Thread untuk aktivitas 12/12/13

Go down

Thread untuk aktivitas 12/12/13

Post  Admin on Thu Dec 12, 2013 3:27 pm

AWW

Silakan anda tuliskan hasil eksplorasi anda tentang produk VoD disini. Untuk memberi anda kesempatan lebih panjang, waktu paling lambat untuk posting adalah jam 19.00 hari ini (Kamis 12/12). Silakan posting disini sesuai kriteria isi yang telah disampaikan di kelas.

WWW
by TTx
avatar
Admin
Admin

Jumlah posting : 971
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Video On Demand (VOD) | Cara kerja & Fitur

Post  Aulia Sofiansyah on Thu Dec 12, 2013 3:35 pm

Aulia Sofiansyah (10016003)

Video-on-demand (VOD) adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton.
Cara kerja VOD, layaknya video rental, dimana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, acara realitas, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan (pay-per-view).
Fitur VOD
-Subscription Video on demand (SVOD) adalah layanan yang ditawarkan oleh sistem prabayar, biaya pelanggan bulanan untuk mengakses program terbatas.
-Near video on demand ( NVOD ) " pay- per -view " yang digunakan oleh multi-channel penyiaran menggunakan mekanisme distribusi bandwidth tinggi seperti satelit dan televisi kabel.
-Push Video On Demand (PVOD)merupakan duplikasi kurang sempurna dari konsep utama VOD itu sendiri. Karena pada dasarnya PVOD menawarkan hal yang sama dengan VOD tetapi justru dengan lebih banyak kekurangan. Misalnya dari sisi memory. Program yang bisa kita unduh hanya bertahan seminggu karena keterbatasan memory ini. Interaksi juga agak kurang juga bisa terjadi di sini.
-Interaktif Video on demand (IVOD) adalah versi standar video on demand di mana orang memiliki beberapa fitur berikut di disposa mereka :
:: Play/Resume
:: Stop
:: Pause
:: Jump forward
:: Jump backward
:: Fast Forward (FF)
:: Slow Down
:: Reverse
:: Fast Reverse
:: Slow Reverse
-Eksklusif Video on demand (EVOD) adalah ketika penyedia konten VOD berbasis TV tertentu menawarkan fungsi, layanan dan / atau program yang tidak ada penyedia konten lainnya, itu bisa disebut video eksklusif on demand.
-Impulse Video on demand (IVOD) biasanya disebut sebagai "video on demand" tapi di masa lalu, istilah ini sering disebut kemampuan untuk memesan video berbasis-TV pada pemrograman permintaan, tanpa harus telepon untuk memesan ke operator jaringan.
-Quasi Video on demand (QVOD) adalah sama seperti video on demand, bedanya pemrograman hanya akan disajikan jika jumlah minimum pelanggan mendaftar untuk itu
-Transactional video on demand (TVOD)
-Free video on demand (FVOD) operator jaringan membuat sebagai bagian dari paket konten

 Laughing Laughing Laughing Cool 
avatar
Aulia Sofiansyah

Jumlah posting : 7
Join date : 29.11.12
Age : 24
Lokasi : Palembang Yogyakarta Indonesia

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Video On Demand

Post  agung pribadi on Thu Dec 12, 2013 3:44 pm

Nama = Agung Pribadi Hamid

Nim = 11B16011

Video on Demand adalah sebuah istilah penyajian video yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet atau intranet, dimana pemirsa bisa melihat kapan pun sepuasnya dan berulang ulang tanpa harus terikat waktu dan tempat. Video bisa disajikan langsung secara streaming atau didownload.

1. sejarah
Sejarahnya, VOD komersial pertama kali muncul adalah di Hong Kong pada tahun 1990. Tetapi jauh dari efisien. Yang ada saat itu harga Video CD jauh lebih murah, sehingga perkembangannya pun mandek. Lebih jauh lagi, konsep VOD sendiri sebenarnya telah tertanam sejak dahulu. Sudah ada perusahan cable yang menyediakan pilihan bagi para pemirsanya. Konsep seperti ini membawa pengertianbaru bahwa konsumen bisa mendapatkan apa yang disebut The Entertainment-Information Merger. Yaitu penggabungan antara hiburan dan informasi dalam satu hal saja.
2. Fasilitas Video On Demand
Untuk dapat menggunakan fasilitas Video On Demand, komputer anda harus tersedia/support multimedia karena video yang ditampilkan berupa gambar bergerak dengan disertai audio yang langsung diambil dari tempat kejadian.
3. Cara kerja dan Fungsi Video On Demand
Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, reality show, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan (pay-per-view).

4. Yang terjadi saat download video
Video On Demand memiliki durasi antara 1 sampai dengan 2 menit, dengan besar file berkisar antara 500 – 1000 kilobyte. Lama download bergantung pada kecepatan koneksi internet anda.

First Media
PT First Media Tbk (IDX: KBLV), sebelumnya bernama PT Broadband Multimedia Tbk, adalah perusahaan publik Indonesia yang terdaftar diBursa Efek Indonesia. First Media menyediakan jasa layanan internet pita lebar, televisi kabel, dan komunikasi data, yang secara keseluruhan diperkenalkan sebagai "Triple Play". Jaringannya meliputi Jabodetabek, Surabaya, dan Bali.
First Media merupakan anak perusahaan Grup Lippo. First Media juga memegang penuh kepemilikan saham PT Ayunda Prima Mitra yang menguasai 80% saham PT Direct Vision, perusahaan yang mengoperasikan jasa televisi satelit Astro Nusantara. Astro Nusantara sendiri tidak beroperasi lagi sejak 20 Oktober 2008.
Pada tahun 2008, First Media memiliki sekitar 180.000 pelanggan internet dan sekitar 130.000 pelanggan televisi. Jaringan serat optik First Media memiliki panjang 2.597 kilometer yang tersebar di Jabodetabek, Surabaya, dan Bali. First Media menargetkan satu juta rumah akan terjangkau jaringan mereka sebelum awal 2009.
Sejarah
First Media didirikan pada tahun 1994 dengan nama PT Broadband Multimedia Tbk. Pada Maret 1999, Broadband Multimedia mulai memasarkan diri secara komersial dengan merek dagang Kabelvision, yang diikuti pada tahun-tahun berikutnya dengan peluncuran Digital1 dan MyNet.
Pada 16 Juni 2007, Broadband Multimedia mengganti namanya menjadi First Media, sekaligus meluncurkan identitas dan merek baru sebagai penyedia layanan "Triple Play". Kabelvision dan Digital1 disatukan di bawah produk HomeCable, sementara MyNet menjadi FastNet.
Pada akhir Agustus 2007. Grup Lippo mengumumkan kucuran investasi sebesar $650 juta selama empat tahun kedepan kepada First Media. Kucuran dana tadi akan diinvestasikan keberbagai layanan pengembangan konten dan belanja internet, TV kabel, HDTV, akses pita lebar, layanan nirkabel, fasilitas pentimpanan data, serta layanan telepon. Dalam kucuran dana tersebut, Grup Lippo menggandeng perusahaan Shanghai Media Entertainment Group (melalui anak perusahaan STR), Cisco, dan Motorola untuk pembangunan jaringan serta pembiayaan proyek tersebut.
Teknologi
Saat ini First Media memiliki dan mengoperasikan teknologi jaringan kabel Hybrid Fiber-Coaxial (‘HFC’) dua arah pada frekuensi 870 Mhz yang memiliki ujung terminal di Jakarta (Citra Graha),Bali (Denpasar), dan Surabaya (Gubeng). Digitalisasi memungkinkan kompresi data yang lebih besar untuk ditransmisikan melalui kabel, dengan demikian meningkatkan kapasitas kabel untuk melakukan transmisi internet berkecepatan tinggi, hingga mampu mentransmisi 100 saluran TV secara serempak, serta volume data yang sangat besar yang diperlukan demi kelancaran aplikasi beberapa industri.
Pada tahun 2006, First Media secara bertahap mulai mengalihkan jaringan kabelnya menjadi digital, dan pada akhir 2007 telah dilaksanakan hingga 70% dari keseluruhan jaringan, dan diperkirakan akan selesai pada tahun 2008. Pada akhir tahun 2007, jaringan kabel First Media menjangkau 3.700 kilometer, dengan kabel ke rumah sejumlah 400.000 dan penetrasi lebih dari 35% dan terus bertambah.
Produk
Produk First Media disebut Triple Play, yang merupakan layanan berbasiskan teknologi pita lebar digital mencakup jasa akses internet berkecepatan tinggi tanpa batasan yang selalu menyala (FastNet), TV kabel digital (HomeCable), dan komunikasi data berkecepatan tinggi dan berkapasitas besar untuk aplikasi bisnis dan komersial (DataComm).

Contoh VOD yang ada didunia adalah sbb;
1. COMCAST
2. XFINITY
3. TIME WARNER CABLE
4. CHARTER
5. COX DIGITAL CABLE
6. VERIZON
7. MEDIACOM

agung pribadi

Jumlah posting : 26
Join date : 27.09.12

Lihat profil user http://agungpribadih.byethost3.com/

Kembali Ke Atas Go down

video on demand

Post  juli sudarman on Thu Dec 12, 2013 3:46 pm

nama = Juli Sudarman


VOD (Video on Demand)
Dalam dunia pendidikan, video digunakan secara luas dalam sistem multimedia. Videoconferencing memungkinkan kita untuk mengadakan konfrensi jarak jauh secara visual, sehingga para peserta seolah-oleh bertemu langsung dalam suatu konferensi. Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning, suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang.
Dengan mengubah pola penyajian berita / acara sebagaimana di televisi saat ini dengan metode video on demand, tentu tak salah ungkapan Bill Gates bahwa orang akan berangsur-angsur meninggalkan televisi. Atau, mungkin istilahnya bukan TV broadcast lagi, tetapi TV on Demand.
Video on Demand adalah sebuah istilah penyajian video yang bisa diakses secara online melalui jaringan internet atau intranet, dimana pemirsa bisa melihat kapan pun sepuasnya dan berulang ulang tanpa harus terikat waktu dan tempat. Video bisa disajikan langsung secara streaming atau didownload.
Video juga merupakan komponen penting dalam distance learning, suatu metode pengajaran yang tidak lagi terikat oleh ruang. dalam upaya memenuhi kebutuhan peralatan dan mensosialisasikan peralatan teknologi tersebut kepada masyarakat khsusnya pelajar yang kesulitan memiliki peralatan LCD proyektor, kiranya perlu diciptakan media yang paling efektif untuk memanfaatkan modul-modul yang berbasis multimedia khususnya video. Intranet video yang dikembangkan dalam bentuk sistem video/modul on demand dapat dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya slta yang belum mempunyai peralatan LCD preyektor sebagai penunjang proese pembelajaran di sekolah. Dengan strategi ini diharapkan pengetahuan dan teknologi informasi dan komunikasi dibeberapa sekolah/masyarakat umumnya dapat terpenuhi
1. Bagaimana menggunakan fasilitas Video On Demand
Untuk dapat menggunakan fasilitas Video On Demand, komputer anda harus tersedia/support multimedia karena video yang ditampilkan berupa gambar bergerak dengan disertai audio yang langsung diambil dari tempat kejadian.
2. Cara kerja dan Fungsi Video On Demand
Fungsi VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, reality show, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan (pay-per-view).

3. Apa yang terjadi saat download video
Video On Demand memiliki durasi antara 1 sampai dengan 2 menit, dengan besar file berkisar antara 500 – 1000 kilobyte. Lama download bergantung pada kecepatan koneksi internet anda.

4. Software yang digunakan ? Bagaimana cara mendapatkan software tersebut
Diperlukan minimal Windows Media Player versi 7 untuk dapat melihat video, yang bisa didownload secara gratis di [You must be registered and logged in to see this link.]


LAYANAN / FIKTUR - FIKTUR :

1. KREDIT SYSTEM
Pembayaran dilakukan dengan kredit yang dapat diambil melalui
.
PEMBAYARAN TUNGGAL
Media , saluran atau acitvations Portal lengkap untuk jangka waktu yang ditetapkan dapat diperhatikan dengan kredit untuk pembayaran tunggal .

LANGGANAN
Langganan opsional tersedia untuk saluran atau isi Portal lengkap . Pembayaran langganan dilakukan langsung melalui penyedia pembayaran dan bukan dalam sistem kredit .

MEDIA PREVIEW
Preview A dihasilkan secara otomatis untuk biaya yang diperlukan media yang . Video dan file audio shortend dengan panjang didefinisikan , gambar dilengkapi dengan watermark individu.

SISTEM KOMISI
Pengguna tertentu dapat menentukan harga untuk media mereka upload dan menerima komisi untuk setiap penjualan .

STREAMING DUKUNGAN
Video dapat disiarkan melalui HTTP Download ( default) atau alternatif melalui server streaming .

DAFTAR TRANSAKSI
Daftar transaksi rinci memberikan informasi tentang semua penjualan pada sistem.

MEDIA DOWNLOAD
Media dapat didownload oleh pembeli opsional selama periode aktivasi .
avatar
juli sudarman

Jumlah posting : 8
Join date : 28.09.12

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

VOD

Post  Atma Turida on Thu Dec 12, 2013 3:50 pm

Atma Turida
11016017

Video On Demand

* Layanan = Untuk dapat menggunakan layanan Video On Demand, komputer harus tersedia dan mendukung multimedia karena video yang ditampilkan berupa gambar bergerak dengan disertai audio yang langsung diambil dari tempat kejadian.

* fitur VOD = fitur yang akan didapat di semua paket. Jadi, apabila berlangganan basic pack, tentu akan mendapatkan VOD.
VOD memiliki folder tema berbasis untuk mengeksplorasi. Hanya menyetel CHANNEL 1, pilih MOVIES dan kemudian memilih FITUR KHUSUS.

seperti contoh film VOD:

1.  [You must be registered and logged in to see this link.]




FrightFest
(Tersedia 24 September)

Rayakan Halloween dan mempromosikan rilis VOD dari The Pembersihan dengan koleksi ini thriller horor top.

watch it: Fitur Saluran 1/Movies/Special / FrightFest


2. [You must be registered and logged in to see this link.]



Iron Man 3
(Tersedia 10 September)

Folder ini mempromosikan rilis VOD dari Iron Man 3 dengan koleksi ini superhero atas termasuk Captain America, Thor, dan Hulk.

watch it: Fitur Saluran 1/Movies/Special / Iron Man 3


3. [You must be registered and logged in to see this link.]



Star Trek
(Tersedia 10 September)

Folder ini mempromosikan rilis VOD dari Star Trek Ke Darkness dengan koleksi ini dari seluruh franchise Star Trek.

watch it: Fitur Saluran 1/Movies/Special / Star Trek

* Cara kerjanya = VOD seperti layaknya video rental, di mana pelanggan dapat memilih program atau tontonan ketika yang ingin ditayangkan. Pilihan program dapat berupa sederet judul film, serial TV, reality show, video streaming, dan program lainnya. tidak hanya menonton, khalayak pun dapat menyimpan serta mengunduh program semau mereka. Untuk menontonnya khalayak dapat menggunakan set-top box dari video yang sudah diunduh, atau menggunakan komputer, ponsel, dan alat-alat komunikasi elektronik lainnya yang berkemampuan mengakses konten audio dan visual. Sebagian VOD memberikan pelayanan dengan sistem pembayaran per tayangan.

*Ada 5 aplikasi VOD
1. Lubitu
Lubitu adalah aplikasi VOD (Video On Demand) pertama di Indonesia untuk Samsung Smart TV hasil karya Digital Buana, yang berada di bawah bendera PT. Digital Graha Pratama. Kita dapat menikmati berbagai tayangan menarik, mulai dari film Indonesia, film Hollywood, klip musik, gaya hidup, sampai tayangan berita lewat aplikasi ini.

Untuk promosi awal dari Lubitu, Kita dapat menikmati semua tayangannya melalui layar televisi Samsung Smart TV dengan free konten selama 3 bulan untuk akses hingga 800 video. Promosi ini berlangsung hingga bulan Desember 2011.
Dengan Lubitu, Kita juga bebas memilih dan mengontrol (pause & play) film yang ingin Kita tonton kapan saja, tanpa harus ketinggalan tayangan yang sedang berjalan.
[You must be registered and logged in to see this link.]



2. SPB TV v2.0
Terkadang saat lagi on the go kita sering kelewatan menonton acara televisi favorit, namun sekarang kita bisa menontonnya secara mobile di ponsel symbian kita. SPB software baru saja merilis SPB TV v2.0 untuk ponsel symbian, dimana dengan aplikasi ini anda bisa menstreaming 150 live chanel dari 20 negara secara real time, yang menarik di update terbaru ini sudah support VOD atau video on demand.

Dengan fitur VOD ini anda bisa menikmati siaran tv internasional secara eksklusif tanpa biaya berlangganan sama sekali, karena sistem ini akan memudahkan kita mengontrol atau memilih sendiri pilihan program yang mau di tonton, mirip tv berbayar tapi tanpa biaya berlangganan, asik kan.
Berikut fitur lengkapnya:

   -Mendukung video on deman (VOD)
   -TV browser yang user friendly dengan list quick channel
   -mempreview channel yang dipilih
   -Navigasi menu yang lebih ringan dan cepat
[You must be registered and logged in to see this link.]



3. Open-IMS
Teknologi IMS dapat memungkinkan untuk menikmati beberapa layanan. Kita dapat melakukan voice call, video call dan chatting, pada Open-IMS juga dapat menangani layanan IPTV dan Video On Demand (VOD).
[You must be registered and logged in to see this link.]



4. NetUP Video on Demand Server
NetUP Video on Demand Server dibangun pada platform berstandar industri dan mendukung lebih dari 100 aliran searah (1000 pelanggan pada laju pada puncak VoD yang normal) pada laju kompresi MPEG-2 yang khusus, yaitu 4 Mb/det per aliran. Mendukung modus aliran unikast maupun multikast.

5. TVoD & Time-Shifted TV
Layanan TV on Demand dan Time-Shifted TV diterapkan dalam server yang sama. Perangkat ini identik dengan VOD server, meliputi 4 HDD SATA-II hot-swappable, yang masing-masing berkapasitas 750 GB. Sama untuk kira-kira 2000 jam program TV yang terekam. Memungkinkan untuk menghubungkan server TVoD ke sebuah klaster, untuk menyediakan layanan TVoD dalam jaringan yang terdistribusi.
avatar
Atma Turida

Jumlah posting : 21
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://atma.byethost17.com/

Kembali Ke Atas Go down

Video On Demand

Post  Bayu Ikhsan Nugraha on Thu Dec 12, 2013 4:45 pm

Nama = Bayu Ikhsan Nugraha
Nim = 11016007



Video-on-demand
adalah sistem televisi interaktif yang memfasilitasi khalayak untuk mengontrol atau memilih sendiri pilihan program video dan klip yang ingin ditonton

Cara kerja Video On Demand
Layanan VOD memungkinkan pelanggan dapat memilih sendiri program video dan klip yang ingin ditonton. Layaknya video rental, pelanggan dapat menyimpan program siaran TV yang diinginkannya untuk ditonton kembali pada waktu luang dan berulang kali.
fasilitas Video On Demand

fungsi utama

VOD video on demand

* Manajemen Program
* Video on Demand
* Untuk keterangan program,
* Informasi Manajemen
* Download

video langsung

* Mengadopsi teknologi MPEG4 yang paling maju, kompresi real-time server-side, live, real-time klien untuk menerima, membaca sandi. Dalam memastikan kualitas gambar di bawah premis video sangat mengurangi saham bandwidth.
* Bisa hidup sementara sinyal dikumpulkan rekaman file AVI ke format MPEG4.
• Dukungan real-time video siaran, tapi juga dukungan MPEG1, tinggal format MPEG4.
• Dukungan untuk pilihan multi-channel sisi klien.
• Dukungan untuk manajemen izin melihat dapat membolehkan atau membatasi klien tertentu, program untuk menonton.
• Dukungan untuk sub judul

fasilitas Video On Demand
komputer anda harus tersedia/support multimedia karena video yang ditampilkan berupa gambar bergerak dengan disertai audio yang langsung diambil dari tempat kejadian.
Video on demand juga memiliki fasilitas yaitu dapat merekam chanel atau siaran secara otomatis, dan dapat memudahkan kita untuk memutar kembali, tetapi siaran atau film yang direkam memiliki kapasitas yang terbatas tergantung seberapa besar hardisk yang terdapat pada VOD dan set-top-box.
avatar
Bayu Ikhsan Nugraha

Jumlah posting : 12
Join date : 22.09.12

Lihat profil user http://www.bayuikhsan.webatu.com

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk aktivitas 12/12/13

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik