Thread aktivitas individual 3/12

Go down

Thread aktivitas individual 3/12

Post  Admin on Tue Dec 03, 2013 2:21 pm

AWW

Silakan posting tulisan anda tentang MPEG-4 seperti yang telah disampaikan di kelas. Ingat, sifatnya individual, dan harus mencerminkan ringkasan yang dibuat oleh masing-masing (bukan asal copy-paste).

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

tugas 3/12/13

Post  Bahrudin on Tue Dec 03, 2013 5:17 pm

12B16023

Mpeg3;
 adalah jenis file audio sementara
 format file audio yang lossy
 ukuran file yang kecil dan kualitas suara yang relatif baik
 pilihan file para seniman
 MP3 dikembangkan untuk memberikan masyarakat cara untuk kompres audio sedemikian rupa sehingga kualitas suara tidak terganggu
Mpeg4;
 merupakan wadah untuk kedua file video dan file audio .
 jenis file video yang juga berisi audio.
 Bisa digunakan untuk video streaming
 pilihan terbaik untuk video siaran online
 kebutuhan bandwidth rendah , yang berarti dapat memberikan streaming video dan audio dengan cepat
 MPEG4 kontainer juga dapat mengandung jenis data seperti gambar diam dan bahkan sub judul
 Jenis file yang dapat terkandung dalam sebuah file MP4 termasuk MP1 , MP2 , MP3 , AAC , PNG , JPEG dan file MP4 lainnya
 , MP4 bisa menjadi media yang sangat serbaguna untuk transmisi berbagai jenis data

 MP4 dikembangkan dengan ide-ide besar dalam pikiran , termasuk kompresi video , video streaming, dan dukungan untuk teknologi yang belum dikembangkan

avatar
Bahrudin

Jumlah posting : 46
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread aktivitas individual 3/12

Post  zuharisa on Tue Dec 03, 2013 5:17 pm

Nama : Zuharisa
NIM : 12016001

Assalamualaikum Wr.Wb

MPEG-4
Perbedaan antara MPEG-4 dengan yang sebelumnya :
1. pada format MPEG-4 menjadi revolusi fundamental dalam bidang multimedia.
2. Kelebihan MPEG-4 adalah bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya.
3. Fungsi tambahannya yaitu mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D.
4. MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.
5. MPEG-4 juga digunakan pada data digital audio dan video (AV data).
6. MPEG-4 mengadopsi MPEG-1 dan MPEG-2, juga standar kompresi audio video yang lain.
7. MPEG-4 lebih efisien meskipun video dan audio di-coding dengan teknik kompresi yang canggih, namun gambar, teks, dan obyek sintetik memiliki coding tersendiri, dan bukan memampatkannya dalam pixel atau waveform. Inilah yang membuat representasi menjadi lebih efisien dan lebih fleksibel ditangani.

Waalaikumsalam Wr.wr
avatar
zuharisa

Jumlah posting : 37
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas TM 03 Des '13

Post  Oby Rahmandani on Tue Dec 03, 2013 5:39 pm

MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya.
Kebaikan :
­ Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
­ Dapan menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG4 sekaligus dapat juga menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2.
­ Kualitas video lebih baik dan jernih dibanding MPEG2, maupun seri2 sebelumnya.
­ Sudah mendukung HDMI.
­ Untuk peralatan parabola MPEG4 tidak perlu upgrade lagi dengan peralatan baru
­ MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.
­ Untuk audio, kinerja dan kualitas MPEG-4 di kenal sebagai Advance Audio coding (AAC). AAC ini adalah inti dari MPEG-4, 3GPP dan 3 GPP2. ACC menyediakan kemampuan untuk memadatkan format suara menjadi lebih kecil tetapi kualitasnya jauh lebih baik daripada format lain seperti MP3
­ Menyusun objek media untuk menciptakan audio visual yang diinginkan
­ Multiplexing dan sinkronisasi bitstreams untuk entitas media data, sehingga system tsb dapat ditransmisikan dengan guaranteed Quality of Service(QoS)/ garansi kualitas servis.
Kekurangan :
­ Tunner agak kurang peka dibanding receiver MPEG2, atau versi terdahulu
­ Harga biasanya agak jauh mahal dibanding versi terdahulu
­ Ada yang sudah support bisskey dan ada yang belum.
­ Dalam hal blind scan, receiver MPEG4 lebih lamban dibandingkan mpeg seri sebelumnya
­ Daya tahan kurang kuat dari mpeg seri sebelumnya
avatar
Oby Rahmandani

Jumlah posting : 32
Join date : 11.09.13
Age : 24
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread aktivitas individual 3/12

Post  Annisa Hikmawati on Tue Dec 03, 2013 5:42 pm

Nama : Annisa Hikmawati
NIM : 12016028

MPEG4 adalah system kompresi yang digunakan pada data digital audio dan video. MPEG4 mengadopsi MPEG1 dan MPEG2, juga standar kompresi audio video yang lain. Sistem kompresi MPEG4 masih terus dikembangkan dengan tingkat kompatibilitas yang masih tergantung dari pengembangnya masing-masing, contohnya MPEG4 Part 2 (MPEG4 SP/ASP) digunakan pada DivX, Xvid, Nero Digital, 3ivx, dan Quicktime 6, MPEG4 part 10 (MPEG4 AVC/H.264) atau x264 codec, digunakan pada Nero Digital AVC, Quicktime 7, juga pada HD DVD dan Blu-ray.
MPEG 4 Movie saat ini dimanfaatkan di dalam ipod.tepatnya di Apple ipod
Ada yang disebut MPEG-4 part 2 (MPEG-4 SP/ASP), digunakan pada DivX, Xvid, Nero Digital, 3ivx dan by Quicktime 6. MPEG-4 part 10 10 (MPEG-4 AVC/H.264), atau x264 codec, digunakan pada Nero digital AVC, Quicktime 7, juga HD DVD dan Blu-ray Disc.

MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya.
Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
MPEG-4 yang di perkenalkan akhir tahun 1998 merupakan jenis audio yang standar coding video dan berhubungan dengan teknologi yang dikeluarkan oleh Moving Picture Expert Group (MPEG). Audio ini aslinya di keluarkan ntuk kepentingan Web (streaming media) dan distribusi CD, percakapan dalam Video Phone, dan siaran TV.

Kelebihan MPEG-4 adalah bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya. Fungsi tambahannya yaitu mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D. yang paling penting adalah MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.

Untuk audio, kinerja dan kualitas MPEG-4 di kenal sebagai Advance Audio coding (AAC). AAC ini adalah inti dari MPEG-4, 3GPP dan 3 GPP2. ACC menyediakan kemampuan untuk memadatkan format suara menjadi lebih kecil tetapi kualitasnya jauh lebih baik daripada format lain seperti MP3. Tapi kualitasnya nggak kalah dengan CD Audio.
AAC di kembangkan oleh group MPEG termasuk didalamnya Dolby, Fraunhofer , AT & T, Sony dan Nokia. Perusahaan ini juga mengembangkan Dolby Digital.
Berhubung kualitasnya plus plus, banyak produsen audio yang memakai AAC.

.•MPEG-4
Format MPEG-4 menjadi revolusi fundamental dalam bidang multimedia. Pada saat yang sama, ia sekaligus sebuah evolusi progressive. Hal ini disebabkan MPEG-4 berjalan pada infrastruktur yang telah ada, termasuk dalam lingkungan MPEG-2. MPEG-4 dapat didefinisikan sebagai standar yang digunakan untuk mengkode informasi audio visual dalam suatu format kompresi digital. MPEG-4 menyediakan standarisasi teknologi yang memungkinkan integrasi produksi, distribusi, maupun content untuk 3 bidang, yakni digital television, interactive graphics application, dan interactive multimedia, termasuk content untuk World Wide Web (WWW). Jika pada format MPEG-2 tidak dimungkinkan membuat content interaktif untuk ditanamkan dalam DVD atau broadcast interaktif, maka hal sebaliknya terjadi pada MPEG-4. Faktor inilah yang menarik perhatian studio-studio film besar. Hal lain yang membedakan MPEG-4 adalah efisiensinya. Dalam MPEG-4, meskipun video dan audio di-coding dengan teknik kompresi yang canggih, namun gambar, teks, dan obyek sintetik memiliki coding tersendiri, dan bukan memampatkannya dalam pixel atau waveform. Inilah yang membuat representasi menjadi lebih efisien dan lebih fleksibel ditangani. Format MPEG-4 saat ini telah banyak diimplementasikan. Sebagai contoh ia menjadi standar baku untuk low bandwith multimedia melalui 3G mobile terminal (generasi ponsel terbaru). Beberapa mini camcorder pun banyak yang telah mengimplementasikan format ini sebagai format perekaman. Dari uraian singkat ini memang bisa disimpulkan bahwa format MPEG-4 memiliki beberapa kelebihan dibanding format terdahulu. Kelebihan seperti efisiensi dalam ukuran (kapasitas), sehingga memungkinkan transfer yang cepat via internet, interaktif, dan yang cukup penting adalah ia bersifat open source. Namun diluar kelebihan tersebut, MPEG-4 juga memberikan fain yang sangat menarik, yakni MPEG-4 Advanced Audio Coding.

Annisa Hikmawati

Jumlah posting : 17
Join date : 14.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas

Post  rovic on Tue Dec 03, 2013 5:42 pm

nama Rovic eko pramuzi (12016006)
1.mpeg4 termasuk pemampatan data av untuk internet media strim dan pengedaran cd, suara telepon, video dan aplikasi penyiaran televisi.
2. vrml untuk paparan 3d, fail-fail komposit berorientasikan objek (termasik audio, video dan objek vrml),
3 .sudah mendukung untuk pengurusan hak digital yang ditetapkan oleh pihak luar dan pelbagai jenis interaktiviti. aac (advanced audio codec) dipiawaikan sebagai satu tambahan pada mpeg-2 (part 7) sebelum keluarnya mpeg-4.
4.Mpg4 menyediakan fungsi sebgai berikut
• Peningkatan kecepatan pengekodean
• dapat mengekode data media campuran (video, audio, percakapan)
• dapat menerima pemancaran yang kuat
• dapat berinteraksi dengan audio-visual yang di hubungkan oleh penerima
MPEG4 juga mempunyai kelebihan sebagai berikut
• Format MPEG-4 sangat cocok untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video, lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.
• Dapat menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG4
• Kualitas video lebih baik dan jernih dibanding versi sebelumnya
• Untuk peralatan parabola MPEG4 tidak memerlukan upgrade lagi



avatar
rovic

Jumlah posting : 52
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

MPEG-4 aktivitas 03

Post  Mamlu lulu on Tue Dec 03, 2013 5:49 pm

Nama : Mamlu'atu Rahmah
Nim : 12E16034


Perubahan MPEG - 4 dari MPEG sebelumnya :
- menambahkan fitur baru seperti diperpanjang dukungan VRML untuk rendering 3D
- dukungan untuk eksternal ditentukan Digital Rights Management dan berbagai jenis interaktivitas
- Awalnya, MPEG - 4 yang ditujukan pada komunikasi video bit-rate rendah, namun ruang lingkup sebagai multimedia standar pengkodean diperluas
- MPEG - 4 efisien di berbagai bit -rates mulai dari beberapa kilobit per detik hingga puluhan megabit per detik .
- MPEG - 4 mempunyai kemampuan untuk mengkodekan data media campuran ( video, audio, pidato )
- MPEG - 4 menyediakan serangkaian teknologi bagi pengembang , untuk berbagai layanan penyedia dan pengguna akhir.
- MPEG - 4 memungkinkan perangkat lunak dan perangkat keras pengembang yang berbeda untuk menciptakan objek multimedia yang memiliki kemampuan yang lebih baik dari kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas untuk meningkatkan kualitas layanan tersebut dan teknologi televisi digital , animasi grafis , World Wide Web dan ekstensi mereka .
- Penyedia jaringan data dapat menggunakan MPEG - 4 untuk transparansi data.
- MPEG - 4 menyediakan satu set besar dan kaya alat untuk encoding .
- MPEG-4 Menawarkan rasio kompresi lebih tinggi, juga bermanfaat untuk digital
komposisi video, manipulasi, pengindeksan, dan pengambilan.
- Bit-rate untuk video MPEG-4 sekarang mencakup berbagai macam
antara 5 sampai 10 kbps Mbps.
- MPEG-4 Menyusun objek media untuk menciptakan audio visual diinginkan
adegan.
- Multiplexing dan sinkronisasi bitstreams untuk entitas data media sehingga mereka dapat ditransmisikan dengan jaminan Quality of Service (QoS).
- Menyediakan toolbox modul coding maju dan algoritma untuk kompresi audio dan video.
- Struktur hirarkis MPEG - 4 bitstreams visual video berorientasi objek
- Video - object Urutan ( VS ) memberikan MPEG -4 adegan visual , yang mungkin mengandung 2 - D atau 3 - D alam atau benda sintetis .
- Video Object ( VO ) yang dapat berbentuk sesuai dengan suatu benda atau latar belakang adegan .
- Video Object Layer ( VOL ) memfasilitasi cara untuk mendukung (multi - layered ) coding scalable


Mamlu lulu

Jumlah posting : 9
Join date : 13.11.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas TM

Post  R I Z K Y on Tue Dec 03, 2013 5:55 pm

☀Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh sunny 

santa Nama : Rizky Habibie santa 
:NIM : 12016010 :


Definisi MPEG-4
MPEG-4adalah suatu kumpulan/ koleksi yang telah dipatenkan dari metode pendefinisiankompresi data digital audio dan visual (AV). MPEG-4 ini pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1998 dan didesain untuk sekelompok format penyandian audio dan video dan teknologiterkait disetujui oleh ISO/IEC Moving Picture Expert Group (MPEG) dibawah standard resmiISO/IEC 14496. Penggunaan MPEG-4 termasuk di dalamnya kompresi data AV untuk web(media streaming) dan distribusi CD, suara (telephone, videophone) dan aplikasi broadcasttelevisi.
MPEG-4 menyerap banyak fitur yang terdapat pada MPEG-1 dan MPEG-2 dan standard terkaitlainnya, dengan menambahkan fitur baru seperti VRML yang mensupport untuk rendering 3D,file composite yang berorientasi objek, support terhadap Digital Rights Management, danberbagai tipe interaktif lainnya. AAC (Advanced Audio Coding) distandardisasi sebagaitambahan terhadap MPEG-2 sebelum MPEG-4 diciptakan.
MPEG-4 pada saat ini masih dalam proses pengembangan dan dibagi menjadi beberapa bagian.Perusahaan yang mempromosikan kecocokan terhadap MPEG-4 tidak selalu menyatakan denganjelas level kecocokan “part” yang mereka maksud. Bagian kunci yang mungkin diketahui yaituMPEG-4 part 2 (yang di dalmnya termasuk Advanced Simple Profile, digunakan oleh codecssepertiDivX,Xvid,Nero Digitaldan3ivxdan olehQuicktime6) dan MPEG-4 part 10 (MPEG-4AVC/H.264 atau Advanced Video Coding, digunakan oleh codecx264,Nero Digital AVC,Quicktime 7, danhigh-definition videomedia sepertiBlu-ray Disc).
Kebanyakan fitur yang terdapat pada MPEG-4 diserahkan pada developer / pengembangindividual untuk menentukan apakah akan mengimplementasikannya atau tidak. Hal tersebutberarti bahwa ada kemungkinan implementasi yang tidak lengkap dari keseluruhan standard setMPEG-4. Jadi untuk kesepakatan terhadap hal tersebut, standard menyertakan konsep dari“profiles” dan “level”. Yang memperbolehkan kapabilitas suatu set spesifik untuk mendefinisikan cara yan tepat untuk sebuah subset dari suatu aplikasi.
avatar
R I Z K Y

Jumlah posting : 18
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread aktivitas individual 3/12

Post  Nurwahid Namaku on Tue Dec 03, 2013 8:34 pm

Admin wrote:AWW

Silakan posting tulisan anda tentang MPEG-4 seperti yang telah disampaikan di kelas. Ingat, sifatnya individual, dan harus mencerminkan ringkasan yang dibuat oleh masing-masing (bukan asal copy-paste).

WWW
by TTx
Tugas individual Teknolog Multimedia 03 Desember 2013
nama : Nurwahid Lasmiyanto (10016013)
MPEG4 memiliki beberapa perubahan dari yang sebelumnya, diantaranya :
a. Mpeg4 menjadi standar multimedia saat sekarang
b. Mampu menjalankan format dibawahnya, mpeg-1 sebagai contoh
c. Virtual reality modelling language (VRML) sebagai standar dukungan untuk rendering #D
d. Lebih efisien.
e. Dapat digunakan untuk audio dan video
avatar
Nurwahid Namaku

Jumlah posting : 12
Join date : 19.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user http://www.tulisanakampung.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

aktivitas 03 Desember 2013

Post  Rifa on Tue Dec 03, 2013 9:38 pm

Nama : Musrifah
NIM : 12016032

Perbandingan mpeg4 dengan yang sebelumnya:

MPEG-4, diperkenalkan pada akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
MPEG-4 menyerap banyak fungsi dari MPEG-1 dan MPEG-2 dan standar berhubungan lainnya, menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML), dukungan spesifikasi-luar Manajemen Hak Cipta Digital dan banyak interaktivitas lainnya.
Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.

Kelebihan MPEG-4 :
1. Mampu memberi kualitas yang sama baiknya seperti MPEG-2 dengan bitrate yang jauh lebih kecil dari MPEG-2.
2. Menghasilkan gambar yang lebih baik daripada MPEG-2 pada pemakaian bit rate yang rendah
3. Secara umum dapat memberikan kualitas gambar yang lebih baik dan mampu mengurangi artefak atau noise akibat proses kompresi.
4. Dapat diimplementasikan pada bermacam perangkat dengan berbagai format dari streaming melalui jaringan 3G beresolusi QCIF dengan 15 fps hingga full High Definition video beresolusi 1920 x 1080 dengan 60 fps
5. Bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya.


Rifa

Jumlah posting : 34
Join date : 11.09.13
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

MPEG 4 - Aktifitas 03 Desember

Post  Gigien Rahma on Tue Dec 03, 2013 9:45 pm

Nama: Gigien Rahmawati
NIM : 12016017

MPEG-4 adalah kompresi yang digunakan pada data digital audio dan video (AV data). MPEG-4 mengadopsi MPEG-1 dan MPEG-2, juga standar kompresi audio video yang lain.
Kompresi ini masih terus dikembangkan, dengan tingkat kompatibilitas yang masih tergantung dari pengembangnya masing-masing.
Ada yang disebut MPEG-4 part 2 (MPEG-4 SP/ASP), digunakan pada DivX, Xvid, Nero Digital, 3ivx dan by Quicktime 6. MPEG-4 part 10 10 (MPEG-4 AVC/H.264), atau x264 codec, digunakan pada Nero digital AVC, Quicktime 7, juga HD DVD dan Blu-ray Disc.

Kelebihan MPEG 4:
- Dapat melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya
- Mampu memberi kualitas yang sama baiknya seperti MPEG-2 dengan bitrate yang jauh lebih kecil dari MPEG-2
- MPEG-4 AVC mampu memberi kualitas gambar lebih baik pada bit rate rendah sehingga cocok untuk ruang simpan yang terbatas seperti pada peranti genggam.
- Mampu mengurangi artefak atau noise akibat proses kompresi.
- MPEG-4 AVC dapat diimplementasikan pada bermacam perangkat

Fitur Tambahan MPEG 4:
1. VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D
2. MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio

Gigien Rahma

Jumlah posting : 33
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

re : Thread aktivitas individual 3/12

Post  Nur Sabrina Ambarwati on Tue Dec 03, 2013 10:03 pm

Assalamu'alikum Wr. Wb

Nama : Nur Sabrina Ambarwati
Nim : 12016016

MPEG-4
-MPEG-4 berjalan pada infrastruktur yang telah ada, termasuk dalam lingkungan MPEG-2. MPEG-4 dapat didefinisikan sebagai standar yang digunakan untuk mengkode informasi audio visual dalam suatu format kompresi digital.
-MPEG-4 menyediakan standarisasi teknologi yang memungkinkan integrasi produksi, distribusi, maupun content untuk 3 bidang,
  • digital television

  • interactive graphics application

  • interactive multimedia, termasuk content untuk World Wide Web (WWW).

-Kelebihan MPEG-4 adalah bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya. Fungsi tambahannya yaitu mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D. yang paling penting adalah MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.
-Dalam MPEG-4, meskipun video dan audio di-coding dengan teknik kompresi yang canggih, namun gambar, teks, dan obyek sintetik memiliki coding tersendiri, dan bukan memampatkannya dalam pixel.


Walaikumsalam Wr. Wb

Nur Sabrina Ambarwati

Jumlah posting : 34
Join date : 14.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

tugas MPEG4

Post  yudianto arisman on Wed Dec 04, 2013 12:18 am

Nama: yudianto Arisman
Nim: 12016004


MPEG-4
Format MPEG-4 sangat tepat untuk memampatkan format video yang besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video,lalu ketika video tersebut diputar,codec MPEG-4 akan mengembangkan lagi ukuran file ini,jadi tingkat penurunan kualitas video maupun audio menjadi sangat minimal dengan ukuran kompresi file yang maksimal.

Fitur Tambahan MPEG 4:
1. VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D
2. MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio

Receiver MPEG4 :
1. Dapan menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG4 sekaligus dapat juga menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2.
2. Kualitas video lebih baik dari MPEG2.
3. Sudah mendukung HDMI.
4. Biasanya mudah hang/co.id.
5. Tunner agak kurang peka dibanding receiver MPEG2.
6. Harga biasanya agak jauh dari receiver MPEG2.
7. Ada yang sudah support bisskey dan ada yang belum.
8.Dapat menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG4
9. Kualitas video lebih baik dan jernih dibanding versi sebelumnya
10 Untuk peralatan parabola MPEG4 tidak memerlukan upgrade lagi

yudianto arisman

Jumlah posting : 24
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas MPEG4

Post  dicka on Wed Dec 04, 2013 12:26 am

Nama : Hendika Andra Winata
Nim : 12016021

MPEG4 adalah system kompresi yang digunakan pada data digital audio dan video.
MPEG4 mengadopsi MPEG1 dan MPEG2, juga standar kompresi audio video yang lain.
Sistem kompresi MPEG4 masih terus dikembangkan dengan tingkat kompatibilitas yang masih tergantung dari pengembangnya masing-masing,
contohnya MPEG4 Part 2 (MPEG4 SP/ASP) digunakan pada DivX, Xvid, Nero Digital, 3ivx, dan
Quicktime 6, MPEG4 part 10 (MPEG4 AVC/H.264) atau x264 codec, digunakan pada Nero Digital AVC, Quicktime 7,
juga pada HD DVD dan Blu-ray.

Kelebihan
MPEG-4 adalah bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya.
Fungsi tambahannya yaitu mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D.
yang paling penting adalah MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.
-Dalam MPEG-4, meskipun video dan audio di-coding dengan teknik kompresi yang canggih,
namun gambar, teks, dan obyek sintetik memiliki coding tersendiri, dan bukan memampatkannya dalam pixel.
Kekurangan :
Tunner agak kurang peka dibanding receiver MPEG2,
atau versi terdahulu
Harga biasanya agak jauh mahal dibanding versi terdahulu
Ada yang sudah support bisskey dan ada yang belum.
Dalam hal blind scan, receiver MPEG4 lebih lamban dibandingkan
mpeg seri sebelumnya
Daya tahan kurang kuat dari mpeg seri sebelumnya
avatar
dicka

Jumlah posting : 65
Join date : 21.09.13
Age : 24
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread aktivitas individual 3/12

Post  Sri_Rohidayati on Wed Dec 04, 2013 12:57 am

Assalamualaikum wr.wb..Smile 

Nama : Sri Rohidayati
NIM : 12016003

Perubahan atau modifikasi pada MPEG-4

1. MPEG-4 menambahkan fitur baru seperti (extended) VRML untuk mendukung 3D rendering, objek komposit berorientasi file (termasuk audio, video dan VRML (Virtual Reality Modeling Language) obyek ), dukungan untuk Digital Rights Management dan berbagai jenis interaktivitas.
2. dapat di gunakan dalam berbagai macam aplikasi seperti video broadcast, DVB strorage, RTP/IP packet networks, dan ITU-T multimedia telephony system.
3. MPEG-4 menawarkan efisiensi kompresi yang lebih baik yakni kompresi video yang lebih berkualitas dan fleksibilitas yang lebih besar dalam melakukan kompresi, transmisi dan penyimpanan video.
4. MPEG-4 dapat melakukan prediksi, transform dan proses encoding untuk menghasilkan kompresi bitstream.
5. MPEG-4 memiliki beberapa bagian yaitu GOP, slice, macroblock dan block.
6. MPEG-4 digunakan dalam sebuah aplikasi terbaru saat ini yaitu Blu-ray Disc, iTones, DVB Broadcast dan video-video dari youtube juga digunakan dalam siaran televisi.
7. MPEG-4 disusun atas dua lapis konsep yaitu video coding layer (VCL), yang bertujuan untuk efisiensi konten video, dan network abstraction layer (NAL), yang memformat keluaran video dari VCL dan memberi informasi header dengan tepat untuk diteruskan ke transport layer atau media penyimpanan.
8. Deblocking filter merupakan elemen baru dalam standar kompresi video MPEG.
Fungsi utama dari deblocking filter adalah untuk mengurangi distorsi blocking pada setiap decoded macroblock.
9. MPEG-4 memiliki kemampuan untuk memprediksikan perpindahan antar gambar dan video hingga sampai 32 kemungkinan.

Kelebihan dari MPEG-4

a. Kualitas gambar yang lebih baik pada bitrate kompresi yang sama
b. Kecepatan bit kompresi yang lebih rendah untuk kualitas gambar yang sama.
Standar MPEG-4 menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dari segi kompresi dan transmisi. Sebuah encoder MPEG-4 dapat memilih dari berbagai jenis alat kompresi, sehingga cocok untuk aplikasi mulai dari bitrate rendah hingga transmisi HDTV ke konsumen televisi.
c. Peningkatan kompresi dengan kualitas lebih baik dan
ukuran file lebih kecil
d. Mendukung multichannel audio, mendukung sampai 48
full frequency channel
e. Peningkatan efisiensi proses decoding, pengurangan
processing power untuk decoding.


Kebaikan dari perubahan MPEG-4

- membuat suatu standar video digital yang dapat menghasilkan kualitas video yang baik pada bitrate yang lebih kecil dibandingkan dengan standar video digital sebelumnya (MPEG-2, H.263, maupun MPEG-4 Part 2) tanpa harus melakukan perubahan yang kompleks dan dapat diimplementasikan dengan biaya yang murah.
- dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi seperti video broadcast, DVB strorage, RTP/IP packet networks, dan ITU-T multimedia telephony systems.
- Format video MPEG-4 memiliki berbagai aplikasi yang sangat luas yang mencakup segala bentuk kompresi video digital dari aplikasi bit tingkat rendah streaming internet, untuk menyiarkan HDTV dan aplikasi Digital Cinema.
- Kualitas TV satelit digital, dapat dicapai sebesar 1,5 Mbit / s, dibandingkan dengan titik operasi saat video MPEG-2 di sekitar 3,5 Mbit / s.
- Mendukung audio encoding dengan kompresi lebih efisien
dibandingkan MP3, dan mempunyai kualitas hampir setara dengan CD
Audio.
- MPEG-4 sangat tepat untuk format video yang memiliki ukuran besar,seperti .avi atau .vob karena konsep dasar dari kompresi MPEG-4 adalah mengompres file ketika menyimpan video.


Wassalamualikum wr.wb..Smile 

avatar
Sri_Rohidayati

Jumlah posting : 55
Join date : 11.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

TENTANG MPEG-4

Post  Prayoga Subekti on Wed Dec 04, 2013 1:06 am

Nama : Prayoga Subekti
NIM : 12016014
Prodi : Sistem Informasi

Assalamualaikum,

1. Pengertian MPEG

MPEG (Motion Picture Expert Group) adalah nama organisasi internasional ISO/IEC yang mengembangkan standar pengkodean citra bergerak. Pertemuan pertama terjadi pada bulan Mei 1998 di Ottawa, Kanada. Namun kini MPEG sebagai berkas dengan nama singkatan yang berbeda yaitu Moving Picture Expert Group.
Beberapa standar yang dikembangkan adalah MPEG-2 dan MPEG-3. Encoding MPEG-2 digunakan pada video CD, sementara MPEG-3 menjadi populer dengan tampilnya lapisan audio (audio layer) MPEG-3, yang dikenal dengan MP3.

2. Pengertian MPEG-4

MPEG-4 adalah kompresi yang digunakan pada data digital audio dan video (AV data). MPEG-4 mengadopsi MPEG-1 dan MPEG-2, juga standar kompresi audio video yang lain.
Kompresi ini masih terus dikembangkan, dengan tingkat kompatibilitas yang masih tergantung dari pengembangnya masing-masing.
Ada yang disebut MPEG-4 part 2 (MPEG-4 SP/ASP), digunakan pada DivX, Xvid, Nero Digital, 3ivx dan by Quicktime 6. MPEG-4 part 10 10 (MPEG-4 AVC/H.264), atau x264 codec, digunakan pada Nero digital AVC, Quicktime 7, juga HD DVD dan Blu-ray Disc.

3. Kelebihan MPEG 4
a. Memilki fitur radio streaming, browser internet, perekam suara, hingga aplikasi e-mail
b. Dari segi kapasitas, MPEG 4 dapat menampung hingga 60 GB. Selain dapat memutar audio, MPEG 4 juga mampu menangani data video.
c. Menyediakan equalizer dengan spesifikasi genre musik itu sendiri: mulai dari musik pop, rock, jazz, klasik bahkan reggae.
d. MPEG 4 mendukung format lainya, seperti MP3, ASF, WMV, WMA, AVI dan MPG.
e. MPEG 4 juga memiliki kelebihan khusus pada video, yakni ukuran video yang besar bisa di kompres menjadi sangat kecil. video dapat disimpan
dalam perangkat yang tidak memiliki kapasitas besar.

4. Kekurangan MPEG 4
a. Mengkompres ukuran suara dan gambar begitu besar menjadi sangat ramping, sehingga kualitas yang dihasilkan juga tidak terlalu bagus. Pada
video misalnya gampar akan pecah dan buram, suara akan terdengar tidak jelas terlalu sayup bahkan terlalu besar.

Wassalamualaikum,
avatar
Prayoga Subekti

Jumlah posting : 36
Join date : 13.11.13
Age : 24

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas Teknologi Multimedia 03 Desember

Post  Maryadi on Wed Dec 04, 2013 1:28 am

Mengenal Lebih Dalam Tentang MPEG4
MPEG-4 berbasis MPEG-1 dan MPEG-2, tetapi ada tambahan fitur seperti dukungan VRML untuk rendering 3D, files komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan virtual reality modelling), dukungan untuk DRM dan berbagai macam interaktivitas . Kontainer untuk kandungan MPEG-4 adalah MP4.
Kelebihan MPEG4
• Error Resilience
• Kemampuan untuk encde arbitrarily shape video object
• Multiplexing dan sinkronisasi dari data yang berkaitan dengan object
• MPEG-4 AVC hanya memiliki file size seperempat dari video yang dibuat memakai MPEG-2. sehingga sekeping DVD dapat menampung beberapa film yang dikompres memakai format MPEG-4 AVC dengan kualitas yang tetap baik.
• MPEG-4 AVC mampu memberi kualitas gambar lebih baik pada bit rate rendah sehingga cocok untuk ruang simpan yang terbatas seperti pada peranti genggam.
• mampu mengurangi artefak atau noise akibat proses kompresi. Teknik-teknik baru diperkenalkan disini untuk memperbaiki kualitas gambar, seperti Multi-picture inter-picture prediction, Lossless macroblock coding, Increased precision in motion estimation dan deblocking filter baru.
• MPEG-4 AVC dapat diimplementasikan pada bermacam perangkat dengan berbagai format dari streaming melalui jaringan 3G beresolusi QCIF dengan 15 fps hingga full High Definition video beresolusi 1920 x 1080 dengan 60 fps. Oleh karena itu format ini akan dapat dinikmati oleh pemakai telepon genggam, internet, Set-top-boxes, hingga HD-DVD.
Kekurangan MPEG4
• Sangat mahal karena memungkinkan untuk berjalan di berbagai aplikasi


Create By : Maryadi (12016025)

Maryadi

Jumlah posting : 57
Join date : 17.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

re: Thread aktivitas individual 3/12

Post  Nur Wulan Maulida on Wed Dec 04, 2013 4:29 am

Assalmu'alaikum wr. wb.

Nama: Nur Wulan Maulida
NIM: 12016013

MPEG-4
  • Dampak baik (kelebihan):

1. Sebagai standar yang digunakan untuk mengkode informasi audio visual dalam suatu format kompresi digital. MPEG-4 menyediakan standarisasi teknologi yang memungkinkan integrasi produksi, distribusi, maupun content untuk 3 bidang, yakni digital television, interactive graphics application, dan interactive multimedia, termasuk content untuk World Wide Web (WWW).
2. dimungkinkan membuat content interaktif untuk ditanamkan dalam DVD atau broadcast interaktif.
3. efisien dan lebih fleksibel ditangani..
4. efisiensi dalam ukuran (kapasitas), sehingga memungkinkan transfer yang cepat via internet, interaktif.
5. bersifat open source.
6. bisa melakukan kinerja MPEG-1, MPEG-2 dan standar lainnya.
7. mendukung VRML (Virtual Reality Modeling Language) untuk rendering 3D.
8. mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.
9. Untuk audio, kinerja dan kualitas MPEG-4 di kenal sebagai Advance Audio coding (AAC). Dapat memadatkan format suara menjadi lebih kecil tetapi kualitasnya jauh lebih baik daripada format lain.
10. Format standar terbaru H264. Yang memiliki tingakat kompresi yang jauh lebih tinggi. Otomatis gambar lebih bagus.

  • Dampak buruk (kelemahan):

1. spek computer harus tinggi untuk melakukan playback secara lancar.
2. sangat mahal karena memungkinkan berjalan diberbagai aplikasi

Wassalamu'alaikum wr. wb.
avatar
Nur Wulan Maulida

Jumlah posting : 38
Join date : 14.09.13
Age : 24
Lokasi : Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread aktivitas individual 3/12

Post  Deli Putri Ratnasari .E. on Wed Dec 04, 2013 8:17 am

Nama : Deli putri ratnasari effendy
NIM  : 12016011

Assalamu'alaikum Wr Wb....

1.  MPEG-4 muncul dari pendahulunya dan memiliki basis obyek coding yang baru, MPEG-4 juga memiliki kelebihan,
   sehingga dapat lebih baik dari versi yang sebelumnya, kelebihannya diantara lain adalah :
   - Menawarkan rasio kompresi lebih tinggi
   - Bermanfaat untuk komposisi digital video
   - Manipulasi, pengindeksan, dan pengambilan, dan
   - MPEG-4 mampu melakukan fungsi interaktif dalam audio.

2.  MPEG-4 memiliki efek baik dan buruk diantaranya :
   Efek baiknya, MPEG-4 merupakan teknologi kompresi yang diupgrade dari MPEG-2 dimana,
   MPEG-4 ini ditujukan untuk  menghasilkan kompresi data yang lebih baik.
   MPEG-4 juga merupakan standar kompresi yang secara efektif dapat mengkompresi suara dan
   data video untuk tujuan streaming sistem atau CCTV.

   Efek buruknya, MPEG-4 Sangat mahal karena memungkinkan untuk dapat berjalan diberbagai aplikasi.

Wassalamu'alaikum Wr Wb....
avatar
Deli Putri Ratnasari .E.

Jumlah posting : 33
Join date : 11.09.13
Age : 23

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

thread individu 03 Desember 2013

Post  t salam on Wed Dec 04, 2013 8:32 am

disusun oleh :
tarrmidi salam 12016005



Modifikasi pada MPEG4 jika dibandingkan dengan yang sebelumnya :
=> MPEG-4 dapat digunakan untuk mengkode informasi audio visual dalam suatu format kompresi digital.
=> MPEG-4 menyediakan standarisasi teknologi yang memungkinkan integrasi produksi, distribusi, maupun content untuk 3 bidang, yakni digital
television, interactive graphics application, dan interactive multimedia, termasuk content untuk World Wide Web (WWW).
=> Pada MPEG-4 memungkinkan membuat content interaktif untuk ditanamkan dalam DVD atau broadcast interaktif.
=> MPEG-4 lebih fleksibel dan lebih efisiensi, karena gambar, teks, dan obyek sintetik memiliki coding tersendiri.
=> MPEG4 memungkinkan transfer yang cepat via internet, interaktif, dan yang cukup penting adalah ia bersifat open source.
=> Kualitas video lebih baik dari yang sebelumnya.
=> Menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (Virtual Reality Modeling Language) (extended) untuk perenderan 3D


Kelebihan MPEG4
 Untuk komunikasi bitrate yang sangat rendah (4,8 sampai 64 Kb/sec): video dengan bit rate 5 Kb/s s/d 10 Mb/s dan audio dengan bit rate 2 Kb/s s/d 64 Kb/s
 Sangat baik untuk audio/video dalam jaringan (streaming)
 Mendukung digital rights management
 Audio dan video adalah basis dasar dari MPEG-4, di samping itu MPEG-4 dapat mendukung objek 3D, sprites, text dan tipe media lainnya
 Very Low Bandwidth (64Kbits/sec)
 Resolusi 176 x 144 x 10Hz

Kekurangan MPEG4
 Bandwidth lebih kecil
 Masih dalam pengembangan
avatar
t salam

Jumlah posting : 39
Join date : 11.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas individual 3/12

Post  sriayu1994 on Wed Dec 04, 2013 8:39 am

Assalamu'alaikum wr wb... Smile 


MPEG-4
dapat didefinisikan sebagai standar yang digunakan untuk mengkode informasi audio visual dalam suatu format kompresi digital. MPEG-4 menyediakan standarisasi teknologi yang memungkinkan integrasi produksi, distribusi, maupun content untuk 3 bidang, yakni digital television, interactive graphics application, dan interactive multimedia, termasuk content untuk World Wide Web (WWW).
MPEG-4 memungkinkan membuat content interaktif untuk ditanamkan dalam DVD atau broadcast interaktif.
Dalam MPEG-4, obyek sintetik memiliki coding tersendiri, dan bukan memampatkannya dalam pixel atau waveform. MPEG-4 menambahkan fungsi baru seperti dukungan VRML (extended) untuk perenderan 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video, dan VRML). MPEG-4 mengurangi jumlah volume data yang diperlukan untuk menyimpan file video.

Kelebihan MPEG-4 :
1. Efisiensi dalam ukuran (kapasitas), sehingga memungkinkan transfer yang cepat via internet, interaktif, dan yang cukup penting adalah ia bersifat open source.
2. MPEG-4 juga memberikan fain yang sangat menarik, yakni MPEG-4 Advanced Audio Coding.
3. Kualitas gambar lebih baik
4. Memperkecil waktu yang dibutuhkan untuk proses streaming video via internet (tergantung jaringan yang dipakai)
5. Memperbesar volume (waktu) data video yang memungkinkan untuk direkam dalam hard disk karena kompresi yang lebih kecil



Wassalamu'alaikum wr wb... Smile 
avatar
sriayu1994

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.13
Age : 24
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread aktivitas individual 3/12

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik