Maskhun Sofwan H.P
NIM : 11016008

Arrow Carrier Sense Multiple Access (CSMA) adalah Media Access Control probabilistik (MAC) protokol di mana node memverifikasi adanya lalu lintas lainnya sebelum transmisi pada media transmisi bersama, seperti bus listrik, atau sebuah band dari spektrum elektromagnetik.CSMA / CD digunakan untuk meningkatkan kinerja CSMA dengan mengakhiri transmisi secepat tabrakan terdeteksi, dan mengurangi kemungkinan tabrakan yang kedua kali.

Arrow P-persistent
    Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya. p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya.

Arrow 1-persistent
Untuk menghindari waktu saluran kosong, 1-persistent protokol digunakan
Stasiun yang mengharapkan untuk memancarkan mendengarkan dan mematuhi berikut: 
Jika medium kosong, memancarkan; cara lainnya, lanjut ke langkah 2
Jika medium sibuk, mendengarkan sampai kosong; kemudian memancarkan dengan seketika
1-persistent stasiun egois
Jika dua atau lebih setasiun yang menunggu, dapat menjamin adanya benturan
Dapat disortir setelah benturan

Arrow Multiple Access dengan Collision Avoidance untuk Wireless (macaw) adalah sebuah Access Kontrol Medium slotted (MAC) protokol banyak digunakan dalam Ad-hoc jaringan. Selain itu, dasar dari banyak protokol MAC lain yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel ( WSN) . The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini. Menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK urutan frame untuk mentransfer data, kadang-kadang didahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dalam pandangan untuk memberikan solusi untuk masalah terminal tersembunyi Meskipun protokol berdasarkan macaw, seperti S-MAC, gunakan akal operator selain mekanisme RTS / CTS., macaw tidak menggunakan akal pembawa
avatar
M Maskhun Sofwan H.P

Jumlah posting : 14
Join date : 22.09.12
Lokasi : sleman,selomartani ,kalasan ,sleman

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

TUGAS CSMA

Post  faris amrullah on Mon Dec 24, 2012 9:03 am

FARIS AMRULLAH UMAR
11016009
1-persistent
Ketika pengirim (stasiun) siap untuk mengirimkan data, ia akan memeriksa apakah media transmisi sibuk. Jika demikian, maka indera media terus-menerus sampai menjadi idle, dan kemudian mengirimkan pesan (bingkai). Dalam kasus tabrakan, pengirim menunggu untuk jangka waktu yang acak dan upaya untuk mengirimkan lagi. CSMA 1-persistent digunakan dalam CSMA / CD sistem termasuk Ethernet.
P-persistent
Ini adalah semacam trade-off antara 1 dan non-persistent CSMA mode akses. Ketika pengirim siap untuk mengirim data, ia akan mengecek terus menerus jika medium sibuk. Jika media menjadi idle, pengirim mentransmisikan sebuah frame dengan probabilitas p. Jika stasiun memilih untuk tidak mengirimkan (kemungkinan acara ini adalah 1-p), pengirim menunggu sampai slot waktu berikutnya yang tersedia dan mengirimkan lagi dengan probabilitas p yang sama. Proses ini berulang sampai frame yang dikirim atau pengirim lainnya mulai transmisi. Dalam kasus terakhir pengirim memonitor saluran, dan ketika menganggur, mentransmisikan dengan probabilitas p, dan sebagainya. p-persistent CSMA digunakan dalam CSMA / CA sistem, termasuk Wi-Fi dan sistem packet radio lainnya.

Multiple Access dengan Collision Avoidance untuk Wireless (macaw) adalah sebuah Access Kontrol Medium slotted (MAC) protokol banyak digunakan dalam Ad-hoc jaringan. Selain itu, dasar dari banyak protokol MAC lain yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel ( WSN) . The IEEE 802.11 RTS / CTS mekanisme diadopsi dari protokol ini.
avatar
faris amrullah

Jumlah posting : 8
Join date : 28.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  Bayu Ikhsan Nugraha on Mon Dec 24, 2012 9:13 am

Nama :Bayu Ikhsan Nugraha
Nim : 11016007

MACAW

Atau disebut juga sebagai Multiple Access dengan Collision Avoidance adalah Access Kontrol Medium slotted (MAC) protokol yang digunakan dalam Jaringan Sensor Nirkabel

1-Persistent
Adalah Suatu media yang memungkinkan dimana Satu atau lebih pengguna memiliki paket untuk mengirimkan data secara acak , walaupun media dalam keadaan idle

P-persistent
Mode ini menunggu media menjadi idle, dengan kata lain pengirim menunggu untuk media yang akan menganggur lagi dan mengirimkan data dengan probabilitas p yang sama stasiun bertindak seperti halnya telah terjadi tabrakan (yaitu, stasiun menunggu waktu random dan mulai melakukan transmisi lagi)
avatar
Bayu Ikhsan Nugraha

Jumlah posting : 12
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://www.bayuikhsan.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: thread untuk topik CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  fendra mudanta on Mon Dec 24, 2012 9:42 am

cheers Nama:Fendra Mudanta cheers
Nim:11016018
Prodi:Sistem Informasi

Maca-w - Macroprogramming digunakan di Jaringan Sensor Nirkabel (WSN)
dari perangkat fisik bisa mengukur variabel lingkungan dan transmisi data ke satu atau lebih jaringan, dan dimana data akan dikumpulkan lalu di proses.
Ada transmisi data itu melalui gelombang radio dan routing berdasar pada ad-hoc protokol jaringan,tugas yang sulit juga untuk WSNS Pemrogaman.
Perangkat seperti sensor cuma memiliki keterbatasan pemrosesan, biasanya di gunakan untuk memori aplikasi yang mana itu ada hubungannya dengan perangkat sensor dan baterai yang terbatas dalam siklus kehidupan.Selain itu, jaringan sering digunakan di lokasi terpencil dan memakai akses ke perangkat (misal untuk pemeliharaan, debugging, atau re-programming) yang memungkinkan itu akan sulit atau bahkan tidak mungkin masalah lainnya di hadapi oleh Portabilitas yang kebanyakan perangkat sensor punya hadware aplikasi spesifik.Kondisi seperti ini dimungkinkan untuk bahasa pemrogaman dan dari sumber daya konservatif (CPU, memori, dan baterai) dan mempromosikan portabilitas, misal tersedia mesin virtual untuk abstrak jauh dari hardware. tapi, ada lagi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan tugas pemrograman untuk WSNs.The IEEE 802.11 RTS / CTS protokol ini mengapdopsi mekanisme menggunakan RTS-CTS-DS-DATA-ACK adalah urutan frame guna mentransfer data, Tpai terdahului oleh RTS-RRTS bingkai urutan, dan dalam pandangan untuk memberi solusi masalah terminal yang tersembunyi, Meskipun protokol berdasarkan maca-w, seperti S-MAC gunakan akal operator selain mekanisme RTS / CTS, beda dengn maca-w yang tidak menggunakan akal operator.progam yang akan di verifikasi statis untuk calon run-time yang terjadi kesalahan protokol itu dampak dari bahasa-jenis keamanan. Sistem run-time harus, terbukti, melestarikan semantik bahasa pemrograman hingga kesalahan spesifikasi dalam waktu run-tidak dikenalkan kesalahan semantik pada waktu run-time. Properti ini bahasa dan run-time secara signifikan berkontribusi untuk mengurangi siklus pengembangan aplikasi dan pemeliharaan mereka, karena mereka akan bisa menghilangkan sumber banyak bug. Di saat ini banyak bahasa pemrograman diusulkan untuk WSNs. kebanyakan dari bahasa Pin yang rendah-tingkat, sampai menengah, seperti kasus nesC yang ada dimana-mana, dan untuk tingkat tinggi idiom didasarkan pada abstraksi seperti sungai di Resimen, database di TinyDB, dan agen di SensorWare. Secara khusus, bahasa pemrograman tingkat tinggi untuk WSNs sangat diinginkan, karena mereka abstrak jauh dari protokol jaringan dan rincian hardware dan dapat di mungkinkan programmer untuk fokus pada algoritma.


1-PERSISTENT CSMA Berguna menghindar saat saluran kosong, 1-persistent protokol di manfaatkan berbagai stasiun informasi di situ berharap untuk bisa memancarkan, mendengarkan dan meliputi hal berikut:
1. Manakala medium kosong akan memancarkan cara lainnya lanjut ke langkah 2 2 saya juga belom tau pasti yang di maksut langkah 2 2 namun dari info yang saya dapat di situ menggunakan langkah 2 2.Dan manakala medium sibuk tugasnya mendengarkan sampai kosong kemudian dipancarkan langsung seketika ke 1-persistent, Stasiun egois manakala dua atau lebih setasiun yang menunggu, bisa menjamin adanya benturan 3,Dapat disortir setelah benturan.begitupun benturan 3 saya juga belom faham daripada saya sok faham jadi saya cuma menyimpulkan apa yang saya dapat dan mungkin itu sudah bahasa dari penjelasan untuk 1-Persistent.


P-persistent CSMA Berkompromi mencoba untuk mengurangi benturan 1 Seperti nonpersistent Dan mengurangi waktu kosong 2 Seperti yang terjadi pada 1-Persistent dimana ada Aturan:
a. manakala medium kosong, dipancarkan dengan kemungkinan p, dan menunda sekali unit dengan kemungkinan ( 1– p) i. Unit Waktu yang secara khas perkembangbiakan maksimum menunda b. manakala medium sibuk, tugasnya mendengarkan hingga kosong dan mengulangi langkah 1 c. Jika transmisi di/tertunda sekali unit, mengulangi ke langkah 1. mungkin itu sekiranya yang dapat saya jelaskan dari 2 hal dalam CSMA-CD yaitu 1-persistent dan p-persistent , dan tentang MACA-W kalau banyak yang kurang bisa dimengerti mohon maaf harap dimaklumi ,masih dalam tahap belajar, karna saya sedikit mengubahnya dalam bahasa saya sendiri saya tidak mau nantinya jadi sok tau jadi saya menyimpulkan/menjelaskannya dari apa yang saya dapat dari media internet..terimakasih.... Very Happy

fendra mudanta

Jumlah posting : 17
Join date : 26.09.12
Age : 26
Lokasi : BANTUL,YOGYAKARTA

Lihat profil user http://fendramudanta.byethost11.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: thread untuk topik CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  Admin on Mon Dec 24, 2012 10:37 am

AWW

Total hanya 11? Kemana nih sisanya (di presensi tercatat 19 orang)? Yawda apa adanya ajah deh. Trims atas partisipasinya.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Re: thread untuk topik CSMA-CD dan MACA/MACA-W

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik