Thread untuk materi Routing dalam Windows

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Thread untuk materi Routing dalam Windows

Post  Admin on Wed Dec 11, 2013 11:49 am

AWW

Silakan tuliskan tentang routing dalam Windows disini. Singkat saja, hanya cara kerjanya. Tapi tentu saja harus jelas. Mulailah dengan ARP dulu.

WWW
by TTx

Admin
Admin

Jumlah posting : 954
Join date : 20.09.12
Lokasi : Yogyakartun

Lihat profil user http://blog.uad.ac.id/ttx

Kembali Ke Atas Go down

Thread untuk aktivitas 11 Des 2013_routing pada windows

Post  t salam on Wed Dec 11, 2013 12:07 pm

nama anggota :
tarmidi salam 12016005
denny bagas 12016015
amrul waladi 1303016038


RIP (Routing Information Protocol)
 Merupakan protokol untuk memilih routing.
 Routing protokol yang menggunakan algoritma distance vector, yaitu algoritma Bellman-Ford.
 RIP merupakan routing protocol yang paling mudah untuk di konfigurasi.

Cara kerja
 Host mendengar pada alamat broadcast jika ada update routing dari gateway.
 Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima update routing .
 Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table .
 Jika rute sudah ada, metric yang terkecil akan diambil sebagai acuan.
 Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu tertentu.
 Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung.



ARP ( Address Resolution Protocol)
 Merupakan protokol yang bertugas untuk mendapatkan informasi hardware dari alamat IP.
 Sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). ARP didefinisikan di dalam RFC 826
 ARP berasosiasi antara alamat fisik dan alamat IP. Pada LAN, setiap device, host, station dll diidentifikasi dalam bentuk alamat fisik yang didapat dari NIC.

Cara kerja
 Host melakukan akses ke suatu komputer dan ia mengetahui IP Address tujuan.
 IP memberitahukan kepada ARP untuk membuat pesan permintaan ARP (minta alamat fisiknya) komputer tujuan. Isi pesan itu berisi alamat fisik pengirim, ip address pengirim, dan ip address tujuan. Sedangkan alamat fisik tujuan tidak diisi karena kan belum diketahui.
 Pesan tersebut diserahkan ke layer bawah (data link) untuk dibungkus menjadi frame. Frame ini berisi informasi alamat fisik pengirim dan alamat fisik broadcast sebagai tujuan.
 Semua host atau router menerima frame ini karena frame tersebut berisi alamat fisik broadcast sebagai alamat tujuan. Semuanya membuang bungkusan framenya dan meneruskannya ke ARP miliknya masing-masing. Semua host membuang pesan ARP tersebut kecuali yang memiliki ip yang dimaksud. Dan host tujuan yang benar melihat ip bahwa itu untuknya dan memberinya alamat fisik.
 Host tujuan membalas pesan tersebut dengan balasan pesan ARP juga yang isinya sama dengan point 2 hanya saja dengan tambahan alamat fisik miliknya sebagai alamat sumber.
 Pengirim menerima balasan pesan tersebut. Dan sekarang dia tahu alamat fisik host tujuan.
 IP datagram yang berisi data dikirim ke host tujuan, dan di bungkus dengan frame yang berisi alamat tujuan yang tertuju pada alamat fisik milik host tujuan tersebut.






RARP (Reverse ARP)
 Kebalikan dari ARP yaitu protokol yang berfungsi untuk mendapatkan informasi alamat IP dari hardware.
 RARP didisain untuk memecahkan masalah mapping alamat dalam sebuah mesin/komputer di mana mesin/komputer mengetahui alamat fisiknya namun tidak mengetahui alamat logikanya.

Cara kerja
 RARP ini terjadi pada saat mesin seperti komputer atau router yang baru bergabung dalam jaringan lokal, kebanyakan tipe mesin yang menerapkan RARP adalah mesin yang diskless, atau tidak mempunyai aplikasi program dalam disk.
 RARP kemudian memberikan request secara broadcast di jaringan lokal.
 Mesin yang lain pada jaringan lokal yang mengetahui semua seluruh alamat IP akan akan meresponsnya dengan RARP reply secara unicast.
 Mesin yang merequest harus menjalankan program klien RARP, sedangkan mesin yang merespons harus menjalankan program server RARP.



t salam

Jumlah posting : 39
Join date : 11.09.13
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk materi Routing dalam Windows

Post  zuharisa on Wed Dec 11, 2013 12:10 pm

Nama :
Zuharisa (12016001)
Tindy Annesa Migunani (12016026)
MAmlu'Atu Rahmah (12E16034)

3 Protokol Routing dalam windows untuk TCP/IP
• ARP
Cara kerja : mencari alamat logika (IP) dari alamat fisik dengan mengirimkan paket query ke semua jaringan lokal, dan yang ditujulah yang akan memberikan balasannya kepada pengirim. Maka alamat IP yang dimiliki oleh host yang dituju harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam MAC Address agar frame-frame data dapat diteruskan ke tujuan dan diletakkan di atas media transmisi (kabel, radio, atau cahaya), setelah diproses terlebih dahulu oleh Network Interface Card (NIC).

• RARP
Cara kerja : terjadi pada saat mesin seperti komputer atau router yang baru bergabung dalam jaringan lokal, RARP memberikan request secara broadcast di jaringan lokal.Kemudian mesin yang lain pada jaringan lokal yang mengetahui seluruh alamat IP akan meresponsnya dengan RARP reply secara unicast.

• ICMP
Cara kerja : melaporkan status dari pengiriman paket hanya ke peralatan asal dan tidak mengirim informasi tentang perubahan jaringan ke router-router yang lain. Kemudian Pesan ICMP dienkapsulasi menjadi datagram dengan cara yang sama ke data yang dikirim ketika IP digunakan.Rute yang panjang dapat terjadi dalam jaringan dimana datagram tidak pernah mencapai tujuan. Hal ini terjadi jika dua router secara kontinu melewatkan
datagram balik diantara router-router.


zuharisa

Jumlah posting : 37
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Tugas 11Nov.Jarkom

Post  rovic on Wed Dec 11, 2013 12:15 pm

Oby Rahmandani (12016031)
Reza Fadhlil Aziz (12016002)
Rovic Eko Pramuzi (12016006)


1. ICMP
Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah protokol yang digunakan untuk membantu error handling dan prosedur pengaturan (control procedure). Protokol ini bekerja pada network layer dan berurusan dengan layanan koneksi (connection services). Tugas dari ICMP adalah menyediakan pengendalian error (error control ) dan pengendalian arus (flow control) pada network layer.

Cara Kerja
ICMP secara singkat adalah sebagai berikut : pesan ICMP akan diberi header IP tujuan dengan melalui interface yang ada. Kemudian setelah pesan tadi diterima oleh IP tujuan maka penerima akan menerima lagi pesan ICMP kepada IP tujuan (asal) bahwa pesan telah diterima (pesan yang dikirim tergantung tipe pesan yang dipesan oleh pengirim pertama). Jika terdapat kerusakan dalam interface yang dilalui sehingga tidak dapat meneruskan pesan, maka pesan akan mengirimkan pesan error kepada pengirim pertama.

2. DHCP
Pengertian
DHCP (Dynamic Configuration Protocol) adalah layanan yang secara otomatis memberikan nomor IP kepada komputer yang memintanya. Komputer yang memberikan nomor IP disebut sebagaiDHCP server, sedangkan komputer yang meminta nomor IP disebut sebagai DHCP Client. Dengan demikian administrator tidak perlu lagi harus memberikan nomor IP secara manual pada saat konfigurasi TCP/IP, tapi cukup dengan memberikan referensi kepada DHCP Server.

Cara Kerja
DHCP server merupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
DHCP client merupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.
DHCP server umumnya memiliki sekumpulan alamat yang diizinkan untuk didistribusikan kepada klien, yang disebut sebagai DHCP Pool. Setiap klien kemudian akan menyewa alamat IP dari DHCP Pool ini untuk waktu yang ditentukan oleh DHCP, biasanya hingga beberapa hari. Manakala waktu penyewaan alamat IP tersebut habis masanya, klien akan meminta kepada server untuk memberikan alamat IP yang baru atau memperpanjangnya.
DHCP Client akan mencoba untuk mendapatkan "penyewaan" alamat IP dari sebuah DHCP server dalam proses empat langkah berikut:
1. DHCPDISCOVER: DHCP client akan menyebarkan request secara broadcast untuk mencari DHCP Server yang aktif.
2. DHCPOFFER: Setelah DHCP Server mendengar broadcast dari DHCP Client, DHCP server kemudian menawarkan sebuah alamat kepada DHCP client.
3. DHCPREQUEST: Client meminta DCHP server untuk menyewakan alamat IP dari salah satu alamat yang tersedia dalam DHCP Pool pada DHCP Server yang bersangkutan.
4. DHCPACK: DHCP server akan merespons permintaan dari klien dengan mengirimkan paket acknowledgment. Kemudian, DHCP Server akan menetapkan sebuah alamat (dan konfigurasi TCP/IP lainnya) kepada klien, dan memperbarui basis data database miliknya. Klien selanjutnya akan memulai proses binding dengan tumpukan protokol TCP/IP dan karena telah memiliki alamat IP, klien pun dapat memulai komunikasi jaringan.
Empat tahap di atas hanya berlaku bagi klien yang belum memiliki alamat. Untuk klien yang sebelumnya pernah meminta alamat kepada DHCP server yang sama, hanya tahap 3 dan tahap 4 yang dilakukan, yakni tahap pembaruan alamat (address renewal), yang jelas lebih cepat prosesnya.

3. ARP
Pengertian
ARP (Address Resolution Protocol) adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). (wiki)

Dalam jaringan biasanya memang telah diberi alamat IP. Namun alamat hardware (misal mac-address) tetap digunakan untuk transportasi data dari suatu host ke host yang lain. Dalam mikrotik RouterOS, sebuah router memiliki tabel ARP. Dalam tabel tersebut berisi masukan-masukan ARP. Masukan-masukan ARP tersebut terdiri dari ip address dan mac-address serta informasi interface mana yang digunakan.

Cara Kerja
Cara kerja ARP cukup sederhana, pada saat komputer Anda ingin mengirimkan paket data maka dia akan bertanya kepada IP address tujuan, lalu pertanyaan ini akan dijawab kembali oleh si pemilik IP address, "MAC XX.XX.XX".


rovic

Jumlah posting : 52
Join date : 11.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktivitas 11 Desember 2013 Protocol Routing For Windows

Post  Maryadi on Wed Dec 11, 2013 12:17 pm

Anggota Kelompok : Maryadi (12016025)
                          Hamdan Harun (12B16024)
                          Bahrudin (12B16023)


3 Protocol Routing di Windows


ARP
Prinsif kerja arp
Ilustrasi berikut menunjukkan bagaimana ARP menyelesaikan alamat IP ke alamat hardware untuk host di jaringan lokal yang sama .

Dalam contoh ini , dua TCP / IP host , Host A dan B , keduanya terletak pada jaringan fisik yang sama . Host A diberikan alamat IP 10.0.0.99 dan Host B diberikan alamat IP 10.0.0.100 .

Ketika host A mencoba berkomunikasi dengan Host B , langkah-langkah berikut menyelesaikan software - ditugaskan alamat host B ( 10.0.0.100 ) ke Host B hardware - ditugaskan alamat media access control :

   Berdasarkan isi dari tabel routing pada host A , IP menentukan bahwa alamat IP forwarding yang akan digunakan untuk mencapai Host B adalah 10.0.0.100 . Host A kemudian memeriksa nya ARP cache lokal sendiri untuk alamat hardware cocok untuk Host B.

   Jika host A tidak menemukan pemetaan dalam cache , itu menyiarkan sebuah permintaan ARP bingkai ke semua host di jaringan lokal dengan pertanyaan " Apa alamat perangkat keras untuk 10.0.0.100 ? " Kedua perangkat keras dan perangkat lunak untuk alamat sumber , host A , termasuk dalam permintaan ARP .

   Setiap host pada jaringan lokal menerima permintaan ARP dan memeriksa untuk pertandingan ke alamat IP sendiri . Jika tuan rumah tidak menemukan kecocokan , itu membuang permintaan ARP .

   Host B menentukan bahwa alamat IP dalam permintaan ARP sesuai alamat IP sendiri dan menambahkan alamat hardware / software pemetaan untuk Host A ke cache ARP lokal .

   Host B mengirimkan pesan ARP balasan berisi alamat hardware secara langsung kembali ke Host A.

   Ketika host A menerima ARP membalas pesan dari Host B , itu update ARP cache dengan alamat hardware / software pemetaan untuk Host B.

Setelah alamat kontrol akses media untuk Host B telah ditentukan , host A dapat mengirimkan lalu lintas IP Host B dengan mengatasi itu untuk Host alamat media access control B .



ICMP (Internet Control Message Protocol)
Merupakan standart protocol yang menyediakan kemampuan pengiriman pesan dalam IP (ICMP MESSAGES).
Contoh ICMP Messages:
•         ECHO dan ECHO REPLY Merupakan ICMP messages yang digunakan untuk mendeteksi host tersebut online pada jaringan atau tidak. Contoh: PING command.
•         DESTINATION UNREACHABLE Merupakan ICMP messages yang digunakan untuk memberi informasi ke host asal bahwa tidak tersambung ke host tujuan.
•         TIME EXCEDED Merupakan ICMP messages yang digunakan untuk memberi informasi berapa router yang dilewati agar sampai host tujuan. Pesan ini akan dikirim jika waktu yang ditentukan telah habis sebelum sampai pada tujuan.
•         PARAMETER PROBLEM Merupakan ICMP messages yang digunakan untuk memberi informasi apabila ada kerusakan selama proses pengiriman data. Pesan ini akan dikirim jika pada proses pengiriman data terdapat kerusakan.
•         REDIRECT Merupakan ICMP messages yang berfungsi untuk memilih jalur pengiriman data jika ada salah satu jalur yang rusak. Pesan ini akan dikirim jika terjadi perpindahan jalur dari jalur sebelumnya karena adanya kerusakan jalur sebelumnya.
Peran ICMP:
•         protokol Internet tidak memiliki pelaporan kesalahan dan mengoreksi kesalahan mekanisme
•         kemungkinan masalah membuang paket karena ketidakmampuan untuk menemukan router ke tujuan akhir atau TTL = 0
•         membuang semua fragmen karena waktu dari menerima semua fragmen
•         Tidak ada mekanisme untuk query host dan manajemen
•         ICMP telah dirancang untuk mengkompensasi kekurangan di atas



Prinsip kerja IGMP:
-Host
- host mengirimkan pesan menuji router kepada pelanggan dan juga ditujukan kepada bukan pelanggan yang berasal dari kelompok multicast.(Group didefinisikan sebagai alamat multicast)
-Router router akan memeriksa yang manakah dari kelompok multicast yan g which multicast groups of interest to which hosts
-IGMPv1: host bergabung dalam suatu group, router
-router tersebut digunakan pewaktu untuk yang bukan anggota pelanggan


Terakhir diubah oleh Maryadi tanggal Wed Dec 11, 2013 12:28 pm, total 1 kali diubah

Maryadi

Jumlah posting : 57
Join date : 17.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Thread untuk materi Routing dalam Windows

Post  sriayu1994 on Wed Dec 11, 2013 12:20 pm

Assalamu'alaikum wr.wb... Smile  Smile 

Nama Kelompok :
1. Sri Rohidayati(12016003)
2. Deli Putri Ratnasari(12016011)
3. Sri Ayu Windarti(12E16033)


Cara Kerja Protokol-protokol Routing dalam Windows


ARP
Cara Kerja :
1. Host melakukan akses ke suatu komputer dan ia mengetahui IP Address tujuan.
2. IP memberitahukan kepada ARP untuk membuat pesan permintaan ARP (meminta alamat
fisik) komputer tujuan. Isi pesan itu berisi alamat fisik pengirim, ip address pengirim, dan ip
address tujuan. Sedangkan alamat fisik tujuan tidak diisi karena belum diketahui.
3.Pesan tersebut diserahkan ke layer bawah (data link) untuk dibungkus menjadi frame.
Frame ini berisi informasi alamat fisik pengirim dan alamat fisik broadcast sebagai tujuan.
4. Semua host atau router menerima frame ini karena frame tersebut berisi alamat fisik
broadcast sebagai alamat tujuan. Semuanya membuang bungkusan framenya dan
meneruskannya ke ARP miliknya masing-masing. Semua host membuang pesan ARP
tersebut kecuali yang memiliki ip yang dimaksud. Dan host tujuan yang benar melihat ip
tersebut untuknya lalu memberinya alamat fisik.
5. Host tujuan membalas pesan tersebut dengan balasan pesan ARP juga yang isinya sama
dengan point 2 hanya saja dengan tambahan alamat fisik miliknya sebagai alamat sumber.
6. Pengirim menerima balasan pesan tersebut dan mengetahui alamat fisik host tujuan.
7. IP datagram yang berisi data dikirim ke host tujuan dan dibungkus dengan frame yang berisi alamat tujuan yang tertuju pada alamat fisik milik host tujuan tersebut.

RIP(Routing Information Protocol )
Cara Kerja :
- Host mendengar pada alamat broadcast jika ada update routing dari gateway.
- Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima update routing .
- Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table .
- Jika rute sudah ada, metric yang terkecil akan diambil sebagai acuan.
- Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu tertentu.
- Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung.

IGRP(Interior Gateway routing Protocol)
Cara Kerja :
- Masing-masing penjaluran secara rutin mengirimkan masing-masing jaringan lokal kepada suatu pesan yang berisi salinan tabel penjaluran dari tabel lainnya. Pesan ini berisi tentang biaya-biaya dan jaringan yang akan dicapai untuk menjangkau masing-masing jaringan tersebut. Penerima pesan penjaluran dapat menjangkau semua jaringan didalam pesan sepanjang penjaluran yang bisa digunakan untuk mengirimkan pesan.
- Kemudian setelah melalui proses pembaharuan IGRP kemudian menjadi EIGRP (Enhanced IGRP), persamaannya adalah IGRP dan EIGRP sama-sama kompatibel dan antara router-router yang menjalankan EIGRP dan IGRP dengan autonomous system yang sama akan langsung otomatis terdistribusi.

EIGP(Enhanced Interior Gateway Routing Protocol)
Cara Kerja :
EIGRP akan mengirimkan hello packet utk mengetahui apakah router-router tetangganya masih hidup ataukah mati. Pengiriman hello packet tersebut bersifat simultant, dalam hello packet tersebut mempunyai hold time, bila dalam jangka waktu hold time router tetangga tidak membalas, maka router tersebut akan dianggap mati. Biasanya hold time itu tiga kali waktunya hello packet, hello packet defaultnya 15 second. Lalu DUAL akan meng-kalkulasi ulang untuk path-pathnya. Hello packet dikirim secara multicast ke IP Address 224.0.0.10.

Wassalamu'alaikum wr.wb... Smile  Smile 

sriayu1994

Jumlah posting : 44
Join date : 11.09.13
Age : 22
Lokasi : Yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

re: Thread untuk materi Routing dalam Windows

Post  Nur Sabrina Ambarwati on Wed Dec 11, 2013 12:34 pm

Assalamu'alaikum wr.wb cheers 

Nama:
  • Rizky Habibie (12016010)

  • Nur WUlan Maulida (12016013)

  • Nur Sabrina Ambarwati (12016016)


• IGMP
Internet Group Management Protocol (disingkat menjadi IGMP) adalah salah satu protokol jaringan dalam kumpulan protokol Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang bekerja pada lapisan jaringan yang digunakan untuk menginformasikan router-router IP tentang keberadaan group-group jaringan multicast.
Cara Kerja:
Sekali sebuah router mengetahui bahwa terdapat beberapa host dalam jaringan yang terhubung secara lokal yang tergabung ke dalam group multicast tertentu, router akan menyebarkan informasi ini dengan menggunakan protokol IGMP kepada router lainnya dalam sebuah internetwork sehingga pesan-pesan multicast dapat diteruskan kepada router yang sesuai. IGMP kemudian digunakan untuk memelihara keanggotaan group multicast di dalam subnet lokal untuk sebuah alamat IP multicast.

• DNS
Domain Name System (DNS) merupakan sistem berbentuk database terdistribusi yang akan memetakan/mengkonversikan nama host/mesin/domain ke alamat IP (Internet Protocol) dan sebaliknya.
Cara Kerja:
DNS menggunakan relasi client – server untuk resolusi nama. Pada saat client mencari satu host, maka ia akan mengirimkan query ke server DNS. Query adalah satu permintaan untuk resolusi nama yang dikirimkan ke server DNS.
1. Pada komputer Client, sebuah program aplikasi misalnya http, meminta pemetaan IP Address (forward lookup query). Sebuah program aplikasi pada host yang mengakses domain system disebut sebagai resolver, resolver menghubungi DNS server, yang biasa disebut name server.
2. Name server meng-cek ke local database, jika ditemukan, name server mengembalikan IP Address ke resolver jika tidak ditemukan akan meneruskan query tersebut ke name server root server.
3. Terakhir barulah si client bisa secara langsung menghubungi sebuah website / server yang diminta dengan menggunakan IP Address yang diberikan oleh DNS server.

• ARP
Address Resolution Protocol disingkat ARP adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). ARP didefinisikan di dalam RFC 826.
Cara kerja :
1. Suatu host dengan IP address A mengirim paket ke host dengan IP address B pada jaringan lokal. Host pengirim memeriksa dulu ARP cachenya adakah MAC Address untuk host dengan IP address B.
2. Jika tidak ada, ARP akan mengirimkan paket ke alamat Broadcast (sehingga seluruh anggota jaringan mendengarnya). Paket ini berisi pertannyaan : "Siapakah pemilik IP address B dan berapakah MAC Addressnya? ". Dalam paket ini juga disertakan IP address A beserta MAC Addressnya.
3. Setiap host di jaringan lokal menerima request tersebut dan memeriksa IP address masing-masing. Jika ia merasa paket tersebut bukan untuknya, dia tidak akan menjawab pertannyaan tersebut.
4. Host dengan IP address B yang mendengar request tersebut akan mengirim IP address beserta MAC Address ya ke host penanya.

• SMTP
SMTP adalah kepanjangan dari Simple Mail Transfer Protocol yang merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman email.
Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim email ke server email penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem email yang mengharuskan adanya email server yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.
Cara kerja:
Simple Mail Transfer Protocol (SMTP) didefinisikan dan digunakan dalam Internet untuk mengirimkan electonic mail (E-mail). Cara kerja SMTP mirip yang dilakukan oleh [You must be registered and logged in to see this link.] SMTP menggunakan beberapa spool dan queue. Pesan yang dikirim oleh SMTP akan dikirimkan dalam queue. SMTP akan menghindari membalas pesan dari queue jika dihubungkan ke remote machine. Jika pesan tidak dapat dibalas dengan waktu yang telah ditentukan maka pesan akan dikembalikan ke pengirim atau dipindahkan. Interaksi antara message ke User Agent dan ke Message Transfer Agent hingga diterima oleh Penerima.

• RIP
Routing Information Protocol (RIP) adalah sebuah protokol routing yang digunakan dalam lokal dan wide area network. Karena itu RIP diklasifikasikan sebagai interior gateway protocol (IGP). RIP menggunakan routing vektor jarak-algoritma.
Cara Kerja:
1. Host mendengar pada alamat broadcast jika ada update routing dari gateway.
2. Host akan memeriksa terlebih dahulu routing table lokal jika menerima update routing .
3. Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table .
4. Jika rute sudah ada, metric yang terkecil akan diambil sebagai acuan.
5. Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu tertentu.
6. Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung.

• OSPF
Open Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing yang dipergunakan dalam Internet Protocol (IP) jaringan. Ini adalah link-state routing protocol dan juga sebagai kelompok interior gateway protokol, yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS).
Cara kerja OSPF
• OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan router tetangganya untuk dapat saling berkomunikasi seputar informasi routing. Untuk membentuk sebuah hubungan dengan router tetangganya, OSPF mengandalkan Hello protocol.
• Namun uniknya cara kerja Hello protocol pada OSPF berbeda-beda pada setiap jenis media. Ada beberapa jenis media yang dapat meneruskan informasi OSPF, masing-masing memiliki karakteristik sendiri, sehingga OSPF pun bekerja mengikuti karakteristik mereka.

• NFS
Network File System (NFS) memungkinkan remote host untuk mounting storage yang berada pada server dan mengakses file-file yang berada pada storage tersebut seolah-olah storage tersebut di-mount ¬secara lokal. Hal ini memungkinkan Administrator sistem untuk dapat membagi space padastorage yang dimiliki server kepada beberapa client.
Cara kerja:
Ketika client ingin mengakses suatu file melalui NFS , kernel melakukan RPC (Remote Procedure Call) melalui TCP/UDP ke nfsd (NFS daemon) pada server. RPC ini menggunakan file handle , namafile atau direktori yang ingin diakses, dan user id dan grup id dari client sebagai parameter. Parameter ini digunakan untuk menentukkan apakah client berhak mengakses file tersebut. Untuk mencegah user yang tidak berhak membaca dan memodifikasi file , user dan group id harus sama untuk kedua hosts. Setelah akses diberikan , client dapat mengaksesnya seolah – olah file atau direktori berada pada local disk.

Wassalamu'alaikum wr. wb cheers 

Nur Sabrina Ambarwati

Jumlah posting : 34
Join date : 14.09.13

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Aktifitas 11 Desember 2013

Post  Rifa on Wed Dec 11, 2013 12:43 pm

Nama Kelompok:
- Gigien Rahmawati (12016017)
- Annisa Hikmawati (12016028)
- Musrifah (12016032)

ARP

ARP (Address Resolution Protocol) adalah sebuah protokol dalam TCP/IP Protocol Suite yang bertanggungjawab dalam melakukan resolusi alamat IP ke dalam alamat Media Access Control (MAC Address). ARP didefinisikan di dalam RFC 826.
Cara kerja ARP:
• Host melakukan akses ke suatu komputer dan ia mengetahui IP Address tujuan.
• IP memberitahukan kepada ARP untuk membuat pesan permintaan ARP (minta alamat fisiknya) komputer tujuan. Isi pesan itu berisi alamat fisik pengirim, ip address pengirim, dan ip address tujuan. Sedangkan alamat fisik tujuan tidak diisi karena kan belum diketahui.
• Pesan tersebut diserahkan ke layer bawah (data link) untuk dibungkus menjadi frame. Frame ini berisi informasi alamat fisik pengirim dan alamat fisik broadcast sebagai tujuan.
• Semua host atau router menerima frame ini karena frame tersebut berisi alamat fisik broadcast sebagai alamat tujuan. Semuanya membuang bungkusan framenya dan meneruskannya ke ARP miliknya masing-masing. Semua host membuang pesan ARP tersebut kecuali yang memiliki ip yang dimaksud. Dan host tujuan yang benar melihat ip bahwa itu untuknya dan memberinya alamat fisik.
• Host tujuan membalas pesan tersebut dengan balasan pesan ARP juga yang isinya sama dengan point 2 hanya saja dengan tambahan alamat fisik miliknya sebagai alamat sumber.
• Pengirim menerima balasan pesan tersebut. Dan sekarang dia tahu alamat fisik host tujuan.
• IP datagram yang berisi data dikirim ke host tujuan, dan di bungkus dengan frame yang berisi alamat tujuan yang tertuju pada alamat fisik milik host tujuan tersebut.

RIP
Routing Information Protocol (RIP) adalahsebuahprotokol routing yang digunakandalamlokaldan wide area network.Karenaitu RIP diklasifikasikansebagai interior gateway protocol (IGP). RIP menggunakan routing vektorjarak-algoritma.
Cara Kerja RIP:
• Host mendengarpadaalamat broadcast jikaada update routing dari gateway.
• Host akan memeriksa terlebihdahulu routing table lokaljikamenerima update routing .
• Jika rute belum ada, informasi segera dimasukkan ke routing table .
• Jika rute sudah ada, metric yang terkeci lakan diambil sebagai acuan.
• Rute melalui suatu gateway akan dihapus jika tidak ada update dari gateway tersebut dalam waktu tertentu.
• Khusus untuk gateway, RIP akan mengirimkan update routing pada alamat broadcast di setiap network yang terhubung.

OSPF
Open Shortest Path First (OSPF) adalah protokol routing yang dipergunakan dalam Internet Protocol (IP) jaringan. Ini adalah link-state routing protocol dan juga sebagai kelompok interior gateway protokol, yang beroperasi dalam satu sistem otonom (AS).
Cara kerja OSPF:
OSPF harus membentuk hubungan dulu dengan router tetangganya untuk dapat saling berkomunikasi seputar informasi routing.Untuk membentuk sebuah hubungan dengan router tetangganya, OSPF mengandalkan Hello protocol. Cara kerja Hello protocol pada OSPF berbeda-beda pada setiap jenis media. Jenis media yang dapatmeneruskaninformasi OSPF, masing-masingmemilikikarakteristiksendiri, sehingga OSPF pun bekerja mengikuti karakteristik mereka. Media tersebut adalah sebagai berikut:
- Broadcast Multiaccess
- Point-to-Point
- Point-to-Multipoint
- NonbroadcastMultiaccess (NBMA)

Rifa

Jumlah posting : 34
Join date : 11.09.13
Lokasi : yogyakarta

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Re: Thread untuk materi Routing dalam Windows

Post  Sponsored content Today at 9:58 am


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik